3 Manfaat Meta Description Pada Optimalisasi SEO

3 Manfaat Meta Description Pada Optimalisasi SEO

Meta description adalah sebuah deskripsi singkat yang tidak terlalu panjang dan berisi rangkuman konten dari suatu halaman website. Mesin pencari secara otomatis akan menampilkan meta description pada hasil pencarian, terutama ketika keyword yang dicari terdapat pada deskripsi.

Manfaat meta description pada halaman web Anda yaitu untuk membuat orang yang melakukan pencarian di Google tertarik untuk mengklik postingan Anda. Hal ini berarti meta description untuk membantu meningkatkan jumlah klik web Anda ketika di mesin pencari.

Meta description memang tidak berpengaruh secara langsung terhadap peringkat halaman Anda. Namun, ada manfaat lainnya yang tidak kalah penting yaitu mesin pencari menggunakan jumlah klik sebagai cara untuk mengetahui apakah halaman Anda disukai calon pengunjung atau tidak. Jika banyak orang yang mengklik link atau artikel Anda di mesin pencarian, maka mereka akan menganggap halaman Anda baik dan menarik. Hal ini akan meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari seperti Google.

Itulah sebabnya mengapa mengoptimalkan meta description Anda menjadi sangat penting, sama pentingnya saat Anda mengoptimalkan judul postingan Anda. Berikut 3 manfaat meta description lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan.

Menarik Pengunjung

Saat Anda mencari sebuah topik di mesin pencari, hal pertama Anda akan melihat website yang paling mendekati keinginan Anda. Nah disini mengandalkan judul saja tidaklah cukup. Kita sebagai pembaca juga perlu mengetahui website yang tampil tersebut sedang membahas atau mengulas topik yang sesuai dengan yang kita cari atau tidak.

Jika isi dari deskripsi kontennya menarik, mereka akan dengan sendirinya akan meng-klik kontennya. Inilah mengapa dibutuhkannya meta description agar dapat mempengaruhi jumlah orang yang mengklik konten. Manfaat meta description memang tak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja SEO, tapi jumlah klik adalah salah satu faktor penting untuk menaikkan peringkat konten Anda di mesin pencari seperti Google.

Baca juga : 7 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Situs Anda

Meningkatkan Relevansi Konten

Pada meta description Anda akan melihat beberapa kata yang dicetak tebal yang biasanya sesuai dengan topik apa yang sedang kita temukan. Hal demikian semakin memperkuat bahwa Meta description sangat diperlukan agar mendapatkan perhatian yang lebih karena berdampak cukup signifikan terhadap website.

Maka dari itu, isilah Meta description dan juga tentukanlah keyword yang optimal agar sesuai dengan isi dari konten Anda akan semakin banyak orang yang berkunjung, maka akan meningkatkan performa website Anda. Bagaimana pandangan Anda tentang Manfaat meta description? Pasti akan semakin penasaran.

Mempromosikan Konten di Media Sosial

Meta description sebenarnya tidak berlaku hanya pada dunia website saja, ada hal lainnya yang hampir serupa dengan Meta description pada website yaitu berlaku juga pada platform media sosial seperti facebook.

Deskripsi sebuah iklan atau postingan pada media sosial facebook juga akan muncul saat pengguna membagikan konten. Hal ini semakin menguatkan bahwa konsep meta description tidak hanya membantu Anda dalam memperoleh jumlah klik di mesin pencari saja, namun juga bisa diterapkan pada di media sosial. Tidak menutup kemungkinan hal ini juga akan terjadi pada beberapa sosial media lainnya.

Penutup

Manfaat meta description masih sangat penting, tapi, yang lebih penting lagi adalah ini dari meta description tersebut. walaupun saat ini keyword masih sangat penting namun bukan berarti kita harus menyampingkan Manfaat meta description tersebut dengan keyword sebanyak-banyaknya, hindarilah melakukan spamming terhadap google jika Anda tidak ingin blog yang Anda tidak kelola di blokir oleh google.

Selain itu, konten meta description, yang seharusnya menjadi media untuk mendeskripsikan konten, bisa menjadi rusak hal ini dikarenakan descripsi tersebut hanya berisi dengan kata-kata yang tanpa makna. lebih baik buatlah meta description yang bermanfaat bagi manusia, karena meta description yang baik dapat meningkatkan CTR(Click Through Rate), persentase listing yang yang ditampilkan dan diklik. Meta description adalah sarana untuk mengajak pengguna mesin pencari untuk membuka dan mengunjungi blog kita, bukan untuk menghindari orang lain untuk mengakses blog yang kita kelola.

Tapi perlu diingat, jangan sampai Anda menuliskan meta description yang mirip bahkan sama persis dengan meta description kompetitor. Meta description yang Anda tulis harus berbeda ditiap halaman. Hindari membuat meta deskripsi yang sama karena akan terdeteksi menjadi duplikasi meta deskripsi. Hal ini justru tidak berdampak baik untuk SEO. Pastikan membuat meta deskripsi yang sesuai dan relevan dengan setiap artikel.

Iutlah 3 manfaat meta description agar mampu meningkatkan traffic dan telah dirangkum oleh blog dewabiz. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengerti bagaimana manfaat meta description. Tips ini tentunya bisa Anda terapkan pada website milik Anda untuk meningkatkan traffic pengunjung.

Related Posts