fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Website

8 Web Belajar Coding Bahasa Indonesia Gratis 2023

Wiliam

Belajar coding sekarang menjadi salah satu kegiatan yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat, khususnya milenial. Berbagai bisnis dan perusahaan mulai menyadari pentingnya mempunyai website profesional atau aplikasi sendiri. Permintaan tenaga profesional untuk programmer maupun web developer kini terus meningkat.

Bizzie juga pasti sudah pernah kepikiran untuk belajar coding, ya tidak? Berbagai jenis aktivitas menjadi sangat terbantu dengan adanya website dan aplikasi. Contohnya, adalah aplikasi Gojek dan Grab yang bisa membantu bizzie di dalam memesan berbagai layanan secara online.

Seperti yang diketahui, website dan aplikasi ini dibuat dari coding. Nah, di dalam kesempatan kali ini akan membahas berbagai web belajar coding bahasa Indonesia gratis. Bagi yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

8 Web Belajar Coding Bahasa Indonesia Gratis

Sebagai berikut 8 web belajar coding bahasa Indonesia gratis yang bisa bizzie pilih dan gunakan :

1. Codecademy

Codecademy merupakan web belajar coding bahasa Indonesia gratis yang sudah populer di kalangan programmer pemula. Website ini memberikan penawaran berbagai kursus interaktif yang membantu para pengguna di dalam belajar bahasa pemrograman, seperti Python, JavaScript, HTML, CSS dan lain-lain.

Dengan memadukan pembelajaran teori maupun praktik, Codecademy memberikan pengalaman belajar yang sangat menyenangkan. Setiap kursusnya dilengkapi dengan video tutorial, platform dan proyek akhir untuk menguji pemahaman para pengguna.

Selain itu, ada juga forum komunitas yang membantu bizzie untuk saling berbagi pengetahuan dan mengatasi kesulitan didalam belajar coding. Adanya fitur yang bisa diakses secara online, membuat Codecademy sangat cocok digunakan oleh siapa saja yang ingin belajar coding.

2. Coursera

Coursera merupakan web belajar coding bahasa Indonesia gratis secara online. Dengan ratusan kursus yang ditawarkan oleh universitas terkemuka di dunia, Coursera memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk mengembangkan keterampilan di dalam coding.

Melalui pengajaran yang interaktif, Coursera membantu para pesertanya untuk belajar coding secara efektif. Selain itu, Coursera juga menyediakan sertifikat yang sudah diakui oleh industri sehingga bisa memperkuat reputasi di dalam dunia kerja. Dengan akses online yang sangat fleksibel, Coursera merupakan pilihan yang tepat untuk belajar coding.

3. CodeWars

CodeWars adalah website belajar coding interaktif yang memberikan penawaran latihan coding sangat menantang. Di dalam website ini, para pengguna bisa memilih tantangan coding dari berbagai level kesulitan.

Tantangan ini dirancang khusus untuk menguji dan meningkatkan keterampilan pemrograman melalui beberapa solusi kode yang efisien. Para pengguna juga bisa melihat solusi dari pengguna lain di kolom komentar.

CodeWars ini menjadi pilihan yang paling tepat untuk para pengembang perangkat lunak. Bahkan, untuk bizzie yang ingin belajar berbagai algoritma dan metode pemrograman langsung saja memilih CodeWars.

4. Udemy

Udemy merupakan website yang menyediakan kursus coding secara online. Selain itu, Udemy juga dijadikan sebagai website online terbesar secara global. Ada ribuan kursus coding yang dirancang oleh instruktur ahli di berbagai bidang.

Para pengguna bisa belajar coding dari nol maupun meningkatkan kemampuan di dalam Udemy. Dengan adanya Udemy, maka belajar coding bisa lebih mudah diakses dan fleksibel.

Alasannya, karena para pengguna bisa belajar kapan dan dimana sesuai dengan kebutuhan. Lebih menariknya lagi adalah Udemy memberikan sertifikat kepada para peserta yang berhasil menyelesaikan kursus.

5. HackerRank

HackerRank merupakan website belajar coding yang sangat populer. Website ini menawarkan berbagai macam tantangan dan latihan coding yang dirancang untuk membantu para pengguna di dalam meningkatkan keterampilan.

Dengan berbagai bahasa pemrograman yang didukung, maka pengguna diberikan kesempatan untuk belajar dan menguji pengetahuan di dalam coding. Selain itu, ada juga konteks dan event coding yang memungkinkan para pengguna untuk bersaing dengan web developer di seluruh dunia.

Dari fitur yang lengkap dan berbagai perlombaan menarik, HackerRank menjadi pilihan paling tepat. Bahkan, untuk meningkatkan kemampuan coding di HackerRank ini bisa lebih menyenangkan.

6. W3Schools

W3Schools adalah web belajar coding bahasa Indonesia gratis dengan panduan paling lengkap. Website ini sangat berguna bagi bizzie yang ingin belajar coding secara online.

Di dalam W3Schools, bizzie bisa menemukan tutorial yang lengkap dan mudah dipahami. Misalnya, HTML, CSS, JavaScript dan masih banyak lainnya lagi. Melalui situs ini, bizzie bisa belajar secara mandiri dengan mengikuti beberapa langkah yang dijelaskan dengan jelas dan disertai dengan kode di setiap tutorialnya.

7. Free Code Camp

Free Code Camp merupakan website belajar coding yang sudah sangat populer. Di dalam Free Code Camp, bizzie bisa belajar berbagai bahasa pemrograman seperti HTML, JavaScript, CSS dan lain-lain.

Tidak hanya itu, bizzie juga bisa mempelajari beberapa konsep dasar tentang pemrograman dan membantu di dalam mengembangkan keterampilan coding dari beberapa proyek gratis. Bahkan, Free Code Camp juga memberikan sertifikasi yang bisa meningkatkan kredibilitas sebagai seorang pengembang software. Dengan komunitas yang ramah dan berbagai pengetahuan, Free Code Camp merupakan tempat ideal bagi siapa saja ingin memulai datau meningkatkan keterampilan coding secara gratis.

8. eDX

eDX adalah websits belajar coding yang diekmbangkan oleh Massachusetts Intitute of Technology (MIT). Website ini menawarkan berbagai program kursus secara online yang mencakup berbagai topik, termasuk pemrograman dan pengembangan aplikasi.

Para peserta juga bisa mengakses kursus yang diajarkan oleh para ahli di dalam bidangnya. Website ini menjadi tempat populer bagi bizzie yang ingin belajar coding secara mandiri dan meningkatkan keterampilan di dalam teknis.

Nah, itulah 8 web belajar coding bahasa Indonesia gratis yang bisa bizzie pilih. Semoga informasi diatas bisa membantu.

Baca Juga