fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Hosting

8 Jenis dan Cara Kerja Web Hosting 

Wiliam

Cara kerja web hosting tentunya berbeda dengan hosting ataupun share hosting. Karena, web hosting adalah layanan yang berbentuk daring bertujuan untuk mengaktifkan website di internet. Sebelumnya ada istilah hosting yang juga berfungsi untuk bisa mengakses website, sedangkan untuk web hosting merupakan sebagai penyedia dari space server.

Fungsi sebenarnya dari web hosting cukup sederhana, yaitu menjaga server tetap aktif dan juga menyimpan serta memindahkan konten dan server pada website itu sendiri.

Jenis-Jenis Web Hosting

Setelah mengetahui makna dan arti web hosting dan fungsinya, sebelum berlanjut pada cara kerja web hosting ketahui dulu jenis-jenis yang terbentuk. Antara lain adalah:

1. Share Hosting

Mungkin Bizzie sudah pernah mendengar jenis web hosting yang satu ini, yaitu share hosting. Yaitu, sebuah web hosting yang memang sering digunakan banyak pelanggan hosting. Caranya lebih mudah, hanya membutuhkan berbagi server dengan sesama klien dalam satu layanan yang sama.

Kelebihannya memang sangat ramah dan mendukung bagi para pemula. Bahkan, juga tersedia dengan control panel yang lengkap dan maintenance yang diambil alih oleh penyedia hosting. Sedangkan, kekurangan yang paling sangat mengganggu adalah dampak atau pengaruh dari website lain yang bermasalah pada website Bizzie.

2. Cloud Hosting

Jenis selanjutnya adalah cloud hosting, yang merupakan jenis hosting yang biasa digunakan atau dimanfaatkan website-website bisnis yang besar. Cara kerja web hosting bisa dianalisa pada cloud hosting ini dikelompokkan dalam beberapa server.

Pada hosting ini akan menguntungkan Bizzie jika website sedang padat, karena bisa dipindahkan otomatis ke server lain. Bisa dilihat kelebihannya adalah 10 kali lebih cepat dibandingkan web hosting sendiri, serta data aman melalui back up harian secara otomatis. Bahkan, sumber lebih besar dan berdedikasi.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  

3. WordPress Hosting

WordPress hosting bisa Bizzie analisa dari namanya, bahwa hosting ini dikhususkan atau dibutuhkan bagi para pengguna wordpress sendiri. Bentuk dan caranya benar-benar hampir sama dengan shared hosting. Hanya berbeda pada konfigurasinya, dimana wordpress hosting memiliki konfigurasi lebih optimal.

Kelebihan yang bisa dimanfaatkan dari wordpress hosting adalah biaya yang murah dan pengoperasian yang mudah untuk pemula. Diketahui terdapat plugin dan tema beragam pada wordpress tersebut. Sedangkan, untuk kekurangannya tidak banyak yaitu hanya bisa menampilkan website yang dibuat oleh wordpress tersebut.

4. VPS Hosting

Terakhir adalah VPS hosting, yaitu hosting yang tingkatannya sudah lebih tinggi, karena jenis hosting ini hanya diperuntukkan bagi website-website bisnis yang sudah memiliki traffic tinggi. Meskipun Bizzie harus berbagi server dengan pelanggan lain, tapi untuk hosting VPS ini sudah diberikan porsi lebih untuk memori dan computing.

Jenis Hosting Lainnya

Selain beberapa jenis hosting di atas yang sudah sangat dikenal, Bizzie juga perlu mengetahui beberapa jenis hosting lainnya yang tak kalah menarik. Namun, jenis hosting berikut ini memang hanya terdapat pada beberapa nama layanan hosting tertentu saja. Yaitu:

1. Unlimited Hosting

Yaitu sebuah hosting dengan akses yang sangat cepat dan juga aman, serta server yang sangat mampu dibizzielkan. Dikatakan unlimited karena disk space dan bandwith tanpa batas, bahkan menariknya pada website selalu online.

2. Transfer Hosting

Untuk jenis hosting ini mungkin sedikit berbeda dan hanya tersedia oleh beberapa layanan hosting saja. Yaitu, transfer hosting control panel ke layanan hosting tertentu.

3. Email Hosting

Selanjutnya ada juga yang disebut dengan email hosting, dimana Bizzie bisa meningkatkan kredibilitas bisnis melalui jeis hosting ini. Bizzie bisa melakukan kegiatan penerimaan dan pengiriman email dengan domain perusahaan menggunakan email hosting.

4. Simple WordPress Hosting

Kalau sebelumnya ada yang disebut dengan wordpress hosting, ternyata masih ada nama lainnya yang membawa wordpress yaitu simple wordpress hosting. Yaitu, merupakan sebuah website wordpress yang menjadi solusi dengan satu dashboard terintegrasi dan mudah mengelola hostingnya.

Kelebihannya adalah dilengkapi prioritas dukungan teknis dan juga fitur back up harian serta sistem keamanan paling mutakhir.

Cara Kerja Web Hosting

Mengetahui semua jenis dari web hosting tentunya membuat Bizzie penasaran dengan cara kerja web hosting tersebut.  Pada dasarnya cara kerjanya sangat sederhana, bergantung pada website Bizzie juga. Dimana caranya adalah sebagai berikut:

1. Membuat Website

Karena tujuan dari web hosting sendiri adalah website, maka hal yang pertama kali tentunya Bizzie sudah memiliki lebih website bisnis yang dimaksud. Jika belum ada, tentunya Bizzie harus bentuk lebih dulu website yang diinginkan tadi.

2. Pencarian Hosting

Cara kerja web hosting akan lebih terlihat ketika Bizzie melakukan pencarian hosting lebih dulu. Pencarian hosting termasuk untuk mencari layanan hosting yang sesuai dengan selera Bizzie, karena akan berdampak pada kelanjutan pekerjaan website Bizzie nantinya.

3. Menyediakan Space Server

Setelah melakukan pencarian hosting, langkah selanjutnya adalah menyediakan space server. Cari juga perusahaan hosting dengan penyediaan space server yang cukup. Karena, space server seperti halnya persewaan dimana Bizzie akan berlangganan dan dibebankan biaya saat space server yang melakukan tugasnya terhadap website Bizzie.

4. Mengakses Website

Setelah semua langkah dari cara kerja web hosting tersebut dilalui, maka artinya Bizzie sudah bisa mengakses website dengan sukses dan mulai berbisnis dengan menggunakan website tersebut.

Cukup jelas bagaimana cara kerja web hosting dilengkapi dengan penjelasan detail mengenai web hosting itu sendiri. Bukan hanya cara kerja sistemnya, melainkan juga jenisnya yang beragam menjadi satu informasi penting tersendiri yang Bizzie butuhkan kedepannya.

Baca Juga