Setup Backup Otomatis Blog WordPress

Menyiapkan sebuah sistem cadangan untuk situs web Anda merupakan salah satu hal terpenting yang perlu Anda lakukan setelah menginstal WordPress. Namun itu juga salah satu hal yang sebagian besar dari kita sering diabaikan.

Kenapa? Karena mungkin kebanyakan orang mengandalkan layanan “cadangan harian” penyedia hosting web mereka dan menempatkan kepercayaan dan bisnis mereka sepenuhnya di tangan perusahaan hosting web.

Ternyata hal tersebut merupakan kesalahan terbesar

Pentingnya Mencadangkan Situs Web Anda

Gangguan pada situs web datang dalam berbagai bentuk. Hal ini bisa berupa crash server yang tiba-tiba, serangan hacker atau bahkan secara tidak sengaja menghapus beberapa file penting dari database WordPress Anda.

Penyimpanan cadangan adalah satu-satunya cara Anda yang dapat memastikan keamanan situs web Anda.

Buat mengilustrasikan pentingnya membuat cadangan, kami akan menceritakan kisah tentang insiden yang terjadi pada salah satu orang yang menjalankan situs web penerbitan berita yang didukung oleh WordPress.

Beliau meng-hosting situs webnya dengan penyedia hosting web populer, dan seperti kebanyakan blogger lainnya, ia tidak repot-repot membuat cadangan situs webnya karena perusahaan web hosting menawarkan layanan “backup harian gratis” dengan paket hosting VPS-nya.

Dia yakin bahwa situs webnya aman dan terkendali. Sampai pada suatu hari ketika beberapa server pusat data perusahaan hosting web mengalami kerusakan. Situs web dia kebetulan berada di salah satu server itu.

Perusahaan hosting mengganti server yang rusak dan memulihkan situs webnya menggunakan cadangan sebelumnya. Tetapi, ketika dia memeriksa situs webnya, ia memperhatikan bahwa hampir 200 artikel hilang.

Ternyata, cadangan terbaru dari situs web yang dibuat oleh perusahaan web hosting berusia lebih dari sebulan. Dia harus menggunakan halaman situs web yang di-cache untuk mengembalikan semua artikelnya yang hilang, secara satu per satu.

Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang cadangan adalah bahwa Anda tidak boleh percaya perusahaan web hosting untuk mengurus situs web Anda. Mereka harus mengelola ribuan pelanggan dan mereka tidak peduli dengan keamanan situs web Anda seperti halnya Anda.

Apabila Anda benar-benar ingin menjaga ketenangan dan tidur nyenyak di malam hari karena mengetahui situs web Anda aman, Anda harus membuat cadangan situs web sendiri.

Plugin Backup Otomatis WordPress Terbaik

Salah satu kehebatan WordPress adalah Anda tidak memerlukan pengetahuan teknis untuk membuat cadangan situs web Anda. Ada beberapa plugin untuk itu.

Berikut adalah beberapa plugin cadangan WordPress terbaik yang dapat Anda gunakan.

Premium Options

Apabila Anda bersedia untuk berkorban uang, VaultPress dan BackUpBuddy memberikan solusi backup untuk menjaga website Anda aman. Keduanya datang dengan label harga yang lumayan, tetapi mereka akan memberikan fitur hebat untuk memungkinkan Anda mengatur backup otomatis di situs web Anda dengan lancar.

Plugins Gratis

Apabila Anda seorang DIYer dan benci untuk menghabiskan uang buat hal-hal digital, Anda bisa memakai BackWPup dan UpdraftPlus sebagai alternatif gratis yang luar biasa dari opsi-opsi premium tersebut. Dalam menggunakan plugin gratis ini, Anda tidak hanya dapat mengatur cadangan otomatis tetapi Anda juga dapat menyimpan cadangan Anda di Dropbox, Amazon S3, atau Google Drive juga.

Cara Mencadangkan Situs WordPress

BackWPup sangat bagus, tetapi bagi yang menyukai kesederhanaan UpdraftPlus bisa menjadi solusi.

UpdraftPlus merupakan plugin cadangan WordPress terbaik yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Dan plugin ini satu-satunya plugin dengan fungsi Restore yang mudah. Mereka juga memiliki lebih dari 1.800 ulasan bintang lima dan telah diinstal lebih dari 800 ribu situs web. Dan, yang lebih penting, ramah untuk pemula.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara mudah mengatur cadangan di WordPress.

Langkah 1: Cari plugin UpdraftPlus melalui dashboard WordPress Anda. Klik Instal dan kemudian Aktifkan plugin.

Langkah 2: Pergi ke dashbord plugin dan pilih tab Pengaturan.

Langkah 3: Pilih jadwal cadangan file yang Anda inginkan (mis: harian, mingguan). Pilih opsi yang sama untuk jadwal cadangan Database. Setel pertahankan nomor cadangan menjadi 5 (itulah jumlah cadangan lama yang akan disimpan).

Catatan: Jika Anda memperbarui blog Anda setiap hari atau menerima komentar setiap hari, pilih opsi Haria . Jika tidak, pilih opsi Pencadangan mingguan.

Langkah 4: Scrool ke bawah dan pilih opsi Penyimpanan Jarak Jauh Anda. Pertimbangkan memilih Dropbox atau Amazon S3. Beberapa layanan, seperti OneDrive, akan meminta Anda untuk membeli add-on.

Langkah 5: Centang semua kotak di bagian Sertakan dalam Cadangan. Biarkan sisa pengaturan pada pengaturan standar. Apabila mau, Anda dapat memilih untuk menerima pemberitahuan email saat setiap cadangan selesai dilakukan.

Langkah 6: Tekan Simpan Perubahan dan scrool kembali ke Otentikasi Dropbox. Klik tautan itu untuk memberi akses UpdraftPlus ke Dropbox Anda.

Langkah 7: Klik pada tombol Allow.

Langkah 8: Kembali ke tab utama dan klik Cadangkan Sekarang untuk mulai mencadangkan situs web Anda. Waktu cadangan terjadwal situs web Anda berikutnya juga akan ditampilkan di bawah tombol tersebut.

Selesai.

Buat mengembalikan situs web WordPress dari cadangan, hanya klik tombol Pulihkan. Pilih cadangan yang ingin Anda pulihkan dan tekan tombol Pulihkan disebelahnya.

Setelah itu Anda dapat memilih komponen mana yang ingin Anda pulihkan (misalnya: plugin, tema, basis data).

Cara Mencadangkan Situs WordPress Ke Komputer

Fungsi ekspor bawaan di WordPress baik buat membuat cadangan postingan blog dan media, tetapi hal tersebut tidak akan menyalin data penting lainnya dari situs web Anda, seperti tema, basis data, dan plugin. Maka, kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakannya.

Namun, apabila Anda adalah pengguna Internet tingkat lanjut, Anda dapat membuat cadangan situs web Anda langsung dari tempat situs web Anda dihosting dan mengunduh cadangan itu pada komputer Anda.

Buat melakukan ini, Anda dapat pergi ke CPanel Anda dan mengakses situs web Anda melalui File Manager atau menggunakan perangkat lunak klien FTP seperti FileZilla buat secara manual mengunduh salinan situs web Anda. Tentu saja, downside merupakan bahwa Anda tidak akan dapat mengotomatisasi proses tersebut.

Itulah beberapa cara setup backup otomatis blog WordPress yang bisa Anda lakukan dan kami berikan. Cara apapun yang bisa Anda lakukan untuk mengbackup situ web WordPress Anda, hal tersebut merupakan suatu investasi untuk masa depan yang panjang.