fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Hosting

Apa Kepanjangan dari VPS? Simak Pengertian dan Keunggulannya

Rianda

Singkatan VPS akan terlihat ketika memilih hosting server, pada suatu penyedia hosting. Pemilih produk hosting tentu akan terbenak di pikiran tentang apa kepanjangan dari VPS. Perlu diketahui, jika terdapat banyak keunggulan pada jenis hosting tersebut.

Setiap jenis-jenis hosting akan memiliki berbagai keunggulan yang dapat ditonjolkan, sama halnya dengan VPS. Dengan memilih layanan ini, maka domain akan mendapatkan keamanan yang memadai, serta kustomisasi resource yang beragam. Simak penjelasan VPS di bawah ini.

Apa Kepanjangan dari VPS?

Dalam penyedia layanan, VPS adalah singkatan dari virtual private server. Server ini mengusung konsep virtual machines, yang artinya setiap pemilik domain mendapatkan ruang pribadi secara virtual. Ruangan ini dapat dikonfigurasi, dan dikustomisasi sesuai keinginan pelanggannya.

Secara konsep, virtual private server tidak terlalu berbeda dengan shared hosting, di mana seluruh website menggunakan satu server yang sama. Hanya saja, VPS menggunakan konsep dedicated hosting, yang berarti memberikan lebih kendali seperti resource dan konfigurasi pada tiap domain.

Sesuai dengan namanya, VPS bersifat virtual yang berada pada satu server fisik. Dengan teknologi virtualisasi ini, VPS dapat memungkinkan kustomisasi, OS, serta resource pada server fisik kepada tiap domain yang berbeda. Hal tersebut tidak dapat dilakukan di shared hosting.

Konsep dari VPS

Setelah mengetahui apa kepanjangan dari VPS, sebaiknya pengguna juga perlu memahami tentang konsep VPS. Hal ini dilakukan agar keputusan untuk membeli VPS hosting dapat dipertimbangkan, apakah sesuai dengan kebutuhan saat ini atau tidak.

Seperti yang sudah dijelaskan, VPS pada dasarnya menggunakan satu dedicated server. Server tersebut, kemudian dipisahkan untuk tiap domain yang menggunakannya secara pasti. Hal ini berbeda dengan sistem shared hosting, yang pembagiannya tidak bersifat guaranteed.

Dalam memisahkan server, tiap VPS akan memiliki sistem sendiri layaknya server pribadi. Tiap VPS memiliki user, process, files, hingga data root access. Ini akan membuat tiap pemilik website untuk dapat melakukan modifikasi layaknya dedicated hosting.

Keunggulan Menggunakan VPS

Menurut berbagai penggunanya, VPS dinilai memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya layak digunakan. Di samping harganya yang lebih mahal dari shared hosting, VPS tentu akan memberikan berbagai keunggulan sesuai dengan harga tersebut. Tiap pengguna VPS akan mendapatkan:

1. Server yang Lancar dan Stabil

Seringkali pemilik website atau domain mendapati server yang digunakan macet, khususnya untuk shared hosting. Apabila traffic website menjadi tinggi, server malah bisa down sehingga dapat merugikan. Untungnya, VPS memiliki server yang lancar karena sudah dipisahkan.

Pengguna VPS juga tidak perlu membagikan atau mengalokasikan performa server ke website lain. Kendali performa yang sudah diberikan tiap server akan dipegang sepenuhnya oleh pemilik website. Hal inilah, yang membuat VPS cocok untuk server yang sibuk.

2. Keamanan yang Lebih Terjamin

Setiap pemilik website pasti ingin memiliki server yang aman, apabila jika website mengandung data yang penting. Kebobolan data website akan dapat berdampak buruk, hingga kerugian dengan skala yang tidak kecil. VPS telah dirancang untuk keamanan yang lebih baik.

Selain itu, server akan memiliki resiko terkena serangan siber lebih rendah karena bersifat privat. Penggunaan shared hosting akan memiliki resiko terkena serangan lebih, dan lebih buruknya dapat mengenai semua website yang terkait. 

3. Kustomisasi yang Beragam

Selain keamanan dan performa, VPS juga memberikan kustomisasi bagi pemilik website. Saat membeli VPS, pembeli akan mendapatkan ruang yang kosong. Semua instalasi dan modifikasi akan dilakukan sendiri, sehingga VPS bukan server yang cocok untuk pemula.

Selain itu, pengguna VPS dapat bebas melakukan upgrade pada performa dan kapasitas server jika diperlukan. Kendali konfigurasi dan modifikasi akan sepenuhnya berada di tangan pengguna. Namun tetap saja, akan ada aturan yang perlu dipenuhi.

Demikian penjelasan secara umum mengenai VPS, yang dikenal dengan virtual private server. Setelah penjelasan di atas, sudah paham mengenai apa kepanjangan dari VPS? Server bersifat virtual tersebut akan dapat memberikan opsi yang menarik bagi pembeli layanan hosting.

Baca Juga