fbpx

Strategi Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Mencari baru memang rumit, Anda tentu harus mengeluarkan anggaran yang cukup besar. Tidak heran jika banyak perusahaan besar sangat peduli dengan loyalitas pelanggan. Dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, Anda dapat menghemat anggaran.
Oleh karena itu, diperlukan strategi retensi pelanggan yang tepat untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Kepuasan pelanggan adalah cara yang lebih mudah dan lebih murah untuk mempertahankan .Untuk meningkatkan retensi pelanggan, Anda perlu melihat keseluruhan pengalaman pengalaman pelanggan.

Pengalaman konsumen mencakup semua yang dipikirkan dan dirasakan konsumen ketika mereka menemukan merek Anda. Interaksi konsumen seperti penyelesaian tiket layanan pelanggan atau cara merek mengekspresikan nilainya adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hubungan konsumen dengan merek.

Jika Anda sering mengecewakan konsumen, Anda berisiko kehilangan banyak pemegang saham dan akhirnya tidak mampu bersaing dengan pesaing.Retensi pelanggan mengacu pada kemampuan perusahaan untuk mengubah pelanggan menjadi pelanggan setia dan mencegah mereka beralih ke pesaing.

Ini menunjukkan apakah konsumen yang ada menyukai produk Anda dan kualitas layanan Anda. Strategi retensi pelanggan adalah proses dan inisiatif yang dilakukan oleh perusahaan untuk membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan.Retensi pelanggan berfokus pada konsumen yang telah mendaftar untuk layanan atau membeli produk dari Anda

Baca Juga Berikut : Strategi Promosi Penjualan di Era Digital

Mempertahankan pelanggan bukan hanya tentang membuat mereka sering membeli produk Anda, tetapi juga tentang memelihara hubungan baik. Penelitian menunjukkan bahwa konsumen memandang hubungan mereka dengan bisnis dengan cara yang mirip dengan hubungan mereka dengan teman. Konsumen menyukai perusahaan atau merek yang dapat diandalkan, otentik, dan memahami kebutuhan pelanggan.
Berikut adalah strategi retensi pelanggan yang efektif:

1. Respon Cepat terhadap Kendala Konsumen

menunjukkan bahwa respons yang cepat menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi. Menurut survei Zendesk, 73% konsumen mengatakan respons cepat adalah kunci untuk pengalaman pelanggan yang baik. Idealnya, jawaban yang lebih cepat berjalan seiring dengan solusi yang lebih cepat. Bahkan jika Anda tidak segera memecahkan tiket solusi, tetapi masih dapat membalas, itu masih dianggap sebagai balasan cepat.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla

2. Gunakan Konteks untuk Menyediakan Interaksi Pelanggan

Pelanggan akan merasa frustrasi ketika harus berulang kali menjelaskan suatu masalah kepada tim dukungan pelanggan. Interaksi yang melelahkan dan berulang membuat konsumen lebih cenderung meninggalkan bisnis saat melaporkan masalah konsumen.

3. Sederhanakan Alur Kerja Dukungan Pelanggan

Ketika Anda membantu agen dukungan pelanggan, Anda membantu pelanggan Anda. Sederhanakan alur dukungan pelanggan sehingga tiket sampai ke tim yang tepat dengan cepat. Hal ini membuat proses customer care lebih mudah bagi agen dan lebih cepat bagi pelanggan.
Saat Anda menyederhanakan alur kerja dan mempercepat penyelesaian tiket dukungan pelanggan, agen Anda memiliki lebih banyak kelincahan untuk menanggapi keluhan konsumen. Secara konsisten mengumpulkan umpan balik pelanggan.

Pemasaran, terutama untuk bisnis , biasanya membutuhkan biaya yang besar. Terutama jika Anda memiliki tujuan akuisisi pelanggan. Misalnya, Anda perlu melakukan banyak metode seperti kampanye email, manajemen media sosial, pengoptimalan , pemasangan spanduk , penargetan ulang iklan, memaksimalkan kinerja tim keluar, menemukan prospek, dan lainnya.

Masing-masing langkah pemasaran ini membutuhkan biaya yang besar. Padahal, bisnis Anda bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar jika Anda menerapkan customer retention. Berdasarkan penelitian dari Bain and Company, dapat disimpulkan bahwa hanya dengan peningkatan 5% dalam tingkat retensi pelanggan dapat meningkatkan margin keuntungan sebesar 25% – 95%. Jadi Anda mendapatkan keuntungan 95% dengan hanya mengeluarkan biaya 5%. Ini adalah keuntungan yang sangat besar.

Saran konsumen adalah salah satu alat yang paling berharga untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan mengurangi tingkat churn. Jika Anda ingin tahu apa yang baik dan buruk bagi pelanggan Anda, yang terbaik adalah mendengarkan langsung saran mereka. Itulah apa itu customer retention?keuntungan dan strategi meningkatnya.

Baca Juga Artikel Berikut : Pentingnya Strategi Pemasaran Online, Ini Panduannya