fbpx

Lelang Domain - Temukan Domain Bagus Disini!

Technology

WhatsApp Diretas? Ini Cara Mengembalikan WA yg di Hack

Rianda

Kejahatan di dalam dunia siber, contohnya yaitu seperti peretasan WhatsApp kini rupanya semakin marak dipraktekkan oleh oknum oknum tidak bertanggung jawab. Korban peretasan akan berusaha menemukan cara mengembalikan WA yg di hack, biasanya dikarenakan WA tersebut penting atau beberapa alasan lainnya.

Kasus-kasus seperti ini biasanya terjadi karena adanya kebocoran kode berupa OTP, sehingga seringkali pelaku bisa saja memasang mata-mata dari sana. Tetapi jangan panik jika mengalami kejadian ini, dibawah ini ada beberapa cara mengembalikan WA yang di hack agar kembali dengan baik: 

1. Mendownload Kembali WhatsApp yang Baru

Terdapat 2 alternatif cara mengembalikan WA yg di hack yang bisa dilakukan, yang pertama yaitu dengan mendownload ulang aplikasi WhatsApp. Cara pertama ini termasuk cara yang termudah untuk ditiru karena hanya melalui aplikasi IOS maupun Playstore, berikut beberapa langkahnya: 

  • Pertama, hapuslah terlebih dahulu aplikasi WA sebelumnya yang kena hack.
  • Mulailah download aplikasi WA yang baru.
  • Masukkan nomornya lalu log in. 
  • Tunggu hingga muncul OTP code yang diberikan WhatsApp lewat pesan.
  • Masukkan OTP code yang diterima ke kolom verifikasi.
  • Klik verifikasi.

OTP code berperan sebagai kunci gembok, alias pengaman untuk pengguna memasuki WA, jadi setelah mendownload ulang jangan sampai OTP code tersebar. Jika pengguna sudah berhasil melakukan langkah di atas dan bisa masuk dengan lancar, hacker otomatis akan langsung dikeluarkan dari WA. 

2. Menulis Laporan Email ke Pihak WhatsApp

Alternatif kedua yang juga mudah dengan cara membuat laporan yang ditujukan kepada pihak WhatsApp langsung. Keterangan yang dimaksud adalah berupa detail dari kejadian peretasan yang telah dilakukan secara jelas dan juga dengan bahasa yang tepat.

  • Masuklah ke akun email yang aktif.
  • Tulislah bagian subjek email dengan keterangan bahwa pengguna telah di hack menggunakan bahasa inggris.
  • Pada bagian isi, sertakan cuplikan layar dari masalah WhatsApp yang dialami dan poin utama dari masalah tersebut.
  • Sertakan juga nomor WA dengan memakai awalan berupa kode Indonesia, yakni +62.
  • Kirim email tersebut ke alamat email resmi WhatsApp yaitu [email protected].

Pastikan bahwa email yang ditulis sudah memakai bahasa inggris dengan baik dan tepat serta bukti berupa cuplikan layar terlihat jelas. Dengan begitu, jika pihak WhatsApp sudah menerima laporan, maka akan diberlakukan deactivate account atau penutupan akun sementara sampai waktu yang ditentukan.

Tetapi jangan khawatir, penutupan akun WhatsApp ini hanya akan berlaku selama beberapa waktu saja hingga sampai nanti pasti ada masanya. Jika sudah tiba pada batas waktu yang sudah ditentukan, maka pengguna biasanya akan mendapat berupa pemberitahuan untuk mengaktifkan lagi akun WhatsApp.

Setelah berhasil dalam mengaktifkan ulang akun WhatsApp tersebut, pengguna bisa mengakses dan menggunakan kembali akun seperti biasanya tanpa terkendala lagi. Jika hacker tidak melakukan apapun terhadap history pesan, maka biasanya aman aman saja, tetapi jika tidak, ada kemungkinan semuanya hilang.

Jika tak ingin itu terjadi, pastikan rutin backup pesan yang dirasa penting dan kontak di WhatsApp menuju ke GDrive atau Clouds. Lalu agar akun WhatsApp terjaga dari serangan hack, mulailah untuk melakukan dua langkah verifikasi WhatsApp sebagai perlindungan lebih dari WhatsApp.

Seperti itulah rekomendasi cara mengembalikan WA yg di hack dengan menggunakan cara yang mudah, cepat. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam bersosial media, dan terapkan proteksi kepada akun, karena hacker selalu memiliki niat jahat yang terselubung.

Baca Juga