fbpx

Rekomendasi Plugin Comment WordPress Gratis yang Berkualitas

Bagi yang memiliki baik itu traffic-nya masih sedikit atau yang sudah tinggi, mungkin membutuhkan WordPress gratis yang akan memudahkan Anda mengelola komentar di .

Informasi tentang plugin comment WordPress gratis mungkin sedang dicari oleh siapapun yang sekarang ini ini ingin menggunakannya. Walaupun memang termasuk menjadi fitur tambahan, adanya plugin ini semakin membuat WordPress optimal menjadi platform yang powerful dan punya banyak fungsi.

Sebenarnya, di WordPress sendiri memang menyediakan fitur komentar bawaan dan bisa diaktifkan pada kolom komentar setiap halaman situs. Adanya fitur bawaan ini memang punya banyak keunggulan. Anda dapat melakukan sortir dan membaca komentar. Bahkan, bisa juga mengetahui komentar tersebut di halaman mana. 

Caranya dengan membuka menu dashboard, kemudian pilih comment. Masuk ke menu setting kemudian pilih discussions dan anda dapat mengatur kustomisasinya. Jika anda, ingin menginstal plugin comment di luar bawaan dari WordPress, dalam kali ini kami akan memberikan referensi plugin comment WordPress gratis.

Plugin Comment Gratis Selain Bawaan WordPress

Selain dengan menggunakan plugin bawaan dari WordPress, ternyata Anda juga bisa menggunakan berbagai plugin comment WordPress gratis. Meskipun memang pada ada fitur bawaan sudah mencakup berbagai hal yang mendasar, tetapi tetap ditemukan fungsi yang kurang. Selain itu, kostumisasi yang terbatas juga membuat user banyak yang menggunakan plugin dari luar.

Dalam artikel ini akan dijelaskan sejumlah Plugin comment di WordPress terbaik yang bisa anda gunakan. Berikut diantaranya:

1. Jetpack Comments

Jetpack memberikan penawaran kombinasi fitur menarik. Anda tidak usah lagi untuk menginstal banyak plugin sekedar untuk menambahkan fungsi lainnya pada WordPress. Salah satu fitur yang disediakan antara lain Jetpack Comments. 

Para pengunjung website dapat menuliskan komentar memakai akun mereka contohnya Twitter maupun facebook. Dengan demikian, tidak usah lagi menginput alamat serta nama. Plugin ini akan menggantikan fitur komentar bawaan secara otomatis pada dashboard.

Baca Juga :  Peran Penting Hosting Bagi Website dan Jenis-jenisnya yang Perlu Diketahui

2. Disqus

Disquss juga menjadi salah satu plugin comment WordPress gratis yang banyak diminati dan dipakai. Dengan memasangnya, Anda berarti menggantikan fungsi dari komentar bawaan. Tersedia banyak fitur canggih yang ditawarkan oleh plugin ini.

Beberapa fitur menarik tersebut mulai dari mengimpor komentar dari platform blog lainnya misalnya moveable time atau . Bisa juga dari platform yang basis datanya wxr xml. Dengan disediakannya fitur ini, maka komentar lama akan tetap tersimpan dan tidak akan dihapus meskipun sudah menginstal disqus.

Akan tetapi memang salah satu kekurangannya kerap kali menampilkan iklan pada situs anda. Munculnya iklan tersebut bisa mempengaruhi optimasi situs karena menjadikan lebih lambat diakses. 

3. WpDiscuz

WpDiscuz menjadi plugin comment WordPress gratis lainnya yang cukup bagus dan real time untuk merancang peningkatan kualitas serta performa. Jadi, memiliki keunggulan dibandingkan dengan penyedia komentar bawaan WordPress..

Plugin ini punya beberapa keunggulan antara lain interface yang sederhana dan mudah dibaca, bisa di kan ke berbagai media sosial, dan bisa mengkonversi otomatis dari ke gambar pada kolom komentar. 

WpDiscuz juga punya sejumlah paket tambahan atau add-ons yang merupakan fitur premium. Harganya sendiri cukup bervariasi, di mulai dari USD 9 hingga USD 125. Kalau anda ingin lebih hemat lagi, dapat berlangganan paket bundling yaitu USD 99. Di Dalamnya, terdapat banyak sekali fungsi tambahan yang menarik. 

4. Postmatic

Kalau Anda masih mempunyai website yang traffic-nya belum terlalu banyak, membalas komentar mungkin jadi aktivitas yang cukup mudah. Akan tetapi, bayangkan jika website anda punya banyak sekali user engagement dan memiliki banyak sekali komentar. Tentu, untuk membalasnya satu persatu bisa menjadi aktivitas yang tidak mudah. 

Baca Juga Artikel Berikut : Ketahui Ini! 6 Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik

Postmatic menjadi solusi untuk permasalahan ini. Anda dapat membalas komentar secara langsung bahkan lewat email. Caranya mudah, yaitu dengan membuka email, dan kemudian tulis komentar dan selanjutnya reply atau balas. Para pengunjung juga dimudahkan karena tidak harus bolak-balik untuk membuka postingan jika ingin berinteraksi dengan anda.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Gutenberg Wordpress Aman dan Cepat

5. Lazy Load for Comments

Plugin comment WordPress gratis berikutnya yang bisa anda pakai Lazy Load for Comments.  Fungsinya sendiri tidak hanya mampu semakin menaikkan kecepatan loading situs. Terdapat fitur lainnya yang membuat aktivitas membalas komentar menjadi cepat dan ringan. 

Plugin ini sangat cocok untuk Anda yang lebih memprioritaskan kecepatan loading situs, dibandingkan dengan fungsi tambahan yang tidak terlalu diperhatikan seperti meme atau emoji. Konfigurasinya juga cukup sederhana. Walaupun begitu, Plugin ini punya keandalan yaitu mampu menerjemahkan secara otomatis, custom hook, serta sistem filter untuk mengurangi permintaan http.

6. De:Comments

De:Comments dapat disebut juga sebagai salah satu Plugin komentar WordPress terbaik. Ada fungsi yaitu menyimpan berisi komentar user pada domain sendiri. Cara tersebut bisa dianggap lebih aman karena anda tidak usah mengandalkan layanan pihak ketiga untuk menyimpan data-data yang dianggap kredensial. 

Kostumisasinya juga mudah digunakan dan mobile friendly. Artinya, tampilan kolom komentar bisa disesuaikan dengan bagaimana perangkat mobile. Untuk bisa berkomentar, para pengguna tidak usah lagi yang menginput nama maupun email dan cukup memakai akun sosial media saja. 

Fitur lainnya yang diberikan yaitu infinite load. Anda bisa melakukan pembatasan jumlah komentar yang tampil pada sebuah postingan dan jika ingin melihat komentar lebih lawas, pengunjung hanya perlu scroll halaman kebawah. 

Baca Juga Artikel Berikut : 6 Rekomendasi Pilihan Plugin WordPress untuk Toko Online

Itulah sejumlah plugin comment WordPress gratis yang bisa anda terapkan pada website. Dengan masing-masing keunggulannya tersebut, Anda dapat menentukan manakah yang paling cocok diterapkan. Kami harapkan ulasan ini bermanfaat untuk Anda !