fbpx

Apa Itu Webinar? Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Webinar jadi aktivitas yang akrab dengan keseharian kita semenjak adanya pandemi. Mereka yang bisaanya mengadakan workshop atau seminar secara offline, kini sudah terbisaa dengan webinar secara online. Bahkan saat ini sangat mudah sekali untuk menemukan webinar yang sesuai dengan minat dan atau skill yang ingin kita pelajari.

Maraknya tren webinar yang terjadi, membawa dampak tersendiri bagi banyak orang. Banyak orang yang merasa diuntungkan dengan semakin mudahnya mengakses webinar, baik yang gratis maupun berbayar.

Sebab sebelum pandemi, webinar masih sangat jarang dilakukan dan masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu webinar.

Untuk itu, pada kali ini kita akan membahas mengenai webinar beserta manfaat dan cara membuat webinar sendiri.

Apa Itu Webinar?

Webinar adalah istilah yang berasal dari dua kata, yaitu web dan seminar. Bisa juga diartikan sebagai sebuah seminar yang diadakan melalui web atau yang terhubung ke internet. Layaknya seminar yang diadakan secara offline, webinar juga bisa dihadiri oleh peserta secara .

Pemateri juga bisa memaparkan atau membagikan materinya secara melalui media elektronik. Peserta nantinya juga dapat mengajukan pertanyaan untuk lebih memahami tentang materi atau topik yang dibahas.

Manfaat Webinar untuk Bisnis

Mengadakan webinar saat ini sudah semakin mudah. Banyak pemilik bisnis yang memanfaatkan webinar sebagai teknik marketing. Sebab ada banyak manfaat webinar untuk bisnis yang bisa dirasakan, seperti:

1. Mengumpulkan Leads Lebih Banyak

Setiap webinar tentunya memiliki topik tersendiri yang akan jadi bahan pembicaraan. Topik tersebut kemudian menarik orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama untuk mengikuti webinar.

Bagi pemilik bisnis, ini tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri, sebab dengan begitu akan lebih mudah menjangkau target market mereka.

Banyak peserta dengan ketertarikan yang sama, berpotensi meningkatkan leads yang didapat oleh pemilik bisnis. Terutama jika layanan atau produk yang ditawarkan sangat berhubungan dengan topik yang sedang dibahas.

Baca Juga :  Tutorial Mengatasi Error 522 Connection Timed Out

Terlebih lagi jika itu juga bisa menjadi solusi dari pemasalahan yang mungkin saja sedang dialami oleh peserta.

2. Sarana untuk Mendapatkan Feedback

Mengumpulkan feedback dari menjadi salah satu bahan evaluasi bagi pemilik bisnis. Lewat webinar, kita bisa mendapatkan lebih banyak feedback secara langsung dari customer atau calon pelanggan.

Tentunya dari berbagai tanggapan yang diberikan, akan memudahkan kita dalam membuat inovasi atau menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

3. Melakukan Promosi Lebih Efektif

Jika dilakukan dengan benar, webinar bisa menjadi sarana promosi yang sangat efektif. Seperti yang sempat dijelaskan, ada banyak orang dengan ketertarikan yang sama dalam sebuah webinar.

Jika kita bisa menjadi bagian utama dari webinar tersebut, maka peserta akan lebih memperhatikan produk atau bisnis yang kita jalankan. Apalagi didukung dengan pembicara yang kompeten di bidangnya.

Hal tersebut berpotensi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, kemudian setelah mereka tertarik dengan bisnis kita, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi loyal customer dan mendatangkan banyak penjualan untuk bisnis Anda.

4. Membangun Kedekatan dengan Pelanggan

Mengadakan webinar bisa jadi salah satu cara bagi Anda mendekati pelanggan. Dengan memperbanyak diskusi terkait topik menarik yang sesuai bisnis Anda, pelanggan tidak hanya akan tertarik pada topik yang sedang dibahas, tapi juga pada produk atau layanan yang kita tawarkan.

Jika mampu meyakinkan mereka, maka akan lebih mudah untuk meningkatan penjualan.

5. Mengenalkan Brand ke Banyak Orang

Peserta webinar rata-rata mencapai lebih dari 100 orang, paling sedikit di atas 50 orang. Jika bisnis Anda mampu tampil sebagai pembicara atau sponsor, maka semua perhatian peserta akan tertuju pada bisnis Anda.

Terutama jika Anda menawarkan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mereka ketika atau setelah webinar itu berlangsung.

Cara Membuat Webinar yang Menarik

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat webinar, kini saatnya untuk mengetahui cara membuat webinar. Ikuti tips membuat webinar berikut agar webinar Anda terlihat menarik.

1. Pilih Topik Obrolan yang Tepat

Memilih topik diskusi adalah hal yang sangat penting. Sebab ini akan menjadi daya tarik utama ketika acara tersebut dipromosikan. Usahakan memilih topik yang sesuai dengan kebutuhan audiens.

Jika Anda ingin menyisipkan produk atau layanan di dalam obrolan, sebisa mungkin pilih topik yang sesuai dengan hal tersebut.

Kesesuaian dengan produk yang ditawarkan akan membuatnya terlihat natural. Bukan sesuatu yang dipaksakan ada dalam pembahasan karena sponsor dan semacamnya.

Baca Juga :  Inilah Cara Lolos Review Site Google Adsense 

Ini untuk menghindari audiens yang tidak mendengarkan penjelasan mengenai produk Anda dengan baik. Sehingga webinar yang diadakan tidak sia-sia.

2. Tentukan Format Acara

Umumnya sebuah webinar diawali dengan pembukaan, pengenalan pemateri, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab atau foto bersama. Meski begitu, tidak ada format baku mengenai susunan acara sebuah webinar.

Anda bebas menambahkan sesi atau segmen yang Anda inginkan, misalnya dengan memberikan sesi hiburan seperti games ringan dan sebagainya.

3. Pilih Pembicara yang Kompeten

Sama halnya dengan menentukan topik, kini Anda harus memastikan bahwa orang yang ditunjuk sebagai pembicara merupakan orang yang kompeten. Ini akan mempengaruhi tingkat antusias peserta pada webinar yang diadakan.

Jika seseorang itu menguasai topik dengan baik, maka akan mudah membangun interaksi dengan audiens. Sehingga mampu membuat suasana jadi lebih hidup.

4. Siapkan Materi Pendukung

Agar diskusi semakin menarik, Anda bisa menyiapkan materi pendukung. Bisaanya berupa file presentasi atau yang nantinya akan ditampilkan.

Anda bisa meminta materi pendukung tersebut kepada pemateri, sehingga tim yang bertugas mengatur acara bisa mengecek dan menyesuaikannya dengan kebutuhan acara.

5. Menyiapkan Alat yang Diperlukan

Karena dilangsungkan secara virtual, maka Anda perlu menyiapkan peralatan yang diperlukan. Umumnya kita hanya memerlukan laptop, internet yang stabil dan aplikasi untuk live streaming seperti OBS atau Zoom Meet dan Meet.

Sebisa mungkin mengecek semua peralatan bekerja dengan baik, sehingga acara dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana.

6. Buat Promosi untuk Webinar

Lakukan promosi acara untuk menarik lebih banyak peserta. Promosi bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelum acara berlangsung. Bisaanya satu atau dua minggu sebelum acara. Sebarkan informasi tersebut lewat semua atau media promosi yang Anda miliki.

Lakukan pembatasan jumlah peserta agar tidak mengurangi kenyamanan serta kelancaran acara.

7. Lakukan Percobaan Sebelum Memulai

Tahap terakhir yang perlu dilakukan sebelum acara adalah memastikan semua persiapan telah selesai. Untuk memastikannya, kita melakukan percobaan sebelum acara dimulai.

Agar ketika ditemukan masalah, bisa langsung diselesaikan saat itu juga. Ini akan mengurangi kesalahan atau gangguan yang terjadi ketika webinar berlangsung.

Itulah sedikit gambaran untuk Anda mengenai apa itu webinar beserta manfaatnya. Anda juga bisa mengadakan webinar sendiri dengan tips mengadakan webinar yang telah dipaparkan.

Semoga nantinya Anda bisa mengadakan webinar dengan lancar dan dapat menarik perhatian banyak orang. Sehingga akan memberikan dampak yang positif terhadap bisnis Anda.