fbpx

Seberapa Penting Konten SEO untuk Optimasi Website?

Optimasi merukan langkah yang dilakukan oleh pemiliknya untuk memaksimalkan kinerja situs. Tujuannya, agar website ini bisa bekerja optimal  dan bisa masuk peringkat . Untuk mewujudkan hal tersebut, ada beberapa hal yang harus dilakukan, salah satu yang utama adalah membuat konten yang friendly.

Lalu sebenarnya seberapa penting konten SEO untuk optimasi website ini? Apakah ini menjadi hal wajib untuk dipenuhi? Semua akan diulas pada berikut ini.

Apa itu Optimasi Website?

Sebelum membahas seberapa jauh dan pentingnya konten SEO untuk optimasi website ini, akan lebih baik untuk Anda mengetahui apa sebenarnya optimasi itu. Sebenarnya, optimasi website merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan website.

 Seluruh proses optimasi ini dilakukan dengan bantuan alat, eksperimen, serta strategi demi mengoptimalkan situs dan mendapatkan kepercayaan visitor. Adapun tujuan optimasi ini tak lain untuk meningkatkan pendapatan dari adsense.

Ada beberapa komponen yang wajib dipelajari untuk mengoptimasi website. Beberapa diantaranya meliputi:

·         Desain UX

·         Pengembangan

·         Teknik copywriting

·         Analisis

·         SEO

Seberapa Penting Optimasi untuk Website Anda?

Internet menjadi salah satu media promosi yang sangat potensial. Sebab, jangkauan konsumennya lebih besar dibandingkan iklan melalui tv ataupun papan billboard. Itulah mengapa, sangat penting untuk Anda mengoptimasi website agar bisa memberikan manfaat yang besar.

Baik konten maupun website yang tidak teroptimasi dengan baik tidak akan muncul di manapun. Konten SEO pasti mengandung keyword yang relevan sesuai dengan kebutuhan setiap konsumen yang mencarinya di mesin Google.

Baca Juga :  Inilah 10 Tips agar Blog Banyak Pengunjung

Sebisa mungkin posisikan bisnis Anda dalam pencarian agar bisa mendapatkan insight yang baik dalam penjualan.

Apa Saja Strategi Terbaik Untuk Optimasi Website?

Pentingnya konten SEO memang terlihat rumit, terlebih lagi untuk pemula. Namun, percayalah, ketika semua strategi optimasi sudah dilakukan, maka Anda akan mendapatkan hasil maksimal. Lalu apa saja strategi terbaik yang wajib diterapkan dalam konten website? Berikut informasinya:

1.  Buat Konten yang Mobile Friendly

Tak bisa dipungkiri jika orang-orang mengakses internet kebanyakan melalui mobile phone. Jadi, untuk bisa bersaing dengan lain, Anda harus menjalankan mobile usability test.  Jangan lupa untuk melakukan test di berbagai tipe mobile phone. Dini dilakukan untuk memastikan konten artikel mampu beradaptasi dengan semua ukuran layar.

Selain itu, ada beberapa hal yang lain yang tak boleh luput dari perhatian, yaitu:

·         Situs bisa termuat dengan cepat

·         Gambar maupun grafik yang ukurannya kecil masih bisa dibaca

·         Website bisa dikendalikan dengan mudah

·         Semua konten bisa jelas dilihat

2.  Meningkatkan Kecepatan Loading

Berikutnya yang harus dilakukan untuk optimasi website adalah meningkatkan kecepatan loading halaman. Perlu Anda ketahui jika hampir semua visitor tidak menyukai website yang lama termuat.

5 detik loading mampu menghasilkan bounce rate sebesar 38%, dan semakin lama waktunya maka akan semakin tinggi pula bounce nya. Usahakan untuk membuat halaman bisa termuat cepat agar pengalaman pengguna bisa lebih baik.

3.  Buatlah Copy Website

Bukan hanya kecepatan muat halaman, desain, serta gambar yang penting untuk dioptimasi, namun juga kemampuan website dalam mengontrol informasi apa yang akan disampaikan kepada pengguna. Sebaiknya jangan terburu-buru mempublikasikan konten yang telah dibuat.

Sebaiknya, buatlah salinan terlebih dahulu dengan tujuan memberikan peta jalan logis untuk mengambil tindakan konversi seperti apa yang Anda ingin pengguna lakukan terhadap situs. Untuk mengambil tindakan ini sendiri, Anda perlu memahami teknik copywriting dan basis Anda.

Baca Juga :  Pilihan Opsi Cara Membuat Beberapa Situs di 1 Server

Lakukan identifikasi terhadap area yang dianggap lemah, lalu tentukan semua tentang pelanggan dan menguji variasi salinan, memang terlihat agak ribet, namun percayalah jika langkah ini termasuk  optimasi yang tepat.

4.  Optimasi SEO

Jika dibandingkan dengan kuantitas, kualitas konten tentu akan lebih diutamakan. Terutama yang memenuhi standar Google agar bisa tampil di halaman pertama Google.  Audience tentunya akan menuliskan keyword yang relevan dengan apa yang dicarinya.

Jadi, untuk membuat website anda teroptimasi, langkah pertama terkait SEO yang wajib dilakukan adalah memastikan Google telah mengindeks halaman website Anda secara keseluruhan.

Adapun caranya adalah dengan membuat daftar halaman apa saja yang diindex, lalu dapatkan kemudahan memantau keyword seperti apa yang masuk dalam rangking Google.

5. Buat URL yang SEO Friendly

Selanjutnya yang harus Bizzie lakukan adalah membuat url yang SEO friendly. Masih banyak yang beranggapan jika url tidak perlu perhatian khusus. Sebab, untuk beberapa orang, url sama halnya dengan judul yang telah dibuat sebelumnya. Meskipun serupa, judul dan url bisa dibuat berbeda, asal tetap memuat keyword yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Anggapan ini sebenarnya tidak salah, namun alangkah lebih baiknya untuk mengoptimasi agar bisa meningkatkan traffic website Anda. Url yang SEO friendly sebaiknya pendek saja, terdiri dari 3-4 kata. Sebab, nantinya url ini akan semakin panjang jika sudah dilengkapi dengan nama domain. Pastikan url yang Anda buat memuat kata kunci yang dibahas dalam artikel.

Beberapa tips serta strategi di atas bisa Anda coba sebagai bentuk untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari Google. Selain itu, mengoptimasi website dengan buat konten yang SEO friendly akan sangat menguntungkan Anda sebagai owner dari usaha yang dijalankan.

Jika tak memiliki kesempatan dan kemampuan dalam hal mengoptimasi, saat ada banyak sekali pilihan jasa yang bisa membantu Anda dalam hal ini. Semoga informasi diatas membantu Bizzie ya.