fbpx

Cara Membuat Web Hosting yang Mudah dan Cepat

Cara membuat web hosting untuk keperluan pengembangan website Anda tidaklah sulit.

Anda hanya perlu mendaftarkan Anda ke jasa penyedia web hosting dan memantau perkembangan yang datang ke situs Anda.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah penjelasan mengenai cara membuat web hosting gratis untuk mengoptimalkan website bisnis Anda.

Jenis-jenis Web Hosting

jenis-jenis web hosting

Secara definisi, web hosting adalah layanan untuk menyimpan keperluan data ketika membangun website. Anda dapat menyewa jasa hosting maupun membuat secara mandiri.

Namun sebelum membuat hosting berbasis web ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu lima jenis web hosting:

1. Shared Web Hosting

Layanan hosting bersama dapat menjadi pilihan yang ekonomis ketika budget Anda pas-pasan. Meski begitu, kemungkinan gangguan pada server lebih besar terjadi karena dalam satu server yang sama terdapat banyak pengguna.

2. Virtual Private System (VPS)

mirip dengan layanan hosting bersama. Namun server akan menyimpan file Anda di ruang khusus tanpa perangkat fisik dan dengan sumber daya khusus. Biaya sewa VPS pun lebih tinggi daripada hosting Bersama.

3. Dedicated Web Hosting

Server khusus untuk setiap pengguna yang dapat mencegah website Anda dari risiko keamanan seperti yang terjadi di layanan hosting Bersama. Namun layanan ini membutuhkan manajemen dan pemeliharaan rutin untuk memantau perkembangan website sehingga biayanya pun lebih besar.

Baca Juga :  Cara Nonaktifkan Komentar Wordpress

Langkah-langkah Membuat Web Hosting

Cara Membuat web hosting

Untuk membuat web hosting, Anda dapat menyewa dari jasa penyedia komputasi web maupun secara mandiri di rumah.

Anda dapat melakukan Langkah berikut ini untuk membuat hosting berbasis web dengan bantuan penyedia jasa komputasi web:

1. Mendaftarkan Domain Website

Langkah pertama, Anda perlu mendaftarkan domain website untuk mendapatkan sejumlah fasilitas web hosting yang tersedia.

Tujuannya untuk memilih nama unik pada website Anda agar memudahkan dalam mengingat alamat IP yang terdiri dari rangkaian angka. 

2. Mendaftarkan Nameserver (DNS)

Nameserver adalah perantara yang mengarahkan pengunjung situs ke alamat IP atau domain yang benar. 

3. Web hosting

Anda perlu mendaftarkan file dan data website ke server yang telah Anda dapatkan. Server akan menyimpan file dan data tersebut untuk sewaktu-waktu diberikan kepada pelanggan yang mengakses website Anda.

Cara Membuat Web Hosting Gratis

Cara Membuat web hosting gratis

Proses web hosting berkaitan dengan penyimpanan dan transfer data dari server ke website Anda. Selain menyewa ke jasa penyedia web hosting, berikut ini cara membuat web hosting gratisan yang bisa Anda coba sendiri.

1. Lakukan Instalasi Server WAMP

Langkah pertama adalah menjadikan PC yang tidak terpakai sebagai server hosting dengan dibantu oleh WAMP seperti Windows Apache, PHP, atau MySQL.

Kunjungi salah satu situs aplikasi WAMP di atas dan kemudian mengunduhnya sesuai dengan bit komputer Anda, apakah yang 64 bit atau 32 bit.

2. Menguji Server WAMP

Setelah membuat server WAMP yang berkinerja baik, langkah selanjutnya adalah menguji apakah semuanya berjalan dengan semestinya atau tidak. 

Cara menguji file PHP adalah memasukkannya pada direktori yang telah Anda buat sebelumnya. Lalu buka notepad pada Windows dengan mengetikkan logika test: PHP Test

Baca Juga :  Produk Jualan Online Terlaris 2022, Paling Banyak Dicari!

3. Mengonfigurasi Database MySQL

Lalu susun konfigurasi database MySQL untuk mengorganisir data ke website Anda sehingga nantinya dapat mengirimkannya dengan cepat dalam sistem.

4. Meng-online-kan Website

Atur komputer Anda agar dapat mengakses website dengan mengubah logika dari require local ke require all granted. Selanjutnya, restart server WAMP agar perubahan yang Anda lakukan dapat terlihat.

5. Memberikan Nama Domain

Terakhir, berikan nama domain sebagai branding website Anda. 

Itulah cara membuat web hosting yang dapat Anda lakukan sendiri maupun berlangganan dengan provider. Jika pusing membuat hosting Anda sendiri, lebih baik segera berlangganan paket web hosting terbaik dan termurah di Indonesia, hanya di .com.

Dapatkan promo berlangganan Rp75.000 per tahun dan diskon hingga 75% untuk perpanjang sewa hanya di Dewabiz.com. Syarat dan ketentuan berlaku. Yuk segera berlangganan!