fbpx

3 Cara Duplikat Website WordPress Dengan Mudah

Dewabiz.com – Cara Duplikat , Salah satu dari sifat manusia adalah bosan, terlebih anda sedang bosan dengan tampilan website yang tak ada perubahannnya, apalagi ditambah dengan pengunjung harian yang tak naik. Rasa bosan untuk mengurus website itu semakin besar.

Saat anda ingin memutuskan membuat tampilan website untuk sesuatu perubahan yang baru dengan mengganti tampilan lama. Ada tantangan yang tak bisa dirubah oleh anda, yaitu saat anda menjaga kualitas konten yang sesuai dengan SEO dan tidak merubahnya.

Kebanyakan orang, apabila ingin mengganti dengan tampilan baru mereka akan menggunakan cara mereka sendiri atau bisa disebut dengan cara manual. Namun cara manual ini akan mengubah pengaturan dan konfirgurasi pada website yang sudah lama anda kelola. Tapi apabila anda ingin menampilkan website yang baru, sekarang ada beberapa alat yang menduplikat website anda dengan sangat mudah, bahwa untuk pemula sekalipun ini cara sangat mudah. Alat bantu yang akan anda gunakan ini akan menyalin semua konfigurasi, tampilan, dan konten pada WordPress tersebut.

Pada cara ini ada beberapa hal yang bisa anda pilih untuk menduplikat website wordpress, anda bisa meduplikat halaman saja atau konten wordpress saja, dan juga bila anda ingin menduplikat semuanya dengan cara ini sangat bisa. Maka pada pembahasan kali ini kami akan memberikan untuk anda menduplikat website wordpress dengan Duplicator. Dan semua cara ini sangat mudah anda hanya klik dan klik.

Perlu anda ketahui, sebelum melakukan perubahan sebaiknya backup terlebih dahulu, karena ditakutkan nanti ada kesalahan dan anda bisa mengembalikan ke versi lama. 

Baca Juga : Apa Itu Softaculous Auto Installer? Bangun Website Jadi Lebih Mudah dan Cepat!

Cara Duplikat Website WordPress Post dan Page Dengan Mudah

Untuk melakukan duplikat post dan page anda terlebih dahulu harus masuk ke halaman dashboard dengan menggunakan akun admin. Setalah itu siapkan mental dan pikiran supaya tidak terjadi apa-apa.

Langkah-langkah untuk menduplikat post dan page pada Website WordPress bisa anda pelajari dan ikuti panduan berikut ini!

Baca Juga :  Cara Memilih Dedicated Server yang Tepat untuk Website Anda

1. Duplikat Post WordPress dengan Plugin Duplicate Post

Dengan menggunakan plugin Duplicate Post ini anda bisa melakukan duplikat halaman dan post website wordpress anda. Pada saat menggunakan plugin duplicate post anda bisa mengatur bagian-bagian yang ingin disalin seperti , slug, content, featured image, , date, dan lain sebagainya.

Dengan plugin ini, anda juga bisa mengatur bagian post mana saja yang ingin diduplicate dengan plugin ini. Misalnya, post user A akan di duplikat, untuk post user B tidak diduplikat.

Untuk cara menggunakan plugin ini, simak langkah-langkah berikut ini!

  • Anda install plugin duplicate post terlebih dahulu dan pastikan plugin ini sudah aktif 
  • Setelah plugin duplicate post aktif, kemudian anda akse ke Page – Pilih All Page – Kemudian plugin duplicate akan menampilkan sebuah opsi New Draft dan Clone pada page atau post wordpress anda. Perlu anda tahu, New Draft untuk menyalin dan membuka suatu post  kemudian digunakan untuk menyunting post. Sedangkan Clone berfungsi untuk menyalin page atau post yang anda pilih. 

2. Duplikat Post WordPress dengan Plugin Duplicate Page and Post

Tidak jauh berbeda dengan plugin yang pertama, plugin duplicate page dan post ini menyalin seluruh post dan page pada website wordpress anda. Namun kekurangan dari plugin ini adalah hanya menyediakan satu opsi fungsi saja, yaitu menyalin seluruh page dan post dengan satu klik dan menyimpan salina itu pada bagian draft.

Plugin ini tidak sebanyak plugin lain dalam hal fitur, namun plugin duplicate page and post ini bisa dibilang plugin yang simple dan tak ribet. Jadi bagi anda yang mau menyalin seluruh bagian post dan page bisa menggunakan plugin ini dengan simple tanpa ribet.

Dengan menggunakan plugin duplicate page and post anda bisa membuat clone post, clone halaman, serta custom post tertentu yang anda inginkan. Dan berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan plugin duplicate post and page!

  • Anda install plugin duplicate post terlebih dahulu dan pastikan plugin ini sudah aktif 
  • Setelah plugin duplicate post aktif, kemudian anda akse ke Page – Pilih All Page – Kemudian plugin duplicate akan menampilkan sebuah opsi Duplicate pada page atau post wordpress anda. 

3. Duplikat Post WordPress dengan Plugin Duplicator

Dengan menggunakan plugin duplicator ini anda bisa membuat salinan seluruh post dan page setelah itu publish tanpa harus ada yang di edit terlebih dahulu. Jadi fungsi dari plugin duplicator ini hampir sama dengan plugin duplicate post yang diatas tadi. Namun pada duplicate post setelah menyalin seluruh post dan page harus melalui tahap edit terlebih dahulu.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Membeli Hosting di Dewabiz?

Plugin Duplicator juga sama dengan menggunakan satu klik saja untuk menyalin post dan page. Maka berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan plugin duplicator!

  • Anda install plugin duplicate post terlebih dahulu dan pastikan plugin ini sudah aktif 
  • Setelah plugin duplicate post aktif, kemudian anda akse ke Page – Pilih All Page – Kemudian plugin duplicate akan menampilkan sebuah opsi Duplicate post pada page atau post wordpress anda. 

Cara Mengatasi Apabila Terjadi Erorr saat Duplikat

Dalam segala hal yang dilakukan akan ada aja sebuah kegagalan dan hal yang tak terduga, apalagi jika yang dijalankanya itu adalah hal yang baru kita lakukan. Tida terkecuali pada saat anda menggunakan plugin duplikat website wordpress ini. Biasanya akan ada trouble yang terkadang bisa muncul pada saat duplikasi page, post, dan seluruh webiste wordpress anda.

Berikut adalah masalah yang terjadi pada website wordpress saat proses duplikasi!

A valid was not Provided

Apabila pesan ini muncul saat proses duplikasi,  coba anda cek kembali dan memastikan apakah URL pada sumber itu sudah benar atau belum pada saat memasukan alamat. Karena pesan ini akan muncul apabila file yang akan disalinannya itu tidak ditemukan.

Incompatible archive

Pesan erorr pada saat proses duplikasi ini akan muncul pada saat file-file yang diduplikasi tidak bisa diterima oleh sistem baru, karena pesan ini akan muncul apabila ada perbedaan antara yang lama anda gunakan dengan hosting yang baru dan akan dipakai. Cara mengatasinya coba anda unggah manual dengan File Manager atau FTP pada hosting yang baru

Internal Sever Erorr

Apabila pesan ini muncul saat duplikasi itu merupakan masalah pada anda yang tidak terhubung.

Demikianlah pembahasan tentang 3 Cara Duplikat Website WordPress Dengan Mudah. Manfaatkanlah plugin-plugin ini dengan sebaik mungkin. Cara duplikat website wordpress ini sangat mudah dan simple dengan panduan yag sudah kami berikan, dari pada anda menggunakan dengan cara manual.

Namun dalam penggunaan plugin-plugin ini  anda harus siap dengan masalah yang terkadang muncul saat proses duplikasinya. Maka saran dari kami untuk bisa terus mempelajari cara mengatasi website erorr tersebut.