10 Tips Agar Website Aman dari Serangan Hacker

10 Tips Agar Website Aman dari Serangan Hacker

Kali ini DewaBiz sudah menghimpun 10 tips agar website aman dari serangan hacker. Jadi tetap fokus ya! Karena sistem keamanan merupakan hal yang tak boleh dilewatkan bagi setiap pemilik website.

Ibaratnya Anda punya rumah, Anda ingin memastikan agar rumah tidak kemalingan. Nah kira-kira bagaimana caranya? Tentu Anda akan memasang pagar di sepanjang rumah, memasang gembok, memasang CCTV, dan lainnya.

Begitupun dengan website, Anda butuh berbagai cara agar website tetap aman dari cyber attack. Bahkan bisa diibaratkan, website ini seperti gedung perbankan. Dibutuhkan security system super ketat agar tak ada kesempatan bagi hacker untuk ‘membobol’ website Anda.

Masih banyak orang yang menyepelekan security system ini. Padahal statistik menunjukan bahwa setiap 39 detik terjadi tindakan peretasan di internet.

Jangan Anda pikir bahwa website baru atau website dengan kategori bisnis kecil itu tidak rentan dari serangan hacker. Lagi-lagi statistik menunjukan bahwa website dengan kategori baru/bisnis kecil itu lebih rentan terkena hacking.

Itulah mengapa, keamanan ini mesti menjadi concern utama Anda. Beberapa tips agar website aman dari serangan hacker berikut ini bisa Anda jadikan acuan.

 

Tips Agar Website Aman dari Serangan Hacker

Hal pertama untuk memastikan bahwa website aman dari cyber attack yaitu memilih hosting yang bagus. Adakalanya, website memang sudah sangat kuat sistem keamanannya. Namun menjadi percuma jika hosting tempat website bernaung sangat rentan terkena serangan hacker.

Untuk itu, pastikan Anda memilih penyedia hosting yang paling tepat. Observasi terlebih dahulu, penyedia hosting mana yang security system-nya paling kuat.

Jika Anda tidak punya skill mengatur keamanan yang baik, sebaiknya pilih penyedia hosting yang menyediakan layanan manajerial hosting penuh atau fully managed.

Selain itu, pastikan bahwa penyedia hosting memiliki layanan technical support. Jadi jika terjadi apa-apa, Anda tinggal menghubungi TS dari penyedia hosting.

Bagi Anda yang butuh penyedia hosting dengan security system super kuat, maka DewaBiz merupakan opsi paling tepat. DewaBiz menggunakan teknologi sistem keamanan tingkat tinggi, sehingga website tetap aman dari serangan hacker.

Selain itu, DewaBiz juga punya tim technical support yang sangat kompeten. Jadi jika ingin website tetap aman, belilah hosting unlimited di DewaBiz!

 

  • Rutin Melakukan Backup

Tips Agar Website Aman dari Serangan Hacker

Karena tindakan peretasan oleh hacker ini sering terjadi, maka Anda mesti melakukan berbagai tindakan preventif. Salah satunya yaitu melakukan backup secara rutin. Memang backup data website ini bukan ‘garda terdepan’ dalam menangkal serangan hacker.

Namun paling tidak, hal ini dilakukan agar seluruh data website Anda tetap aman. Selain itu, Anda ‘pun bisa mengaktifkan seluruh data backup kembali di masa depan.

Kabar baiknya, kebanyakan penyedia hosting menyediakan fitur backup. Namun Anda juga bisa melakukan backup sendiri, sehingga Anda bisa mengontrol semuanya. O ya jika Anda menggunakan WordPress, Anda bisa membaca artikel mengenai backup data website WordPress di bawah ini!

Setup Backup Otomatis Blog WordPress

 

  • Menggunakan Tool Pengelolaan Password

Tips agar website aman dari serangan hacker selanjutnya yaitu menggunakan tool pengelolaan password. Dengan adanya tool ini, maka Anda bisa memastikan bahwa setiap akun memiliki password berbeda. Alhasil, para cyber attacker tidak bisa mengakses semua akun. Tindakan ini memang sifatnya preventif. Jika satu akun bobol, maka akun-akun lainnya bisa terselamatkan.

 

  • Memasang SSL dan Firewall

Tips agar website aman dari serangan hacker lainnya yaitu memasang SSL dan firewall. SSL (Secure Socket Layers) merupakan infrastruktur sandi publik. SSL ini menggunakan mekanisme enkripsi dan otentikasi lewat sertifikat keamanan.

Website yang sudah memasang SSL, bisa diindikasikan dengan adanya https:// sebelum domain. Misalnya seperti https://www.dewabiz.com. Indikator lainnya yaitu adanya ikon gembok disamping URL.

Selain SSL, tool lain yang bisa digunakan untuk mencegah serangan hacker yaitu firewall. Firewall ini bisa memproteksi website dari berbagai cyber attack seperti hacking, brute force, DDoS, dan lainnya.

 

  • Hindari Default

Salah satu faktor mengapa hacker begitu mudahnya membobol website yaitu karena pengguna website masih menggunakan default. Misalnya untuk login URL, banyak pemilik website yang tetap menggunakan username bawaan seperti “admin”.

Contoh lainnya yaitu URL login, dimana user masih sering menggunakan akhiran .com/admin. Nah Anda bisa mengubah URL wp-admin ini dengan menggunakan plugin tertentu.

 

  • Perlunya Pembatasan Akses

Tips agar website aman dari serangan hacker lainnya yaitu melakukan pembatasan akses. Hal ini berlaku untuk semua akses server dan sistem lainnya. Paling mudah untuk membatasi akses yaitu lewat IP address. Anda bisa mengatur IP address mana yang bisa mengakses akun. Kebalikannya, Anda bisa memblok IP address yang tidak dikenali yang coba mengakses server atau sistem.

 

  • Hindari Membuka Website di Satu Server

Untuk menghindari terjadinya hacking di semua website, maka jangan pernah membuka website di satu server sekaligus. Misalnya Anda mengakses website A, website B, dan website C di satu browser dalam waktu bersamaan.

Selain itu, Anda ‘pun mesti membuat database yang berbeda untuk setiap website. Anda masih bisa mengakses beberapa panel admin website secara bersamaan dengan software tertentu.

 

  • Satu Website Satu Server

Tips satu ini hanya berlaku bagi Anda yang punya budget lebih. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menyatukan beberapa website dalam satu server itu lumayan berisiko. Solusi paling jitu tentunya yaitu hanya menempatkan satu website di satu server.

Tentu jika Anda punya banyak website, maka Anda Anda perlu membeli banyak paket hosting. Jika kocek Anda cukup, maka tips ini sebenarnya sangat worth it.

 

  • Nonaktifkan Fitur Yang Tidak Diperlukan

Ada banyak ‘pintu’ yang sering dimanfaatkan oleh hacker untuk menyerang website. Misalnya fitur komentar dan registrasi. Nah jika beberapa fitur tersebut tidak terlalu diperlukan, sebaiknya Anda menonaktifkannya.

 

  • Update Plugin

Jika Anda menggunakan CMS, misalnya seperti WordPress, maka pastikan untuk selalu meng-update plugin yang sudah di-install. Perlu Anda ketahui, source code yang ada didalam plugin sifatnya open-source. Itulah mengapa hacker bisa saja menemukan celah dan membobol sistem keamanannya.

Nah untuk menghindari hal ini, WordPress secara rutin menyediakan update yang berisikan perbaikan sistem keamanan dan bug. Jadi jangan lupa ya untuk selalu update plugin-plugin yang Anda gunakan.

 

Nah Bizzie, itulah beberapa tips agar website aman dari serangan hacker. Pastikan Bizzie menerapkan tips-tips di atas sebelum para hacker itu berhasil membobol website Anda! Perlu dicatat pula, jika Anda ingin sukses berbisnis di internet, maka Anda mesti memprioritaskan sistem keamanan website! Jika Anda punya tips atau pertanyaan lain terkait pengamanan website, silakan berkomentar di bawah ini ya!

 

 

Related Posts