fbpx

Tips Memilih Hosting yang Baik untuk Website Anda

Layanan merupakan rumah untuk website Bizzie di . Untuk itu, diperlukan kehati-hatian dalam memilih hosting terbaik untuk keberhasilan website. Berbagai macam hal harus diperhatikan agar tidak salah pilih. Nah, dalam kali akan dibahas beberapa tips memilih web hosting terbaik. Apa saja? Simak ulasan berikut sampai selesai ya.

1. Pahami kebutuhan Website Anda

Sebelum memilih hosting yang akan digunakan, Anda harus tahu kebutuhan seperti apa yang diperlukan website. Karena, setiap web memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hal hosting ini. Fokuslah pada apa yang menjadi prioritas utama Bizzie.

Sebagai pedoman, beberapa poin pertanyaan di bawah ini bisa menjadi salah satu cara dalam menentukan hosting terbaik untuk website Anda nantinya:

  • Apakah website Bizzie ini akan dikunjungi banyak orang? (seperti contohnya pada marketplace dan berita)
  • Seperti apa layanan yang Anda butuhkan?
  • Apakah Anda memerlukan backup data secara berkala?
  • Butuhkan Anda technical support yang aktif selama 24 jam melalui live chat juga telepon?

Pertanyaan di atas bisa membantu Anda dalam melihat layanan hosting yang dibutuhkan. Setelah semua sudah terjawab, sekarang saatnya mencari rekomendasi di . Terdengar simple mungkin, namun pada kenyataannya banyak orang yang kadang merasa kebingungan. Hal ini dikarenakan banyaknya rekomendasi menawarkan banyak fitur yang dibutuhkan.

2. Cek Kualitas Performa Server

Setelah langkah pertama diatas dilakukan, selanjutnya Bizzie harus mengetahui kualitas server sebuah layanan hosting sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan. tahap ini wajib dilakukan agar tak menghambat kesuksesan karena website sulit diakses atau berbagai permasalahan teknis hosting lainnya.

Dalam menilai performa server sendiri ada banyak parameter yang bisa digunakan. Seperti misalnya, lokasi server. Perlu Anda ketahui jika tidak ada lokasi server yang lebih baik dari negara yang menjadi tempat website Anda berada. Jika ingin membuat website yang calon pengunjungnya orang Indonesia, maka sebaiknya gunakan server website yang lokasinya juga ada di Indonesia.

Baca Juga :  Apa itu Feed Instagram? Pengertian dan Ukurannya

Setelahnya, Bizzie juga perlu memperhatikan spesifikasi server yang terletak di data center penyedia layanan hosting yang dipilih. Adapun spesifikasi ini meliputi:

  • Teknologi yang digunakan server
  • Kecepatan processor (jenis dan jumlah core yang digunakan)
  • Kapasitas RAM
  • Hardisk yang digunakan
  • Network speed

Baca Juga : Cara Kerja Shared Hosting, Kelebihan & Kekurangannya

3. Pilihlah CS Layanan Hosting yang Siap 24 Jam dan Berkualitas

Sebelum menjatuhkan pilihan, Anda juga harus mengetahui dan memilih layanan hosting yang menyediakan customer support yang siap 24 jam dan tentunya berkualitas. Idealnya, CS ini harus tersedia selama 24 jam dan siap kapanpun Anda butuh bantuan. Bukan hanya siap respon, namun juga mampu menyelesaikan segala permasalahan yang mungkin muncul saat website berjalan.

Perhatikan pula bagaimana cara yang bisa Anda lakukan untuk menghubungi mereka. Layanan hosting terbaik dan berkualitas tentu memiliki banyak cara dan media untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Seperti misalnya melalui: tiket bantuan, panggilan telepon, live chat, hingga email.

4. Cek Harga Paketnya

Selanjutnya Anda harus mengecek yang ditawarkan web hosting yang akan dipilih. harga yang dibayarkan pada dasarnya sesuai dengan pakate serta layanan yang Anda gunakan. Cobalah bandingkan rincian spesifikasi dan jenis paket antar layanan hosting yang tersedia beserta harga yang ditawarkan.

Layanan yang menawarkan harga lebih tinggi biasanya menyediakan performa layanan yang lebih baik. Seperti contohnya layanan yang memiliki kisaran harga yang lebih tinggi dibandingkan paket . Layanan VPS ini menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan yang unlimited. Dengan begitu, performa website Anda juga menjadi lebih baik.

5. Pastikan Ada Garansi Uang Kembali

Garansi uang kembali adalah fasilitas terbaik yang diberikan sebuah perusahaan hosting kepada pelanggannya. Hal ini dilakukan tak lain untuk menjamin kepuasan Anda sebagai customer. Hampir setiap layanan hosting memiliki kebijakan garansi uang kembali ini. Perbedaan ya mungkin terletak pada syarat dan ketentuan yang diberlakukan.

Baca Juga :  Praktis dan Mudah! Begini Cara Setting Yoast SEO yang Bisa Kalian Coba!

Pastikan untuk memilih layanan dengan syarat serta ketentuan yang tidak merugikan. Anda setidaknya harus mengetahui hal berikut:

  • Seperti apa sistem pengembalian uangnya?
  • Berapa jumlah yang nanti akan didapatkan berapa lama waktu yang diperlukan agar uang bisa kembali?

Jika keterangan yang ditampilkan ada yang tidak dimengerti, Bizzie wajib menanyakannya pada penyedia layanan hosting yang dipilih. Jika tak mendapatkan penjelasan, lebih baik untuk berpindah ke layanan lain yang mampu merespon segala pertanyaan dengan baik.

6. Cek Fitur Tambahan yang Ditawarkan

Diluar fitur utama yang menjadi fasilitas web hosting, Anda juga harus memperhatikan fitur tambahan yang ditawarkan. Beberapa layanan bahkan menyediakan banyak fitur tambahan untuk memuaskan pelanggan. Salah satu fitur yang wajib anda cari adalah terkait proteksi dan juga keamanan website saat menggunakan layanan dari mereka.

Seperti contohnya Bizzi merasa khawatir jika terjadi masalah spam dan lainnya di website yang dikelola. Carilah layanan hosting yang menyediakan fitur proteksi dari spam dan juga Spam Expert. Ada beberapa tool yang bisa digunakan terkait keamanan server ini agar terhindar dari serangan hacker, malware, maupun botnet.

7.  Cek Review Pelanggan Lain

Pendapat orang lain yang sudah pernah menggunakan layanan yang akan Anda pilih, jangan lupa untuk mengecek testimoni dari orang lain. Pentingya melakukan tips diatas dan mengecek review dari orang lain bisa menghindarkan Anda dari kesalahan dalam memilih layanan hosting.

Banyak sumber yang bisa diteliti untuk menemukan review, seperti misalnya , forum, dan lainnya gunakan mendapatkan ulasan mengenai layanan hosting yang akan dipilih jangan lupa untuk membaca sumber atau blog yang terpercaya agar mendapatkan gambaran mengenai performa layanan hosting yang lebih objektif.

Baca Juga : Cara Membuat Web Hosting yang Mudah dan Cepat