fbpx

Apa itu Conversion Rate Optimization? Apa yang Perlu Disiapkan?

Mungkin Anda yang sudah mulai berjualan melalui kerap kali mendapat sedikit masalah, entah itu dan lainnya. Ada beberapa kasus di mana website online rame, namun penjualannya masih sepi. Jika mendapati kondisi ini, mungkin sudah saatnya Anda untuk menerapkan conversion rate optimization dengan lebih baik.

Apa Itu Conversion Rate Optimization?

Secara umum, conversion rate optimization (CRO) ini merupakan upaya dalam meningkatkan pengamalan pengunjung agar lebih interaktif dan menyenangkan. Tentu ini dilakukan agar setiap pengunjung mau membeli produk, atau aktivitas penjualan lainnya sesuai dengan keinginan Anda sebagai pemilik website.

Contoh lainnya yakni ketika pengunjung membuat akun di website, lalu berlangganan newsletter dan memberikan data dirinya secara lengkap, hingga membeli layanan yang ditawarkan. Jika ingin menerapkan sistem CRO ini, Anda harus tahu seberapa besar para pengunjung sudah melakukan conversion rate (konversi).

Cara menghitungnya cukup mudah, yakni dengan membagi jumlah pengunjung yang melakukan konversi dengan total pengunjung pada sebuah halaman website, lalu kaikan 100.

Manfaat CRO untuk Website Anda

Selain bisa membantu Anda untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak, ada beberapa manfaat utama dari CRO ini. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Mampu Meningkatkan Keuntungan Anda

Setiap pemilik bisnis pasti ingin mendapatkan keuntungan dari produk yang dijualnya bukan? segala macam cara pasti dilakukan agar bisa mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Nah, untuk mendongkrak penjualan melalui website, teknik CRO ini bisa menjadi solusi yang tepat. Faktanya sudah banyak yang membuktikan bahwa penjualan mereka naik setelah melakukan optimasi pada CRO nya.

Sebagai gambaran, sebuah produk yang Anda jual dengan harga 50 ribu. Di mana dari seratus pengunjung website, lima diantaranya membeli produk tersebut. Jika keuntungan dari setiap produk adalah 25 ribu, maka keuntungan penjualan Anda sebesar 125 ribu dengan conversation ratenya sebesar 5%.

Baca Juga :  SEO Instan Versus Alami

2. Membuat Anda Mampu Memahami Konsumen

Banyak kejadian dimana website ramai pengunjung namun penjualannya masih sepi. Hal ini bisa jadi deskripsi produk Anda kurang menarik ataupun bisa jadi proses checkoutnya yang rumit sehingga menyulitkan pembeli. Anda bisa mencari tahu penyebabnya dengan upaya conversion rate optimization ini.

Lihatlah bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda dan apa yang menjadi keinginan mereka. Semisal, pembeli yang tidak jadi order dikarenakan proses checkout yang rumit, maka sebisa mungkin Anda membuatnya lebih mudah. Jika alur website lebih baik, maka kegiatan di website tentu akan lebih efektif dalam meningkatkan konversi.

3. Bisa Mengurangi Cost per Acquisition (CPA)

Selanjutnya manfaat yang bisa dirasakan dari CRO adalah mampu mengurangi CPA (Cost per Acquisition). Memang mendatangkan pengunjung dengan penerapan strategi marketing itu penting, namun lebih penting lagi membuat setiap pembeli ini mau berinteraksi di website anda. Sebab, dengan strategi ini bisa membuat CPA menjadi lebih rendah.

Mengapa seperti itu? Seperti contohnya ketika Anda mengeluarkan biaya sebesar 1 juta rupiah untuk mendatangkan 10 ribu pengunjung ke halaman produk, namun ternyata hanya ada sekitar seribu saja yang akhirnya membeli produk. Artinya, conversation ratenya 10%dan biaya untuk mendapatkan konsumen (CPA) sebesar Rp 1000.

Baca Juga : 5 Cara Agar Website Muncul di Pencarian Google 

4. Berdampak Positif Terhadap SEO

Seperti yang kita ketahui jika SEO merupakan tenki untuk mengoptimalkan website agar bisa mendapat peringkat teratas di hasil pencarian Google. Nah, kabar baiknya CRO dan SEO ini selain menguntungkan untuk disandingkan guna mendongkrak .

Penerapan SEO yang baik bisa membuat website Anda mendapatkan pengunjung yang sesuai dengan bisnis. Lalu dengan CRO , pengunjung akan menjadi betah karena isi website sesuai dengan yang mereka butuhkan. Tak hanya itu, pengalaman mereka di website juga lebih memuaskan jia mengoptimalkan CRO ini.

Baca Juga :  Mengkonversi Traffic SEO menjadi Leads Berkualitas

Kesesuaian isi dengan kualitas pengalaman pengunjung terus menjadi faktor utama Google dalam mempertimbangkan peringkat website Anda. Untuknya, memaksimalkan penggunaan SEO dan CRO agar bisnis bisa berkembang dan menghasilkan keuntungan yang lebih baik.

5. Mampu Menghasilkan Pelanggan Tetap

Menariknya, conversion rate bukan hanya mampu meningkatkan pembelian, namun juga meningkatkan jumlah pelanggan tetap Anda. Seperti contohnya, setelah melakukan pembelian pertanam maka konsumen bisa Anda tawarkan promo produk lainnya yang relevan. Anda bisa memberikan pelanggan yang lebih meyakinkan serta memudahkan transaksinya dengan berbagai penawaran menarik.

Apa yang Harus Disiapkan Sebelum Melakukan Conversion Rate Optimization?

Begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan selaku pemilik jika menerapkan strategi ini. Untungnya, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan. Apa saja? Berikut informasinya:

1. Tools Optimasi

Langkah pertama yang wajib anda lakukan ketika ingin melakukan CRO adalah analysis tools dan platform untuk testing. Adapun tools analytics ini terhubung dengan website Abda dan bisa memantau data pengunjung. Bisa berupa jumlah pengunjung, ataupun aktivitas yang lainnya di website Anda.

Dengan informasi yang didasarkan data dari tools analytics ini, Anda bisa tahu conversion rate halaman website. Dengan begitu, secara otomatis Anda juga bisa melihat halaman mana saja yang konversinya paling sedikit.

2. Tim Optimasi

Jika Anda sudah menyiapkan tools analytics, sekarang saatnya memilih tim optimasi yang sesuai. Adapun tim ini terdiri dari:

  • CRO manager: bertugas merancang strategi CRO dan memantau pelaksanaanya
  • Data analysis: memuat data  setiap pengunjung
  • designer yang bertugas membuat desain website
  • Copywriter bertugas membuat tulisan untuk website
  • bertugas membuat untuk website.

Nah itulah tadi beberapa informasi terkait conversion rate optimization. Bagi anda pemilik website bisnis, jangan lewatkan yang satu ini guna mendongkrak penjualan Anda.

Baca Juga : Cara Mengecek Domain Authority untuk Tingkatkan SEO Website