fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Website

Wajib Tahu, 2 Website untuk Merangkum Video Menjadi Teks

Wiliam

Merangkum video menjadi teks adalah salah satu hal kegiatan yang banyak dilakukan oleh semua kalangan masyarakat. Apalagi, untuk era yang terus berkembang seperti sekarang juga ada website untuk merangkum video menjadi teks bisa digunakan secara bebas.

Ada beberapa website untuk merangkum video menjadi teks, sedangkan untuk bizzie yang ingin tahu apa saja bisa langsung simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Website untuk Merangkum Video Menjadi Teks

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa perkembangan teknologi seperti sekarang ada banyak website untuk merangkum video menjadi teks bisa digunakan. Akan tetapi, ada 2 website untuk merangkum video menjadi teks yang benar-benar bisa membantu bizzie sebagai berikut:

1. Google Docs

Google Docs adalah website untuk merangkum video menjadi teks yang sudah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Bahkan, Google Docs ini bisa untuk buat, edit dan bagikan dokumen tertulis secara online.

Ada banyak sekali fitur yang bisa digunakan dan salah satunya, yaitu voice typing. Biasanya, untuk fitur tersebut dimanfaatkan untuk merangkum video agar berubah menjadi teks.

Jadi, trik yang bisa digunakan di Google Docs adalah merekam audio system sebagai alih-alih mikrofon. Setelah itu, bizzie memutar audio atau video yang ingin di transkrip menggunakan Google Docs Voice to Text. Sebagai berikut langkah yang bisa dilakukan pada website untuk merangkum video menjadi teks Google Docs:

●   Step awal yang harus bizzie lakukan adalah membuka menu “control panel” dan “perangkat keras atau hardware”.

●   Langkah kedua, yaitu memilih menu “suara” dan akan muncul jendela baru.

●   Pada jendela yang baru akan muncul beberapa pilihan tab “perekaman”. Klik kanan dibagian “stereo mix” dan tap “siapkan sebagai perangkat default”.

●   Setelah itu, bizzie bisa langsung beralih ke website untuk merangkum video menjadi teks Google Docs dan membuka tab “tools” yang ada di bagian paling atas dan pilih “voice typing”.

●  Jalankan video tersebut untuk merangkum dan aktifkan perekam Google Docs dengan memberikan klik pada ikon berlogo microphone. Jangan lupa merubah subtitle bahasa agar sesuai dengan video yang akan dirangkum.

2. Anthiago

Website untuk merangkum video selanjutnya, yaitu Anthiago. Pada website yang satu ini juga sudah banyak digunakan oleh orang yang akan menerjemahkan video menjadi bentuk teks maupun tulisan. Sebagai berikut langkah yang harus bizzie lakukan:

●   Membuka video yang akan dirangkum terlebih dahulu.

●   Setelah itu, bizzie bisa langsung membuka browser atau mesin pencarian.

●   Masuk ke dalam website untuk merangkum video menjadi teks sebagai berikut : https://anthiago.com/transkrip.

●   Selanjutnya, bizzie memilih salah satu bahasa yang sesuai dengan video akan di transkrip.

●   Ketika proses unggah sudah selesai, bizzie bisa langsung memilih menu “transkrip”.

●   Tunggu sampai dengan beberapa saat sampai dengan proses rangkuman selesai.

●   Apabila prosesnya sudah berhasil dilakukan, bizzie akan menemukan rangkuman video tersebut di bagian menu paling bawah.

●   Bizzie juga bisa langsung menyalin teks tersebut di dalam word dan diolah.

Manfaat Menggunakan Website untuk Merangkum Video Menjadi Teks

1. Memudahkan Membaca Isi Pokok Pada Suatu Bacaan

Materi yang dituliskan di dalam proses rangkuman hanya pokok bacaan di naskah aslinya. Dengan ringkasan yang dibuat, maka bisa dengan mudah didapatkan untuk memahami isi pokok bacaan dan makna di dalam teks atau bacaan tersebut.

Pada saat merangkum, tidak ada kalimat yang tidak terlalu penting untuk diingat dan masuk di dalamnya. Sehingga, untuk bizzie yang membaca teks tersebut bisa lebih mudah dipahami.

2. Mempermudah untuk Mengingat Materi

Pada saat melakukan rangkuman video menjadi teks ini juga bisa membantu bizzie untuk mengingat inti dari pembahasan tersebut. Materi yang ditulis di dalam ringkasan ini juga tidak sebanyak dengan materi aslinya.

Minimnya kata maupun kalimat di dalam merangkum ini bisa mempermudah bizzie untuk mengingatnya. Pokok materi juga bisa membantu bizzie untuk mengingat dan menjelaskan kepada orang lain.

3. Membantu untuk Memahami Teks

Membuat rangkuman video menjadi teks juga bisa membantu bizzie di dalam memahamkan seseorang dengan suatu materi yang sedang dipelajari. Bentuk dari rangkuman video ini juga akan singkat dan mudah diingat, karena materi yang dituliskan lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

4. Meningkatkan Kembali Pada Materi dengan Cepat

Rangkuman bisa membantu bizzie untuk mengingat terhadap materi yang ada di dalam video tersebut. Gagasan utama yang ada di dalam video tersebut bisa diringkas dengan baik dan benar.

Bahkan, bizzie juga bisa memberikan tambahan gambar yang bisa lebih mudah untuk dipahami. Satu hal manfaat dari video menjadi teks kali ini, yaitu bizzie tidak perlu memutar secara berulang-ulang untuk memahami inti dari pembahasan tersebut.

5. Melatih Kreativitas

Membuat rangkuman menggunakan video ini juga bisa melatih bizzie untuk meningkatkan kreativitas. Pada setiap membuat rangkuman akan berpikir bagaimana caranya agar bisa menghasilkan tulisan mudah dipahami dan diingat.

Pilih saja salah satu website untuk merangkum video menjadi teks yang sudah disebutkan diatas. Untuk dua website di atas juga bisa digunakan di video Youtube yang ingin di rangkum menjadi teks.

Pada saat menggunakan website untuk merangkum video menjadi teks juga harus memperhatikan jaringan internet. Tanpa adanya jaringan internet, maka bizzie tidak bisa melakukan rangkuman video menjadi teks.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap dan jelas mengenai website untuk merangkum video menjadi teks. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang ingin memahami video menjadi lebih mudah.

Baca Juga