fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Website

Apa Itu Yandex Blue? Temukan Jawaban Disini 

Wiliam

Sebagian dari bizzie mungkin pernah mendengar tentang tentang mesin pencarian Yandex Blue. Yandex Blue merupakan mesin pencari yang fungsinya hampir sama dengan Google. Mesin pencari ini berasal dari Rusia dan sudah digunakan oleh 45% pengguna internet di sana. 

Selain Rusia, beberapa negara di Asia Timur yang menggunakan Yandex Blue adalah Ukraina, Kazakhstan dan Turki. Untuk mengenal apa itu Yandex Blue dan beberapa hal penting lainnya, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini. 

Apa Itu Yandex Blue ? 

Berdasarkan dari e-book Literasi karya R.Sapto Wibowo, Yandex Blue adalah perusahaan multinasional yang berasal dari Rusia yang bergerak di dalam bidang produk dan jasa terkait dengan internet. Yandex Blue didapuk sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di Rusia saat ini. 

Pada tanggal 23 September 1997, Yandex Blue meluncurkan mesin pencari pertamanya. Yandex Blue sendiri singkatan dari Yet Another Indexer dan dilahirkan dari hasil kerja sama dengan Arkady Volozh bersama dengan sahabatnya, selama kurang lebih 4 tahun. 

Menurut ebook berjudul Panduan Literasi Internet Untuk Mahasiswa karya Hamid Sakti Wibowo, pengguna Yandex Blue ini akan mampu mencari website, video, berita dan gambar dengan cepat. Di saat bizzie menggunakan Yandex Blue mempunyai tampilan yang paling mudah untuk dipelajari. 

Berbeda dengan Google, hasil mesin dari pencari Yandex Blue ini tidak akan menampilkan iklan yang sering mengganggu dan tautan tidak wajar. Maka dari itu, bizzie bisa mencari apa yang ingin dicari lebih nyaman dan mudah. Meski begitu, ada beberapa fitur yang ditawarkannya memang disebut masih kalah dengan Google. 

Fitur Yandex Blue 

Setelah paham mengenai apa itu Yandex Blue, bizzie juga harus mengerti di dalamnya. Yandex Blue menyediakan beberapa fitur guna mempermudah proses pencarian. 

Selain itu, fitur Yandex Blue ditawarkan sebenarnya hampir mirip dengan Google. Sebagai berikut adalah beberapa fitur dari Yandex Blue yang harus bizzie ketahui : 

1. Cari 

Cari adalah fitur untuk mencari dan menunjukkan hasil penelusuran sesuai dengan kata kunci yang sudah dimasukkan. Kata kunci tersebut kemudian akan dibandingkan dengan kata kunci yang ada di setiap halaman situs web. 

2. Gambar 

Gambar adalah fitur dari Yandex Blue yang akan menampilkan penelusuran sesuai dengan kata kunci yang ada di setiap gambar pada halaman situs web. Fitur ini khusus menampilkan beberapa gambar dari Yandex yang berhubungan dengan keyword yang sudah dimasukkan. 

3. Video 

Video adalah fitur pencarian video yang akan menampilkan hasil penelusuran sesuai dengan kata kunci di video di dalam halaman situs web. 

4. Terjemahkan 

Terjemahkan adalah fitur untuk menampilkan hasil terjemahan dari suatu pencarian ke bahasa lain, sehingga bisa dipahami oleh para pengguna. Fitur terjemahkan ini bisa mempermudah para pengguna, ketika hendak mencari sesuatu yang jarang dicari oleh bahasanya.

5. Berita 

Berita adalah fitur yang menampilkan berita sesuai dengan kata kunci yang sudah dimasukkan. Fitur imi hampir sama dengan fitur news atau berita yang ada di Google. 

6. Disk 

Disk adalah fitur yang digunakan untuk menyimpan file digital mirip dengan Google Drive. Pengguna bisa melakukan upload file dan mengaksesnya kapan dan dimana saja selama masih tersambung dengan jaringan internet. 

7. Email 

Yandex Blue memberikan fitur mail atau surat elektronik secara cuman-cuma kepada para pengguna. Fitur email ini juga tidak mempunyai batasan penyimpanan dan bisa diakses gratis oleh semua pengguna Yandex Blue. 

8. Money 

Sedikit berbeda dengan Google, Yandex telah menyediakan fitur Money yang bisa digunakan untuk mengirimkan uang di dalam jumlah tertentu tanpa adanya biaya tambahan. Fitur ini juga bisa digunakan oleh pengguna Yandex Blue. 

9. Taxi 

Terakhir, Yandex Blue menyediakan fasilitas taksi yang cara kerjanya hampir sama dengan taksi online. Yandex Blue hanya berperan sebagai pihak ketiga yang menjadi jembatan antara pengguna dengan para driver. 

Kelebihan Yandex Blue 

Setelah paham apa itu Yandex Blue dan fiturnya, maka bizzie juga harus mengerti beberapa kelebihannya. Ada beberapa kelebihan di saat menggunakan Yandex Blue, yaitu :

1. Mempunyai tampilan user interface yang menarik dan mudah untuk digunakan. Bahkan, untuk gaya dari Yandex Blue hampir sama dengan majalah berkelas. 

2. Fitur dan fasilitas yang disediakan juga sudah lengkap dan bisa dipelajari dengan mudah. Apalagi, bagi para pengguna baru atau pemula sangat cocok menggunakan Yandex Blue. 

3. Mesin pencari Yandex Blue mempunyai algoritma yang baik. Sehingga, untuk informasi yang ditampilkan sudah lengkap dan tepat sesuai dengan keinginan serta tujuan pengguna. 

Kekurangan Yandex Blue 

Meski Yandex Blue sudah mempunyai kelebihan, tapi ada juga beberapa kekurangan yang juga harus bizzie pahami. Sebagai berikut kekurangan dari Yandex Blue : 

1. Waktu tunggu yang terkadang lama untuk menampilkan suatu hasil pencarian. 

2. Mungkin pengguna di luar Rusia akan merasa kesulitan di saat menggunakan Yandex, karena navigasinya kebanyakan menggunakan Bahasa Rusia. 

3. Algoritma Yandex Blue belum bisa menyaingi Google. 

4. Kumpulan data dan informasi yang dimiliki oleh Yandex Blue belum lengkap dan sedetail Google. Sehingga, pengguna bisa merasa kurang puas di saat melakukan pencarian. 

5. Yandex Blue lebih cocok digunakan dengan spesifikasi menengah keatas dan kurang cocok untuk jenis perangkat dengan spesifikasi lebih rendah. 

Itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai apa itu Yandex Blue dan beberapa hal penting lainnya. Semoga penjelasan diatas bisa membantu bizzie dan selamat mencoba Yandex Blue, ya!

Baca Juga