fbpx

Cara Mengubah Domain dan Permalink Termudah

Untuk Anda yang kerap bingung bagaiana cara mengubah dan tak perlu merasa khawatir. Anda dapat mempelajarinya secara langsung untuk merubah domain maupun permalink di . Sebagai informasi, jika Anda baru merubah domain yang ada di wordpress maka mesti melakukan pembaruan database agar bisa diakses para pengguna.

Jika Anda melakukan hal tersebut tentunya halaman pada admin wordpress juga tak dapat diakses lantaran Anda secara langsung mengganti domain. Apabila Anda belum mengganti domain maka silahkan untuk melakukan penggantian dulu pada oengaturan WordPress address atau serta Site Addres URL pada menu setting lalu general.

Inilah Beberapa Cara Mengubah Domain dan Permalink untuk Kalangan Pemula

Sebelum mengetahui apa-apa saja yang menjadi cara mengubah domain dan permalink, ada baiknya Anda memahami tentang hal tersebut lebih dulu. Sebagai informasi mempunyai nama domain sendiri pastinya menjadi salah satu langkah terbaik agar Anda tak selalu bergantung keapda ekstensi domain pada WordPress. Selain itu terdapat banyak alasan mengapa Anda perlu melakukan penggantian domain. Misalnya saja untuk rebranding agar menciptakan kesan perusahaan yang berbeda.

Sedangkan permalink adalah singkatan dari permanen yaitu istilah untuk URL yang pada dasarnya mengikuti keberadaan nama domain. Permalink tersebut merujuk kepada halaman atau konten sebuah baik yang berupa halaman statis ataupun posting sebagai identitas suatu laman . Hal yang membedakan URL dengan permalink yaitu permalink nantinya langsung mengarahkan Anda ke link laman tertentu yang berasal dari situs utama.

Merubah domain pada wordpress

Untuk Anda yang sudah mengganti domain tanpa melakukan perubahan pada pengaturan terlebih dahulu, berikut adalah cara mengubah domain dan permalink atau tepatnya mengganti nama domain yang ada pada wordpress lewat database Hosting:

  1. Tahap pertama silahkan Anda bisa melakukan login ke cPanel layanan yang tersedia dengan memakai link cpanel atau namadomain. Pilihan cara lainnya adalah bisa memakai member area dengan cara login lebih dulu kemudian masuk ke dalam menu service. Apabila sudah memilih layanan dan bagian paling bawah nantinya ada opsi login to cPanel lalu pilih menu itu.
Baca Juga :  Cara Meningkatkan Security VPS di Cloud Dengan Mudah

Ketika masuk ke laman login ke cPanel, silahkan masukkan data berupa username serta password yang masih valid dan lanjutkan dengan tekan log in. Adapun caranya yakni masuk ke databases lalu phpmyadmin.

  1. Pada cara mengubah domain dan permalink yang ke dua adalah pilihlah nama database pada wordpress milik Anda lalu tekan simbol tampah atau + kemudian carilah wp_options. Selanjutnya centang pada siteurl serta home, kemudian tekan change yang berada di paling bawah.

Baca Juga Artikel Berikut : Perbedaan Hosting, Server dan Domain Serta Peranannya

Berikutnya ubah pada siteurl serta home menjadi nama domain milik Anda yang baru, lanjutkan dengan tekan Go yang berada di paling bawah.

Memperbarui Permalink

Sementara itu, Anda juga bisa mengubah permanen link yang ada dalam wordpress. Caranya sendiri pun terbilang mudah, silahkan ikuti tahap di bawah ini:

  1. Pada cara mengubah domain dan permalink yang pertama, silahkan melakukan update link wordpress dengan cara masuk dalam wp admin.
  2. Setelah itu lanjutkan cara di atas dengan memilih opsi setting yang ada.
  1. Nantinya muncul beberapa sub menu, silahkan tekan permalinks dan lanjutkan dengan memilih post name.
  2. Terakhir Anda dapat menyimpan perubahan dengan mengetuk opsi save changes.

Cara mudah mengganti domain

Masih ada lagi beberapa cara untuk merubah domain yang terbilang mudah. Anda hanya perlu melakukan modifikasi yang ada di kode PHP . Adapun untuk cara mengubah domain dan permalink, silahkan ikuti tahapan berikut ini:

Beli nama domain baru.

Agar dapat memperoleh nama domain yang paling tepat, silahkan Anda memakai tool cek domain yang ada pada penyedia terkait.

Mengganti URL Website

Cara berikutnya dalam mengganti nama domain yaitu menambahkan domain baru dalam WordPress General Setting. Langkah lengkapnya adalah buka dashboar lalu setting dan general. Kemudian ganti WordPress Addres serta Site Address.

Baca Juga :  Fungsi Mail Server dan Peranannya Bagi Web Bisnis Anda

Perbarui File bernama wp-config.php

Pada cara mengubah domain dan permalink slanjutnya silahkan edit pada file wp-config.php guna melihat perubahan yang sudah dilakukan pada wordpress.

Memperbaharui Database

Cara keempat silahkan buka hPanel lalu Database dan phpMyAdmin. Kemudian pilihlah database yang akan menyimpan file wordpress lalu pilihlah Edit.

Mengalihkan domain wordpress sebelumnya

Tahap terakhir dalam cara mengubah domain yaitu membuat 301 redirect. Nantinya URL ini mengalihkan nama domain yang sebelumnya menjadi domain baru.

Merubah Permalink

Masih ada lagi cara mengubah domain dan permalink tepatnya untuk permanen link yang dapat Anda terapkan. Adapun cara yang terbilang paling sederhana yaitu mengatur ulang pada struktur permalink yang ada di WordPress. Langkah-langkahnya sendiri adalah:

  1. Pertama login dalam dashboard wordpress
  2. Berikutnya tekan setting lalu permalinks.
  3. Terakhir ubah pada pengaturan permalinks sesuai keinginan Anda.

Misalnya saja saat ini Anda memakai struktur permalink hari dan nama kemudian merubah struktur supaya hari tak diikutsertakan maka dapat memilih nama post atau post name. Sesudah menentukan serta merubahnya Anda jangan lupa untuk tekan simpan perubahan atau save change. Setelah mengikuti semua cara mengubah domain dan permalink, itu kini permanent link sudah berhasil diperbarui. 

Itulah beberapa cara mengubah domain dan permalink yang mudah untuk Anda ikuti meskipun kalangan pemula sekalipun.

Baca Juga Artikel Berikut : 5 Cara Mencari Aged Domain Kualitas Terbaik