fbpx

Simak Fitur-Fitur WordPress di Bawah ini, Lengkap dengan Penjelesannya!

Dalam mengembangkan sebuah , Anda memerlukan berbagai system untuk mendukung keberlangsungan situs. Salah satu yang banyak digunakan adalah CMS  WordPress(content management system).  Bagi Anda yang belum tahu apa itu CMS, mungkin informasi dibawah bisa membantu.

CMS WordPress merupakan salah satu dari sekian banyak jenis CMS yang paling populer digunakan untuk membuat berbagai jenis website. Alasan mengapa WordPress begitu disukai tak lain karena fiturnya yang mampu menjawab semua kebutuhan Anda dalam membangun , bahkan oleh pemula sekalipun.

Fitur-Fitur yang Ada di WordPress

Lalu apa saja fitur-fitur bermanfaat dari WorPress ini? Berikut ini informasinya:

1. Post

Untuk fitur WordPress yang pertama ada post. Mungkin dari namanya, Anda sudah bisa menggambarkan apa fungsi dari fitur satu ini. Ya, post berfungsi sebagai alat untuk membuat postingan pada situs website Anda.  Berbagai jenis postingan ini bisa disesuaikan dengan keinginan. Meliputi:

·         Artikel

·        

·         Galeri

·         Dan lain seterusnya

Secara umum, fitur post ini banyak digunakan untuk membuat postingan artikel. Ada beberapa sub menu yang ada dalam fitur post. Beberapa diantaranya adalah:

·         All post, berfungsi untuk melihat postingan yang telah Anda terbitkan sebelumnya

·         Add new, digunakan untuk mengunggah postingan baru

·         Kategori, untuk membuat kategori apa yang sesuai dengan postingan yang akan diunggah. Agar lebih mudah diklasifikasikan

·         Tag berfungsi untuk membuat tag postingan

2. Media

Selanjutnya ada fitur media yang memiliki fungsi sebagai alat untuk mengupload ataupun  menambahkan  berbagai file media ke dalam website. Adapun file yang bisa Anda unggah meliputi:

·         Video

·         Audio

·         Gambar

Baca Juga :  Wajib Tahu! Rahasia Membuat Website Portofolio yang Keren

·         Dokumen (berupa doc,ppt, xls, dan juga pdf)

Dalam fitur media ini, ada dua sub menu yang bisa dipilih, yaitu:

·         Library, digunakan untuk menampilkan keseluruhan file yang diupload

·         Add new, digunakan untuk mengupload atau menambahkan file baru.

3. Pages

Hampir mirip dengan post, fitur page juga bisa digunakan untuk membuat sebuah halaman baru. Perbedaanya, pages ini bersifat statis atau jarang diubah. Beberapa sub menu yang ada dalam fitur ini meliputi:

·         All pages, dipakai untuk melihat keseluruhan pages yang telah dibuat

·         Add new, digunakan sebagai alat untuk membuat page baru.

Baca Juga : Cara Menambah Kapasitas Upload WordPress di Website

4. Comments

Selanjutnya ada komentar yang bisa digunakan oleh pengunjung yang membaca konten website Anda bisa berkomentar secara lebih mudah. Pada fitur ini juga, Anda bisa melihat komentar setiap pengunjung atau pembaca situs. Umumnya, komentar-komentar ini akan dikelompokkan dalam berbagai opsi, seperti:

·         Pending, maksudnya komentar yang belum Anda setujui selaku pemilik website

·         Approved, berisikan komentar yang telah disetujui

·         Spam, mengandung komentar spam dari pembaca

5. Appearance

Appearance merupakan fitur yang berisikan segala hal tentang website yang Anda bangun. Beberapa sub menu pada fitur ini meliputi:

·         Themes, digunakan untuk mencari, menghapus atau tema, serta melakukan penginstalan

·         Customize digunakan untuk mengedit tampilan website. Adapun yang bisa diedit meliputi: tagline, nama situs, icon, dan sebagainya

·         Widgets, dimanfaatkan jika Anda ingin menambahkan widget pada sidebar, footer maupun header

·         Menus, digunakan jika Anda ingin membuat, mengedit, atau menghapus menu yang ada di website.

6. Plugins

  adalah software tambahan pada WordPress yang berguna untuk memunculkan fitur yang belum disediakan. Seperti misalnya, Anda ingin menampilkan fitur chat di website, maka Anda harus mendownload terlebih dahulu plugin live chat. Beberapa sub menu dari fitur wordpress satu ini adalah sebagai berikut:

  • Installed plugin berfungsi untuk melihat berbagai macam plugin yang telah diaktifkan atau diinstal pada website Anda
  • Add new, digunakan untuk menambahkan plugin dari direktori maupun menambahkan secara manual.
Baca Juga :  Apa Itu Android Studio? Pengertian dan Cara Kerjanya

7. Users

Merupakan fitur yang digunakan untuk melihat semua pengguna WordPress. Dalam hal ini meliputi admin, kontributor, dan subscriber. Jika Anda mengklik beberapa sub menu lain pada fitur users 8ni, maka akan muncul beberapa sub menu lain, seperti:

  • All users yang digunakan untuk melihat keseluruhan pengguna yang didasarkan pada tingkat aksesnya
  • Add new berfungsi untuk menambahkan user baru
  • Profile digunakan untuk mengedit dan melihat profil seperti nama, warna dashboard, , serta lainnya.

8. Settings

Digunakan untuk mengatur keseluruhan yang ada pada WordPress. Adapun beberapa hal yang diatur fitur setting ini meliputi:

  • General. Dimana Anda bisa melakukan pengaturan pada format tanggal, tagline situs, waktu dan lainnya
  • yang berfungsi untuk mengatur pada postingan yang dipublish. Seperti misalnya Anda ingin menyematkan tanggal dan waktu, hal tersebut bisa diatur pada permalink ini.

Fungsi WordPress

Ada berbagai macam fungsi WordPress yang akan membantu Anda dalam membangun sebuah website. Jika tertarik dengan dunia blog, maka CMS ini bisa dimanfaatkan untuk membuat website sesuai dengan keinginan Anda. Sangat mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun. 

Tak perlu khawatir terkait fiturnya, karena pad penjelasan di atas sudah dipaparkan beberapa fitur yang bisa membantu Anda dalam mengembangkan situs. Bukan hanya blog, Anda juga bisa memanfaatkan WordPress sebagai media untuk membuat portofolio dan toko .

Fitur plugin pada WordPress memungkinkan Anda untuk membuat berbagai macam website, termasuk untuk e-. Seperti contohnya digunakan dalam pengelolaan pesanan, pengaturan metode pembayaran, penghitungan ongkir, dan lainnya. 

Begitu banyak fungsi WordPress sebenarnya. Hampir semua pembuatan website baik yang sifatnya santai dan profesional bisa dengan memanfaatkan CMS ini. Jadi, Anda tak perlu meragukan platform satu ini.

Baca Juga : Langkah Mudah Membuat Menu Pada WordPress

Leave a Comment

Your email address will not be published.