fbpx

6 Cara Atasi Keyword Cannibalization Dengan Mudah

cannibalization merupakan salah satu issue yang sering sekali terjadi pada banyak , namun masih tidak disadari sebagai bahaya. Issue SEO ini nyatanya bisa memberikan dampak buruk pada CTR yang memiliki masalah ini.

Biasanya hal ini memang sering terjadi pada website yang telah mempunyai banyak halaman atau postingan di dalamnya. 

Bukan hanya itu saja, keyword ini juga sering disebut dengan istilah kanibalisasi keyword yang mana ini diketahui dapat menurunkan peringkat dari setiap halaman yang menggunakan keyword yang sama.

Lalu apa sebenarnya ini? Dan bagaimana cara atasi keyword cannibalization? 

6 Cara Atasi Keyword Cannibalization 

Dalam mengoptimalkan SEO, memang diperlukan kehati-hatian yang lebih supaya nnati bosa meningkatkan traffic dengan maksimal. Jadi salah satu hal yang harus bizzie hindari adalah keyword cannibalization.

Mengapa demikian? Karena, apabila sekali bizzie mengaplikasikan hal tersebut, hal itu akan berdampak buruk pada performa SEO. Lalu, mengapa hal tersebut harus dihindari dalam praktik SEO website?

Kemudian jika sudah menemukan halaman yang memiliki issue kanibalisasi, lalu apa yang harus dilakukan? Dan apa yang harus di lakukan sebagai cara atasi keyword cannibalization ini?

1. Melakukan Sebuah Restrukturisasi Website 

Cara atasi keyword cannibalization pertama yaitu dengan melakukan restrukturisasi website yang mana ini merupakan salah satu solusi yang paling sering digunakan untuk menyelesaikan masalah kanibalisasi keyword di suatu website. 

Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjadikan halaman dengan otoritas tinggi di website anda menjadi sebuah landing page yang terhubung dengan beberapa halaman lainnya. misalanya saja seperti, bizzie mempunyai website e- yang menjual sepatu. 

Maka bizzi bisa menjadikan halaman website jual sepatu”menjadi halaman berotoritas di website bizzie. Halaman ini nantinya akan terhubung dengan sejumlah halaman lainnya di website bizzie yang relevan dengan jual sepatu ini, seperti jual sepatu kets, jual sepatu wanita, jual sepatu sneakers dan lainnya.

Baca Juga :  Apa itu SEO? Pengertian , Manfaat dan Cara Kerja

2. Menciptakan Landing Page Baru

Cara atasi keyword cannibalization lainnya yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah kanibalisasi keyword ini yaitu dengan membuat landing page baru.  Bisa dikatakan bahwa konsep dari cara ini sama dengan restrukturisasi website yang dijelaskan sebelumnya. 

Akan tetapi dalam kasus ini, bizzie harus membuat landing page baru yang nantinya terhubung dengan sejumlah halaman berotoritas tinggi di website bizzie. Sebagai contohnya adalah, bizzie memiliki sebuah website sepatu. 

Maka bizzie dapat membuat landing page baru sesuai dengan produk di e-commerce anda, seperti sebuah halaman berjudul sepatu hiking. Halaman sepatu hiking ini nantinya akan ada di halaman produk di website bizzie yang termasuk kedalam kategori sepatu hiking. 

Bukan hanya mengatasi masalah kanibalisasi keyword, namun dengan menerapkan hal ini, maka struktur website bizzie pun nantinya akan menjadi lebih baik.

3. Konsolidasi Konten

Cara atasi keyword cannibalization lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kanibalisasi keyword ini yaitu dengan yang namanya konsolidasi konten. Konsolidasi konten ini sendiri mengacu pada penggabungan beberapa konten menjadi satu.

Apabila bizzie mempunyai beberapa konten di website yang menargetkan keyword yang sama, maka bizzie dapat mempertimbangkan untuk menggabungkan keduanya menjadi satu artikel. Lalu kemudian, bizzie dapat memilih keyword dengan angka search volume paling tinggi dan nilai difficulty rendah sebagai keyword yang anda gunakan pada artikel konsolidasi bizzie.

Tentunya dengan melakukan hal ini, kini bizzie tidak hanya menyelesaikan isu kanibalisasi keyword di website saja, namun juga menghasilkan linkable asset atau konten berotoritas tinggi di website anda yang potensial mendatangkan traffic kunjungan dan juga tautan.

Baca Juga : Tips Iklan SEO Website

4. Menemukan dan Menggunakan Keyword Baru

Apabila misalnya bizzie memiliki 2 halaman website dengan isu kanibalisasi keyword, namun keduanya tidak berkaitan satu sama lain, maka bizzie tidak dapat menggabungkannya (konsolidasi). Oleh sebab itu mengganti keyword target pada salah satu halaman menjadi salah satu solusi terbaik yang dapat anda ambil.

Baca Juga :  Macam-Macam Penyebab CPC Adsense Kecil 

Jadi cobalah untuk melakukan baru untuk salah satu halaman tersebut. Lalu kemudian, lakukan editing dan kemudian ganti keyword target di halaman artikel tersebut. Dalam hal ini, pastikan juga jika keyword baru tersebut mempunyai relevansi dengan isi halaman yang anda edit. Ini adalah cara atasi keyword cannibalization selanjutnya.

5. Menghapus Salah Satu Halaman Website

Menghapus salah satu atau beberapa halaman website yang memang mempunyai isu kanibalisasi keyword juga merupakan sebuah solusi yang dapat anda pertimbangkan. Walaupun sebenarnya terdengar ekstrim, namun solusi ini merupakan yang paling sederhana untuk dilakukan.

Dalam hal ini, bizzie harus mempertimbangkan untuk memilih halaman mana di website yang menurut bizzie kurang relevan dan kemudian menghapusnya. 

Apabila misalnya merasa sayang untuk menghapus halaman website yang telah di buat, maka bizzie juga dapat mempertimbangkan untuk mengajukan deindex halaman website tersebut di SERP. Dengan begitu maka masalah kanibalisasi keyword ini juga dapat terselesaikan

6. Memakai Redirect 301

Taukah bizzie bahwa dengan menggunakan redirect 301 pun diketahui juga dapat membantu mengatasi dampak buruk yang ditimbulkan akibat kanibalisasi keyword ini. 

Dalam hal ini bizzie dapat mengarahkan atau redirect 301 halaman kurang relevan yang terdeteksi akan masalah kanibalisasi keyword ini ke halaman yang relevan. Dengan begini maka CTR ke halaman relevan tidak akan terganggu.

Apabila saat ini bizzie mengalami kendala seperti di atas, maka cobalah untuk mengikiti beberapa cara atasi keyword cannibalization seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Baca Juga : Apa itu Conversion Rate Optimization? Apa yang Perlu Disiapkan?