fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Website

Dijamin Ampuh! Inilah 10 Cara Mempercepat Loading Web

Yanti puspita

Mengetahui cara mempercepat loading web dengan mudah sangat penting bagi Anda yang merupakan pengguna web atau yang memiliki bisnis online. Loading web yang cepat sangat penting untuk mempertahankan pengunjung di blog Anda dalam waktu lama.

Faktanya, menurut penelitian yang dilakukan, banyak orang yang tidak sabar dengan kecepatan web. Sekitar 25% pengunjung akan meninggalkan halaman web jika halaman tersebut membutuhkan waktu lebih dari 4 detik untuk di muat. Lantas bagaimana cara mempercepatnya? Mari simak semua penjelasannya berikut.

10 Cara Mempercepat Loading Web

Ada banyak cara mempercepat loading web, mulai dari melakukan berbagai jenis optimasi, memilih hosting yang tepat, dan masih banyak lagi. Masalah kecepatan web tidak boleh di anggap remeh karena banyak manfaat yang akan dirasakan.

Salah satunya adalah kenyamanan para pengunjung saat mengunjungi web tersebut. Lebih jelasnya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat web, antara lain:

1. Cara Mempercepat Loading Web dengan Optimasi gambar

Cara mempercepat loading web yang pertama adalah dengan mengompresi dan optimasi gambar. Sebaiknya artikel atau konten apapun yang di unggah memerlukan gambar yang di optimalkan untuk SEO.

Optimasi gambar yang dapat di lakukan dimulai dengan menskalakan gambar dengan benar. Memperhatikan alt text yang di gunakan, dan mengompresi gambar.

2. Pilih Hosting yang Tepat

Memilih hosting yang tepat merupakan salah satu cara mempercepat loading web. Sekadar informasi, hosting merupakan layanan online yang menyediakan pengelolaan data situs atau aplikasi berbasis web yang kemudian di tampilkan pada layar pengguna melalui internet.

Jika Anda tidak menggunakan hosting berkualitas tinggi, web tidak akan bisa lebih cepat. Oleh karena itu cobalah untuk menggunakan layanan cloud hosting dengan standar kecepatan tinggi dan fitur yang beragam, mulai dari cPanel, LiteSpeed ​​​​​​​​Enterprise, Time Machine Backup, Softaculous dll.

3. Mengoptimasi Tema Web

Cara lain untuk meningkatkan kecepatan loading web adalah optimasi tema web. Tidak banyak pemilik web yang memilih tema web yang mampu menarik perhatian pengunjung, dan terkadang tanpa kita sadari, kita memilih tema web hanya dari segi visual saja.

Padahal tema tersebut juga mempengaruhi kecepatan loading web kita. Menggunakan tema yang tepat dapat mempercepat WordPress. Tema dengan lebih banyak fitur dan pilihan dapat membuat proses penyesuaian desain Anda lebih mudah.

Namun server dan browser akan bekerja lebih keras. Beberapa tema WordPress berukuran megabyte. Hal ini tentu akan menambah waktu loading web.

Meskipun Anda tidak menggunakan beberapa fitur yang tersedia, namun fitur tersebut akan memperlambat web. Jika Anda merasa nyaman dengan coding, maka dapat memilih tema dengan pilihan yang lebih sedikit namun dapat membantu web memuat lebih cepat.

4. Kontrol Plugin yang Digunakan

Cara lain untuk mempercepat loading web Anda adalah dengan mengontrol jumlah plugin yang Anda gunakan. Sebelum memasang plugin, pikirkan lagi apakah Anda benar-benar membutuhkan plugin tersebut.

Karena memiliki terlalu banyak plugin tidak secara langsung mempengaruhi kecepatan web Anda. Tetapi juga meningkatkan risiko pemasangan plugin yang berdampak buruk. Pastikan plugin tersebut di optimalkan untuk versi WordPress yang Anda gunakan.

Ada baiknya jika Anda melakukan riset sebelum menginstal sebuah plugin. Terutama jika plugin itu memiliki rating rendah.

Ini mungkin merupakan tanda bahwa plugin tersebut tidak di kembangkan dengan benar dan bisa memperlambat web. Jangan lupa untuk memperbarui plugin yang Anda gunakan untuk memastikan Anda memiliki fitur dan patch keamanan terbaru.

5. Lakukan Caching Pada Web

Caching merupakan cara optimasi web yang efektif untuk mempercepat web, terutama untuk situs yang sudah memiliki trafik banyak. Setiap kali halaman WordPress di muat, data diambil dari database dan file CSS.

Informasi ini kemudian di gabungkan dengan file HTML yang dapat dimuat pada browser pengunjung, namun membutuhkan waktu lumayan lama. Dengan caching, Anda dapat menyimpan file HTML agar segera tersedia bagi pengunjung lain, yang tentunya akan membantu mengurangi waktu pemuatan.

Bagi pengguna WordPress, Anda bisa menggunakan plugin ini. Anda dapat membaca ulasan dan cara kami tentang beberapa plugin caching untuk WordPress, seperti W3 Total Cache, WP Super Cache, dan WP Fastest Cache.

6. Lakukan Maintenance Web Secara Berkala

Maintenance atau pemeliharaan web merupakan hal yang penting dilakukan untuk meningkatkan kecepatan loading web. Dengan pemeliharaan web secara berkala, maka dapat menjaga kinerja web Anda tetap stabil. Beberapa web maintenance yang dapat dilakukan adalah:

  • Selalu memperbarui WordPress dan plugin
  • Hapus hasil edit sebelumnya
  • Hapus komentar spam

7. Kontrol Jumlah Revisi Setelah Disimpan

Jika Anda merevisi postingan di WordPress, maka WordPress akan menyimpan semua revisi yang Anda lakukan pada proyek tersebut. Tidak peduli berapa kali Anda merevisi sebuah proyek, WordPress tetap menyimpannya.

Setelah postingan di publikasikan, Anda jelas tidak memerlukan revisi tersebut lagi, bukan? Untuk menghindari membanjiri web dengan hasil revisi ini, Anda dapat mengontrol jumlah versi yang ingin Anda simpan.

Anda dapat menggunakan plugin Revision Control. Dengan plugin ini Anda dapat mengontrol berapa banyak salinan yang ingin Anda simpan.

8. Optimalkan Widget yang Anda gunakan

Selain optimalisasi gambar dan tema, peningkatan kecepatan loading web juga harus di lakukan dengan optimalisasi widget yang digunakan. Harap di catat bahwa beberapa widget perlu memuat JavaScript atau CSS saat di tampilkan. Hal ini biasa terjadi pada widget Facebook, Twitter, dan Google+.

9. Perbarui Versi CMS

Mengubah CMS ke versi terbaru juga penting untuk mempercepat loading web. Jika CMS Anda masih menggunakan Editor Klasik, maka dapat beralih ke versi Gutenberg dengan mengklik opsi “Menulis” pada Pengaturan di bilah menu, lalu mengubah opsi editor default dari Classic Editor menjadi Block Editor.

10. Optimasi Database

Cara mempercepat loading web yang terakhir adalah dengan mengoptimasi database. Setelah menggunakan WordPress untuk beberapa waktu, database Anda akan memiliki banyak informasi yang tidak lagi Anda perlukan.

Untuk mempercepat situs WordPress Anda, maka dapat mengoptimalkan database Anda untuk membuang semua data yang tidak di perlukan. Ini dapat dengan mudah di lakukan dengan plugin WP-Sweep.

Ini memungkinkan Anda membersihkan database WordPress dan menghapus hal-hal seperti postingan, pengeditan, tag yang tidak di gunakan, dan banyak lagi. Ini juga mengoptimalkan struktur database Anda dengan satu klik.

Penutup

Dengan cara ini Anda dapat mempercepat loading web. Namun pada dasarnya, Anda perlu memberikan pengalaman web terbaik bagi pengunjung Anda. Apalagi jika mereka baru mengetahui identitas Anda melalui web.

Karena jika tidak, maka mereka tidak akan pernah mengakses web Anda. Dan mereka akan mencari web lain yang lebih cepat. Dari semua penjelasan di atas mengenai 10 cara mempercepat loading web, dapat di simpulkan bahwa cara ini sangat di butuhkan dan harus Anda lakukan jika ingin web Anda diakses oleh orang-orang.

Baca Juga