fbpx

Cara Meningkatkan Security VPS di Cloud Dengan Mudah

Bagaimana cara meningkatkan di cloud memang penting diketahui oleh anda yang menggunakan layanannya. Pada prinsipnya, VPS atau virtual private bisa dikatakan cukup aman sebagai tempat hosting .

Akan tetapi, seiring dengan penggunaan server, maka upaya untuk semakin meningkatkan keamanan nya menjadi sebuah hal yang perlu dilakukan. Ini merupakan strategi manajemen server yang perlu diperhatikan oleh administrator server dan provider hosting. 

Hal ini dilakukan untuk mencegah ancaman hacker yang tidak bertanggung jawab dan berusaha membobol sistem keamanan. Hacker melakukannya karena pada prinsipnya di setiap server hosting, khususnya hosting vps akan menyimpan kumpulan File atau data penting untuk kelanjutan website. 

Bagaimana Cara Meningkatkan Security VPS di Cloud 

Selanjutnya, apa saja cara meningkatkan security vps di cloud dengan mudah? Berikut langkah-langkahnya. 

1. Merancang Password yang Rumit Dan Unik

Password menjadi salah satu syarat verifikasi identitas pengguna untuk melewati sistem keamanan pada sebuah program atau . Oleh karena itu, buatlah password yang lebih rumit supaya hacker tidak mampu membobol keamanan server vps.

Disamping itu, pakailah kombinasi huruf besar dan huruf kecil serta simbol atau angka acak. Apabila tersedia, Anda juga dapat aktifkan pengaturan sistem blokir ketika password salah dimasukkan berulang kali. Ini bisa mencegah ancaman brute force yang sangat beresiko apabila menyerang server. 

2. Memperbaharui Sistem Keamanan Secara Rutin

Cara meningkatkan security vps di cloud berikutnya dengan pembaharuan. Software atau sistem yang masih menggunakan versi lama padahal banyak versi terbaru yang muncul, kemungkinan punya celah keamanan yang dibobol hacker. Di samping untuk memperbarui berbagai fitur, pembaharuan dilakukan untuk mengganti sistem keamanan dari yang lama ke yang baru. 

Baca Juga :  Cara Membuat Web Hosting yang Mudah dan Cepat

Oleh sebab itu, Anda bisa meningkatkan sistem keamanan server vps secara rutin paling tidak satu kali seminggu. Melakukan update secara rutin bisa meminimalisir adanya bug, virus, ataupun celah yang sudah pernah dibuat oleh hacker. Caranya mudah, anda bisa melakukan update distribusi keamanan sesuai dengan sistem operasi server.

Baca Juga Berikut : Cara Agar IP VPS Tidak Terdeteksi Spam

3. Teratur Membuat Sistem Pencadangan

Cara meningkatkan security vps di cloud lainnya dengan pencadangan. Anda mungkin tidak menyadari bahwa pencadangan merupakan hal yang bisa dilakukan untuk mengamankan software, tidak terkecuali juga untuk server. Ini berkaitan dengan resiko peretasan misalnya ransomware yang bisa membahayakan semua data. 

Oleh karenanya, Anda bisa mengembalikan semua data dengan sekaligus mencadangkan dan juga mengenkripsi ke lokasi luar server. Ini bisa dilakukan secara teratur. Anda bisa memanfaatkan layanan penyimpanan otomatis backup misalnya di Cloud seperti cloud storage. 

Baca Juga Artikel Berikut :

4. Mematikan Layanan Yang Tidak Dibutuhkan

Cara meningkatkan security vps di cloud lainnya dengan menonaktifkan dile tidak diperlukan. Semua software yang ada di dalam server vps, terhubung dengan internet. Supaya keamanannya tetap dalam keadaan optimal, sebaiknya Anda mematikan software yang tidak berpengaruh ke fungsi server. Jika semakin sedikit konektivitas lingkungan server dengan luar (internet), maka keamanan yang akan semakin terjamin. 

5. Mematikan Akses Akun Root

Akun root yang ada di sebuah server atau jaringan, punya otoritas tertinggi pada proses pengelolaan server. Jika ada orang yang tidak dikenal mengetahui akun root server selain dari admin sistem, dipastikan server vps terancam untuk dibobol hacker. Karena itulah, sebaiknya menonaktifkan akses akun root sebelum perilisan server. 

6. Memakai Public Key Authentication SSH

Cara meningkatkan security vps di cloud, yaitu tidak memakai portal akses tanpa enkripsi keamanan misalnya FTP, Telnet, ataupun HTTP. Pakailah sistem keamanan misalnya sftp, SSH, serta https. Keamanan yang ditawarkan akan lebih terjamin. 

Baca Juga :  6 Mesin Pencari Selain Google yang Bisa Anda Gunakan

Khusus untuk SSH, Anda dapat menghilangkan password authentication agar keamanan server vps menjadi lebih baik. Sebagai gantinya, bisa memakai key authentication SSH yang akan membuat penggunanya punya public key dan private key dalam mengakses server lewat SSH. 

Selanjutnya, SSH akan menjatuhkan private key yang dimasukkan dengan public key. Jadi, tidak akan terdapat resiko brute force yang akan bisa menerobos keamanan sistem login server. 

7. Menginstal dan Mengkonfigurasi Firewall CSF

Anda juga bisa memakai firewall CSF. CSF atau config server firewall merupakan jenis yang gratis dan memiliki sejumlah fitur dalam melindungi server dari berbagai serangan dari luar. Firewall CSF ini dapat mendeteksi jika ada login super user atau ancaman hacker di aplikasi, contohnya SSH. 

Fitur yang ada di dalamnya antara authentication failure limiting, flood protection, stateful packet inspection, serta external block list. lewat konfigurasi firewall, Anda bisa mengatur sejumlah layanan server supaya hanya memakai port tertentu dan mengurangi jumlah yang tidak dipakai.

8. Menginstal Mod Security

Keamanan server anda akan jauh lebih maksimal jika memasang file di sisi application layer menggunakan software mod security. Software ini adalah web application firewall yang open source dan berorientasi pada tingkat keamanan lebih baik. 

Firewall ini akan membantu mencegah dari ancaman peretasan yang menuju sisi application layer server hosting. Secara sederhana, dengan software ini akan mencegah serta menghentikan semua serangan hacker pada aplikasi web yang dipasangi hosting.

Dimulai dari content management system, misalnya pada WordPress maupun website e-commerce. Modsecurity akan melakukan monitoring traffic http secara langsung untuk melihat apakah ada malware yang masuk ke server. 

Beberapa cara meningkatkan security vps di cloud di atas akan sangat membantu anda untuk mencegah resiko serangan dari hacker. Pada intinya, Anda dapat meningkatkan keamanan server vps dengan cara berfokus pada fungsi firewall server SSH. Data-data Anda yang ada di akan jauh lebih aman. 

Baca Juga Artikel Berikut : Kelebihan Menggunakan Cloud Hosting Untuk Website