fbpx

Apa Itu Copywriter? Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaannya

Untuk Anda yang bekerja dalam bidang digital pasti mendengar istilah copywriter. Ini adalah salah satu profesi yang cukup bergengsi dan banyak perusahaan membutuhkan nya. Lantas apa itu copywriter

ini akan membahas secara lengkap tentang copywriter, mulai dari hingga tugas  copywriter. Tak hanya itu, Anda juga akan mempelajari apa saja tanggung jawab dari seorang yang bekerja dalam bidang ini. 

Apa Itu Copywriter

Dilansir dari awai.com, copywriter adalah seseorang yang mempunyai tanggung jawab membuat tulisan atau salinan untuk tujuan promosi atau kegiatan pemasaran. Copywriter bekerja menciptakan konten yang informatif dimana ia juga bertanggung jawab meningkatkan branding dan citra perusahaan. 

Karena berkaitan dengan branding dan target , copywriter harus gigih dalam menggaet konsumen. Dimana dari konten tersebut konsumen akan bisa menerima dan menggunakan layanan atau jasa yang ia copy. 

Konten-konten buatan copywriter ini umumnya akan dimuat dalam media digital seperti Website, , brosur, landing page, konten medsos, skrip dan lain sebagainya. 

Baca juga: Cara Membuat Landing Page Pada WordPress

Copywriter biasanya bekerja dalam sebuah agensi yang bergerak dalam bidang periklanan atau pemasaran. Mereka juga bisa bekerja untuk instansi pemerintahan, organisasi dan lain sebagainya. 

Sedangkan untuk skill atau kemampuan copywriter tentu saja harus kreatif dan out of the box. Selain itu, mereka juga harus up to date, menguasai trend, fasih menggunakan dan menjadi siapapun dengan proyek yang ia kerjakan. 

Baca Juga :  Yuk Ketahui, Teknologi Hosting dengan CloudLinux

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Copywriter 

Setelah mengetahui apa itu copywriter mungkin Anda akan bertanya apa tugas dan tanggung jawab dari orang yang bekerja dalam bidang ini. Untuk itu, berikut penjelasannya: 

1. Membuat konten untuk kebutuhan promosi 

Tugas utama copywriter adalah membuat konten untuk tujuan pemasaran. Dimana konten itu harus bisa merefleksikan dan memaksimalkan dari keseluruhan yang ingin ia copy.  

2. Melakukan Kolaborasi 

Tak hanya tentang membuat konten semata, tugas dan tanggung jawab copywriter juga harus melakukan kolaborasi bersama pihak lain. Biasanya pihak yang terlibat mulai dari marketing, PR hingga customer service. 

3. Membuat konten dengan ketentuan minus kesalahan 

Dalam membuat konten, copywriter dituntut untuk tidak melakukan kesalahan sedikitpun. Hal ini karena hasil konten itu akan sangat berpengaruh pada branding dan cita dari perusahaan. Sehingga harus memiliki bobot, nilai dan sesuai dengan wajah perusahaan

Baca juga: Strategi Promosi Penjualan di Era Digital

4. Melahirkan ide-ide kreatif 

Sudah hal lumrah bahwa tugas copywriter adalah melahirkan ide- dan menarik. Selain itu, mereka harus bisa mengadaptasi poin dari divisi kreatif lalu merubahnya jadi konten-konten persuasif. 

Tak sekedar kreatif, copywriter juga harus teliti dalam hal reset. Hal ini bertujuan untuk mengetahui konten apa yang sedang booming dan sesuai dengan brand yang dipegang. 

5. Menghandle proyek dalam jumlah banyak 

Tugas dan tanggung jawab copywriter selanjutnya adalah menghandle banyak proyek dalam waktu singkat. Mereka dituntut untuk memahami brief dan mengeksekusi konten dengan durasi waktu terbatas. 

6. Merancang konsep untuk kebutuhan konten

Terakhir, copywriter memiliki tanggung jawab merancang dan membuat konsep untuk konten. Selain konsep, mereka juga harus menjabarkan strategi bisnis dari konten yang akan ia produksi kepada petinggi perusahaan. 

Baca Juga :  Cara Menambah Kapasitas Upload Wordpress di Website

Baca juga: Apa itu Marketing? Pengertian dan Tugasnya

Karena sudah masuk pada poin terakhir, penjelasan terkait apa itu copywriter kita akhiri sampai disini. Perlu digaris bawahi, profesi sebagai copywriter tidak memandang dari mana latar pendidikan Anda. Karena yang diperlukan hanya kreativitas dan pola pikir yang out of the box. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?