fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Spesifikasi Laptop untuk Desain Grafis: Berapa Kapasitas RAM yang Sesuai?

Wiliam

Laptop desain grafis membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi daripada laptop biasa. Salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah ruang penyimpanan atau kapasitas RAM.

Maka dari itu, bizzie tidak menyamakan spek laptop untuk desain grafis dengan device biasa. Ada perbedaan mencolok diantara keduanya yang mempunyai pengaruh kuat di dalam hal performa.

Disini bizzie akan menjelaskan, seperti pengaruh RAM kemudian spesifikasi detailnya. Tujuannya sederhana agar bizzie tidak sampai salah membeli, karena spesifikasi kurang jelas akan membuat kinerja lebih terbatas.

Memang perlu diketahui untuk kebutuhan seorang para desainer grafis digital perlu menggunakan RIG mumpuni. Jika hanya setengah hati saja di dalam mencari device, jelas akan mempersulit diri sendiri karen RIG tidak bisa digunakan secara optimal.

Berapa RAM yang Dibutuhkan untuk Desain Grafis ?

Banyak orang penasaran dengan pertanyaan berapa RAM yang dibutuhkan untuk laptop desain grafis? Ketika ada yang berbicara minimal 16GB, maka sudah lebih ideal untuk digunakan untuk menyelesaikan proses tersebut.

Namun, di laptop desain grafis selain RAM fisik bizzie juga butuh VRAM yang dihasilkan oleh grafis onboard di device. Sebagai catatan, apabila device tidak mempunyai kartu device atau GPU maka kinerja akan tertahan.

Peran dari GPU adalah membantu stimulasi sekaligus memproses segala bentuk vektor. Tanpa adanya GPU, maka beban kerja semuanya akan ditumpahkan pada CPU dan notabene tidak difokuskan di dalam kerja tersebut.

CPU mempunyai fungsi lebih umum, sehingga dalam menyelesaikan task berkaitan dengan vektor cukup kesulitan. Sedangkan, di saat bizzie menggunakan CPU dia lebih jauh spesifik mempunyai kapabilitas tersebut.

Jadi, laptop desain grafis tidak hanya penting di bagian RAM saja namun juga VRAM agar performanya lebih optimal. Jangan sampai tergiur, karena mempunyai RAM 32GB tapi tidak ada GPU.

Sekarang banyak laptop mahal, tapi tidak mempunyai GPU dan menggunakan embedded saja. Hasilnya jelas pengguna akan mengalami bottlenecking dan kinerjanya sangat buruk.

Spek Laptop untuk Desain Grafis

Di kesempatan kali ini akan membahas lebih fokus  dan dalam mengenai spek laptop untuk desain grafis. Sebagai berikut beberapa daftar spek laptop untuk desain grafis :

1. Prosesor dengan kecepatan minimal Intel Core i5 atau i7

Berkaitan dengan prosesor sebenarnya spek laptop untuk desain grafis itu sangat fleksibel. Bisa saja, bizzie menggunakan core i3 selama menggunakan chip generasi keluaran terbaru minimal 12.

Namun hal tersebut kurang ideal, sebaiknya bizzie menggunakan Intel Core i5 atau i7 generasi ke 12. Itu akan membuat performa lebih jelas sempurna di saat bizzie gunakan untuk berbagai macam kegiatan, misalnya rendering.

Untuk laptop desain grafis sendiri jumlah corenya tidak terlalu penting, selama multitasking masih bisa dikerjakan. Karena kebutuhan lebih utama dari rendering 3D adalah single thread.

Oleh sebab itu, apabila mencari laptop desain grafis jangan tergiur dulu dengan perihal jumlah core. Lihat dulu berapa kemampuan single thread yang dimiliki oleh chipset agar sesuai dengan kebutuhan kerja nantinya.

Bahkan, jika bizzie ingin lebih detail langsung cek sendiri di situs pabrikan resmi untuk membuat seri chipset laptopnya. Kemudian, lihat di benchmark di beberapa nilai dari chipset tersebut sebelum membeli device.

2. Kartu Grafis dengan Performa Tinggi

Ketika bizzie berbicara tentang laptop desain grafis sebenarnya kapabilitas dari kartu grafis dan nantinya masih terhalang dengan wattage. Apabila device mempunyai wattage cukup rendah dan nantinya tenaga pada GPU kurang optimal.

Apabila ingin mencari foothold terkait GPU minimal bizzie harus menggunakan NVIDIA geforce seri 3xxx. Kurang dari seri tersebut, maka kemampuannya akan sangat ampas apabila bizzie menggunakan proses 3D.

Idealnya spesifikasi laptop untuk desain grafis menggunakan minimal RTX 3060 (8GB). Kurang dari itu, maka akan menghambat pekerjaan berkaitan dengan rendering gambar maupun video.

Acuan yang bizzie gunakan adalah perangkat lunak stable diffusion yang perlu menggunakan RTX 3060 (8GB). Kebutuhan tersebut tidak bisa bizzie tawar lagi agar RIG mampu beroperasi secara optimal sesuai dengan fungsinya.

Apabila memang bizzie mempunyai budget terbatas, maka disarankan menggunakan eksternal GPU saja. Hal itu akan memberikan fleksibilitas untuk membeli laptop desain grafis terlebih dahulu baru kemudian GPU.

Hal itu adalah solusi bagi mereka yang ingin berkecimpung di dalam dunia 3D, tapi budget masih terbatas. Performa dari eksternal GPU juga tidak terlalu buruk, ketika bizzie bandingkan dengan seri mobile onboard.

3. Kapasitas Penyimpanan yang Besar dan Minimal 512GB

Selain kapasitas penyimpanan minimal 512GB, bizzie disarankan untuk menggunakan internal jenis SSD. SSD akan memberikan kecepatan read dan write lebih cepat dibandingkan HDD konvensional.

Namun, tidak menutup kemungkinan laptop desain grafis masih menggunakan HDD dengan catatan harus mempunyai RPM tinggi. Kenapa masih worth it menggunakan HDD itu dilihat dari segi durability.

Ketika bizzie butuh tempat penyimpanan yang berumur panjang teknologi SSD sekarang belum optimal. Artinya, SSD mempunyai massa efektif dimana nantinya akan masuk di dalam read only state jika sering penuh.

Bagi bizzie yang menggunakan penyimpanan untuk kebutuhan besar seperti rendering 3d, yaitu 512GB jelas bukan angka besar. Jadi, bizzie disarankan untuk menggunakan dua integrasi penyimpanan internal di laptop desain grafis.

Satu SSD khusus untuk menjalankan sistem operasi dan HDD dipakai guna menyimpan hasil rendering atau data lepas. Ingat, bahwa bizzie juga perlu memperhatikan HDD harus mempunyai RPM tinggi minimal 20.000.

Memang, spek laptop untuk desain grafis dari sisi penyimpanan sedikit repot untuk mempersiapkannya. Secara default, bizzie tidak akan menemukan konfigurasi tersebut dari bawan toko.

Sehingga, pengguna perlu melakukan tweaking sendiri dengan menambahkan HDD kualitas tinggi sebagai penyimpannya.Ketika mengandalkan SSD 512GB atau 1TB saja untuk kerja satu tahun itu jelas masih kurang.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai spek laptop untuk desain grafis. Semoga penjelasan diatas bisa membantu bizzie,ya!

Baca Juga