fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Hosting

Tips Jadi Reseller Hosting dan Domain yang Sukses

Rianda

Banyak peluang bisnis yang dapat dijajal di era serba online. Salah satunya yaitu menjadi reseller hosting dan domain yang menjadi kebutuhan. Hosting merupakan server tempat meletakkan file web, sedangkan domain adalah identitasnya. Keduanya jadi komponen wajib jika ingin membangun website.

Konsep reseller ini sama dengan seperti biasanya. Cara kerjanya yaitu menawarkan layanan hosting dan domain dari penyedia utama. Jika mendapatkan klien, akan mendapatkan komisi sesuai ketentuan. Konsep tersebut memberikan banyak keuntungan. Tapi perlu tips menjalankan agar bisa dapat banyak pelanggan.

Keuntungan Berbisnis Reseller Layanan Hosting dan Domain

Menjadi partner dari penyedia layanan hosting dan domain banyak keuntungannya. Pasarnya luas karena banyak yang beralih ke lingkungan bisnis online dan menggunakan website sebagai medianya. Bukan hanya mudahnya mencari pelanggan, inilah keuntungan-keuntungan lainnya:

  • Bisa fokus ke bisnis. Menjadi reseller tidak perlu memikirkan hal-hal teknis, seperti pemeliharaan server dan pembaharuan. Karena itulah bisa lebih fokus ke bisnis.
  • Dapat harga lebih murah. Daripada menjadi penyedia layanan, bisnis ini lebih terjangkau dengan memilih paket reseller hosting. Tidak perlu keluar modal besar untuk membeli infrastruktur, teknologi, dan alat jadi registrar.
  • Bisa branding. Meski menjual produk dari penyedia utama, tetap bisa branding. Melalui bisnis ini dapat membangun merek dan menunjukkan identitas, hingga klien tidak tahu kalau tengah bertransaksi dengan reseller.
  • Memperoleh fitur tambahan. Salah satu fitur yang biasa diperoleh adalah control panel yang kuat dan sertifikat SSL tak terbatas.

Tips Berbisnis Reseller Layanan Hosting dan Domain

Agar bisnis reseller hosting dan domain bisa mendatangkan keuntungan, tentu harus dijalankan dengan cara tepat. Tidak hanya sekedar yang penting dapat klien saja, tapi tidak bisa bertahan lama. Inilah tips yang dapat dijajal:

1. Mencari Penyedia Layanan yang Terpercaya

Agar dapat memberikan kepuasan pada klien, hal utama dimulai dengan memilih penyedia layanan yang terpercaya. Banyak sekali perusahaan yang mengatakan kalau produknya terbaik dan fitur lengkap. Tapi tidak boleh sembarangan setuju dengan klaim tersebut.

Pertama kali, melakukan riset beberapa registrar dan bandingkan penawaran yang diberikan. Selain itu, lihat pula bagaimana kesesuaian antara harga dan layanannya. Jangan sampai terbujuk dengan harga murah, terlebih yang menjanjikan tanpa modal.

2. Mempersiapkan Modal

Tips berikutnya adalah mempersiapkan modal. Meski jumlahnya tidak besar, modal menjadi faktor utama agar bisnis ini dapat sukses. Menjadi partner dari penyedia layanan hosting maupun domain memerlukan uang untuk membeli paket reseller.

Tapi bukan itu saja, anggaran dapat dialokasikan untuk aktivitas lain. Contohnya dipakai keperluan promosi dan pemasaran. Ada beberapa media yang bisa digunakan, seperti media sosial dan iklan di Google.

3. Belajar Menggunakan Hosting

Salah satu faktor yang akan menumbuhkan kepercayaan pelanggan yaitu penjual bisa mengoperasikan produk dan layanan yang dijual. Karena itulah, paling tidak menguasai dasar-dasar memakai hosting. Jangan memulai bisnis ini kalau belum ahli.

Jika sudah menguasainya, bisa membantu pelanggan dan memberikan rekomendasi layanan yang harus digunakan. Pasalnya, paket hosting dan domain itu bermacam-macam. Tergantung kebutuhan web, apakah itu dipakai blog pribadi atau e-commerce.

4. Mengoptimalkan Pemasaran

Digital marketing adalah media yang pas untuk menawarkan layanan ini. Promosikan produk dengan membuat website berisi katalog dan bisa mengoptimasi SEO. Tapi sebelum itu, harus dilakukan pemetaan target audiens dan memilih user yang bisa diprospek untuk beli hosting dan domain.

Jadi, peluang reseller hosting dan domain dapat dioptimalkan di tengah banyaknya kebutuhan untuk bisnis online. Ada banyak keuntungan dan kemudahan dibandingkan membentuk perusahaan yang menyediakan layanan langsung. Namun harus tetap dijalankan dengan cara tepat agar dipercaya klien.

Baca Juga