fbpx

Cara Kerja Shared Hosting, Kelebihan & Kekurangannya

Jika Anda masih pemula, Anda wajib tahu cara shared hosting agar tetap aman dari pencurian data maupun gangguan pada .

Shared hosting atau hosting bersama akan membagi sumber daya server dan ruang dalam drive ke banyak website. Perannya pun sangat penting dalam berjalannya hosting.

Untuk memahami hal ini, berikut akan kami jelaskan urutan cara kerja shared hosting untuk membagi server bersama.  

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

kelebihan dan kekurangan shared hosting

Shared hosting adalah salah satu jenis web hosting yang banyak pengguna pakai karena harganya yang murah dan tidak merepotkan dalam mengurus server.

Fungsi shared hosting adalah membagi sumber daya dan ruang penyimpanan server yang tersedia oleh provider hosting untuk banyak pengguna website yang berlangganan.

Sebelum memahami cara kerja shared hosting, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan shared hosting berikut ini penjelasannya:

Kelebihan 

Kelebihan menggunakan shared hosting antara lain:

1. Pengguna Bisa Fokus Mengelola Website

Anda tidak perlu repot mengelola hosting maupun server karena semua telah tersedia dari pihak provider. Anda sebagai pemula pun dapat lebih fokus untuk mengelola website beserta isi kontennya.

Begitupun terkait urusan maintenance atau perawatan server. Karena provider hosting telah mengendalikan ini secara penuh.

Baca Juga :  Cara Jitu Belajar Web Design Untuk Pemula

Hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah ketika website mengalami kenaikan pengunjung sehingga perlu meng- layanan hosting menuju level yang lebih tinggi.  

2. Harga murah dan Cocok untuk Web bisnis atau Blog

Harga shared hosting sangat cocok bagi Anda yang memiliki budget minim karena tergolong sangat murah. Hal ini cocok bagi seorang pemula yang baru akan memulai menjalankan website atau .

3. Akses ke Control Panel

Anda dapat memiliki akses ke dengan pengoperasian yang tidak terlalu sulit. Nantinya Anda dapat memanfaatkan berbagai macam fitur seperti upload file, install CMS, mengelola , dan berbagai aktivitas lainnya.

Kekurangan

Meski banyak kelebihannya, namun Anda juga wajib mewaspadai kekurangan yang dimiliki shared hosting, antara lain:

1. Kontrol Server Terbatas

Akses pengguna terhadap server akan lebih terbatas karena tidak tersedianya banyak ruang bagi user access.

2. Berpotensi Mengalami Gangguan (crash)

Jika server mengalami gangguan atau down, dapat berpengaruh kepada banyak pengguna website yang berlangganan. Hal ini akan mempengaruhi kerentanan website.

3. Kurang Aman

Karena hosting ini dipakai banyak pengguna secara luas dalam satu server, hal itu berpotensi terjadi penyalahgunaan akses pada fitur-fiturnya. Hal ini memungkinkan server akan bermasalah di kemudian hari.

4. Tidak Dapat Memakai Banyak Aplikasi dalam Waktu Bersamaan

Jika memakai layanan shared hosting, Anda tidak dapat menjalankan atau lainnya selain yang berasal dari provider hosting. Jika hal itu terjadi, pengguna lain dapat merasakan dampaknya.

5. Ruang Penyimpanan File Terbatas

Ada keterbatasan dalam ruang server karena harus berbagi dengan pengguna yang lain dalam fasilitas hosting yang sama.

Cara Kerja Shared Hosting

Cara kerja shared hosting

Urutan cara kerja shared hosting berawal dari pendaftaran ke pihak penyedia jasa hosting.

Setelah Anda mendaftarkan website atau domain Anda pada penyedia jasa shared hosting maka Anda akan mendapatkan space server untuk menyimpan seluruh data.

Baca Juga :  5 Cara Mengganti Password Wifi Dengan Mudah

Namun server yang Anda pakai akan berbagi dengan pengguna lain mulai dari ruang drive yang tersedia, RAM hingga kecepatan pemrosesan yang sama.

Hosting ini menggunakan mesin sejenis server khusus namun dengan sumber daya yang digunakan oleh banyak klien. Semua akun di server bersama akan  berbagi sumber daya komputasi server web.

Meski berbagi, setiap file pengguna situs web atau aplikasi akan tetap tersimpan secara terpisah di server dan masing-masing memiliki pohon direktori file sendiri.

Pengguna hanya dapat mengakses ke control panel website mereka untuk mengelola email, install CMS, upload file, dan berbagai aktivitas lainnya.

Bagi Anda yang ingin menggunakan shared hosting, Anda dapat memesan ke Dewabiz sebagai salah satu provider hosting termurah dan terbaik di Indonesia.Dengan memahami penjelasan di atas, kini Anda tahu bagaimana cara kerja shared hosting. Selamat mencoba!