fbpx

Alasan Memilih Domain ID Untuk Kesuksesan Brand

Di zaman sekarang, kebutuhan akan akses sangat diperlukan. Tidak hanya individu, dunia pun mulai membiasakan diri dengan era digital ini mampu bersaing dengan lain. Berdasarkan data yang dilansir dari Laporan Bank Dunia, masyarakat Indonesia menghabiskan sekitar 10 jam perhari berselancar di , terutama pada usia 16-25 tahun. 

Selain akses , juga merupakan yang sering diakses. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk menyukseskan brand yang dimiliki terutama untuk akses dan jangkauan target konsumen. 

Domain ID adalah ekstensi domain yang resmi menjadi kode internet di Indonesia. Domain yang sebelumnya dikelola melalui kerjasama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) kini dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia. 

Website dengan domain ID menempati tempat paling populer dan banyak diminati oleh pengguna internet di Indonesia. Namun, apa itu domain ID dan mengapa domain ID bisa menjadi sangat populer di Indonesia? 

Domain ID yang dikhususkan untuk wilayah Indonesia dapat meningkatkan pencarian atau traffic  website anda agar berada di peringkat atas. Apalagi jika memang sasaran bisnis anda adalah Indonesia, hal ini karena website anda menggunakan ID lokal. Selain itu, masih banyak alasan memilih domain ID untuk kesuksesan brand anda, simak ulasannya berikut ini. 

1. Akses Aman 

Dengan menggunakan domain ID yang berada dalam otoritas Pemerintah Indonesia, jika terjadi kejahatan siber maka Negara dalam hal ini Pengelola Nama Domain Internet Indonesia ( PANDI) bisa berperan aktif dalam penanganannya. 

Selain itu, karena lokasi DNS atau Domain di Indonesia, maka halaman websitenya akan lebih cepat jika seseorang mengaksesnya baik melalui komputer maupun handphone. Dengan begitu, brand Anda akan lebih cepat dijangkau oleh para konsumen. 

Baca Juga :  Multi Domain SSL: Pengertian, Fungsi, Jenis, serta Kelebihan dan Kekurangannya

2. Pilihan Beragam

Menggunakan domain ID memungkinkan anda untuk memiliki banyak pilihan ekstensi domain ID yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Misalnya domain CO.ID yang digunakan utamanya oleh dengan legalitas hukum di Indonesia, Domain MY.ID digunakan untuk penggunaan pribadi, atau domain BIZ.ID yang digunakan untuk website skala kecil seperti untuk UMKM. 

Selain tiga itu, masih banyak pilihan ekstensi lainnya yang dapat menunjang kegiatan pribadi maupun kelompok Anda. 

Baca Juga : Tips Memilih Nama Domain Terbaik Untuk Business Anda

3. Kredibilitas Tinggi dan nyaman

Website yang menggunakan domain ID biasanya menggunakan bahasa Indonesia yang membuat para pengunjung dapat memahami keseluruhan konten yang ada dalam website tersebut. Hal ini akan membuat pengunjung atau konsumen merasa lebih nyaman dan leluasa dalam memilih produk yang Anda tawarkan. 

Selain itu, dengan target konsumen adalah orang Indonesia, menggunakan domain ID akan membuat Brand anda lebih bisa dipercaya. Kepercayaan ini tentu akan menguntungkan produk yang anda tawarkan sehingga konsumen akan semakin ingat nama dan website yang anda kelola. 

4. Syarat Pembelian Domain Cukup Mudah

Jika anda ingin menggunakan domain ID, syarat dan ketentuan yang diperlukan tidaklah rumit. Anda hanya perlu menyediakan dokumen seperti, akta kelahiran, Paspor, KTP, Akta Notaris, Surat bukti kepemilikan merek, Surat Izin Usaha Pedagang (SIUP) dan surat pernyataan keterkaitan nama domain dengan perusahaan Anda. 

5. Banyak Kuota Nama Domain

Berbeda dengan domain lain misalnya domain COM, domain ID memiliki banyak kuota nama yang dapat anda gunakan, utamanya jika anda ingin menggunakan keyword yang potensial dalam meningkatkan SEO website. 

Dengan banyaknya pilihan nama tersebut, maka tak perlu kesusahan dalam memilih nama untuk website brand anda. Menarik bukan?

6. Menunjukkan Nasionalisme

Berbisnis bukan berarti anda akan jati diri sebagai warga Negara Indonesia. Dengan menggunakan domain id, Anda bisa menunjukkan jiwa nasionalisme dan juga menunjukkan pada konsumen bahwa anda berada di Indonesia. 

Baca Juga :  Cara Install Webmin di Fedora Linux

Hal ini juga akan berpengaruh kepada psikologis konsumen yang akan lebih percaya dan merasa nyaman, apalagi jika pelanggan anda juga orang Indonesia. 

7. Harga Cukup Terjangkau

Salah satu hal yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih domain website bisnis adalah anggaran yang anda miliki. Ketika biaya yang anda keluarkan terlalu besar, maka pendapatan anda akan semakin kecil. 

Namun, Anda bisa tenang sebab domain ID menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk berlangganan yaitu berkisar Rp50.000 hingga Rp270.000 dengan performa yang bagus. 

8. Optimalisasi SEO

Dalam internet, perlu dilakukan pengoptimalan agar website yang anda kelola berada di peringkat teratas mesin pencarian. Jika website Anda berada pada posisi hasil pencarian terbaik, maka orang-orang akan lebih mudah menemukan website yang anda kelola. 

Upaya ini disebut Search Engine Optimization (SEO). Pengguna domain ID pada dasarnya sudah ramah SEO dan telah diuji oleh PANDI. Dimana, website yang berdomain ID berada di urutan teratas untuk berbagai kata kunci pencarian di internet. Namun, untuk berada di urutan atas anda tetap perlu upaya maksimal agar lebih optimal. 

9. Masa Berlaku Status Domain

Alasan lain dalam memilih domain ID untuk menyukseskan brand Anda yaitu berkaitan dengan masa berlaku status domain. Di mana, ketika masa berlaku sudah habis, website anda tidak akan langsung dinonaktifkan. Terdapat beberapa tahapan untuk proses pembekuan. 

Tahapan pertama disebut auto renewal period dengan jangka waktu 35 hari, kemudian redemption period selama 30 hari dan tahapan terakhir pending delete selama 7 hari. 

Itulah beberapa kelebihan yang dapat Anda pertimbangkan untuk memilih domain ID dalam website bisnis yang sedang dikelola. 

Baca Juga : Top Level Domain Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya