fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Rekomendasi Platform Berbasis Ai untuk Desain Grafis, Baca Disini!

Wiliam

Artificial Intelligence semakin mengambil tempat di masa digital seperti sekarang, salah satunya di bidang grafis. Siapa sangka, kecerdasan buatan Ai Sangat membantu para desainer grafis agar bekerja lebih efektif dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dari segi kualitas pun, dengan bantuan Ai ini semakin meningkat.

Tak heran, jika beberapa waktu belakangan ini kian berkembang berapa platform AI yang diperuntukkan untuk membantu kinerja desainer grafis agar tercipta karya yang lebih berkualitas. Penasaran dengan beberapa platform yang dimanfaatkan untuk desain grafis berbasis kecerdasan buatan artificial intelligence? Berikut ini daftarnya:

1. Microsoft Designer

Daftar pertama yakni Microsoft designer, yang dikembangkan langsung oleh perusahaan besar software yakni Microsoft. Untuk menunjang kinerja desainer grafis, platform berbasis Ai ini memiliki sejumlah fitur diantaranya text-to-art Yang bisa membuat gambar dengan perintah kalimat saja.

Platform Microsoft designer memanfaatkan teknologi machine learning serta neural networks Guna mendapatkan desain grafis yang diinginkan sesuai dengan perintah. Apa fitur Pelengkap lainnya meliputi pembuatan layout secara otomatis, penempatan elemen desain lebih praktis, dan pemilihan kombinasi warna yang sesuai dengan desain para desainer.

Platform ini juga membantu para desainer membuat gambar yang bisa dilihat dan diakses di perangkat manapun, baik itu PC maupun mobile smartphone.

2. Dall-E 2

Berikutnya ada platform desain grafis berbasis Ai yakni Dall-E 2. Merupakan situs yang dikembangkan oleh openAi dan pertama kali rilis tahun 2021. Platfrom ini banyak digunakan karena memiliki fitur yang mumpuni, salah satunya bisa menghasilkan gambar design dengan kualitas terbaik melalui perintah teks saja.

Para designer tentu merasa terbantu dengan adanya Dall-E 2 ini. Pekerjaan menjadi lebih efisien, dan hasil pun berkualitas sesuai yang diinginkan. Platform ini bekerja dan menghasilkan gambar sesuai dengan deskripsi yang dibuat sebelumnya. Tersedia beberapa pilihan desain, dan bisa disesuaikan sesuai dengan proyek.

Tak hanya itu, kemampuan situ satu ini mampu memberikan hasil unik sehingga tercipta karya yang orisinal dan tidak pasaran. Berbagai versi design mulai dari faktor, Raster, hingga 3D bisa dihasilkan dalam sekejap melalui perintah teks.

3. Galileo Ai

Platform design grafis berbasis Ai selanjutnya merupakan  karya dari tiga ilmuwan yakni Atindriyo Sanyal, Vikram Chatterji, dan Yash Shet. Ketiganya adalah mantan pemimpin yang bekerja di perusahaan Google bagian bidang pengembangan.

Konsen dari platform satu ini condong ke ide desain user interface. Galileo Ai menghasilkan desain grafis hanya dengan mengetikkan perintah berupa teks maupun kalimat. Platform ini memanfaatkan teknologi Natural Language processing (NLP) serta Machine Learning guna menghasilkan desain UI Yang sesuai dengan perintah.

Hasil design UI pun disajikan beragam, sehingga desainer grafis bisa memilih mana yang paling diinginkan atau paling sesuai keinginan. Menariknya lagi, platform satu ini memiliki fitur unggulan yang mampu memperkirakan penggunaan warna yang cocok untuk diaplikasikan pada desain UI.

Hasil yang diberikan Galileo Ai inipun all  user-friendly, artinya mampu diakses pada perangkat mana pun.

4. SlidesAi

Berikutnya ada SlidesAi Yang berfokus membantu desainer grafis dalam membuat presentasi yang eye catching, efektif, dan mudah. Memanfaatkan teknologi machine learning, sehingga mampu mengidentifikasi bagian penting meliputi tabel, grafik, ataupun gambar lalu dimasukkan dalam slide presentasi.

Menariknya, platform satu ini memiliki kemampuan dalam menghasilkan slide yang terlihat profesional namun tetap menarik. Anda juga bisa memilih berbagai font untuk presentasi, saya menambahkan beberapa komponen lainnya seperti animasi, memperbaiki tata letak slide, serta komponen lainnya.

5. Cleanup Pictures

Platform design grafis yang mampu membantu kinerja designer yakni  Cleanup Pictures. dengan fokus utama yakni membantu para desainer menghilangkan baground gambar, melakukan penyitaan, serta memperbaiki tata letak gambar. Kemampuan platform satu ini dalam menghapus latar belakang secara otomatis menggunakan bantuan teknologi deep learning.

Tersedia beberapa fitur unggulan lainnya diantaranya: penghilang noise pada gambar, penambahan efek khusus, memperbaiki kualitas gambar, dan lain sebagainya. Platform satu ini sangat cocok untuk membantu para desainer dalam mengedit  gambar secara lebih mudah dan efektif.

6. Illustroke

Daftar platform design grafis berbasis Ai selanjutnya yakni Illustroke. Sesuai dengan namanya, platfrom tersebut dibuat khusus untuk membantu para desainer dalam menciptakan ilustrasi dengan cepat, praktis, dan berkualitas. Sangat mudah digunakan, bahkan untuk para pemula yang sama sekali tidak memiliki bakat dalam desain grafis.

Menggunakan teknologi machine learning dalam menghasilkan ilustrasi yang sesuai dengan perintah berupa teks atau kalimat yang diperintahkan. tersedia banyak sekali gambar serta elemen grafis untuk menunjang ilustrasi yang Anda buat. Mulai dari penyesuaian ukuran, tata letak gambar, hingga pemilihan warna.

Illustroke Juga memiliki sejumlah fitur tambahan, yakni kemampuan membuat ilustrasi dengan biaya yang bervariasi. Diantaranya berupa kartun, sketsa, hingga ilustrasi yang terlihat seperti nyata.

7. Looka

Untuk para desainer grafis yang memiliki tugas membuat kartu nama, logo kau, dan berbagai desain lainnya mungkin akan sangat terbantu dengan platform desain berbasis Ai yakni Looka. Mahal nya dengan beberapa platform design sebelumnya, Looka gua memanfaatkan teknologi machine learning.

Sedia banyak sekali Templat desain yang bisa Anda kreasikan. Mulai dari pilihan warna, layout, icon, hingga font. Menariknya lagi, para designer juga bisa memasukkan hasil karya sendiri dalam desain Looka. Hasilnya bisa dikonversikan dalam berbagai format seperti PDF, PNG, SPG, hingga JPG.

Sebenarnya, kehadiran kecerdasan buatan ini sangat membantu apabila digunakan sesuai tempat. Artinya, tenaga manusia tetap termanfaatkan dan lebih efisien lagi menggunakan platform berbasis Ai. Tidak  menutup kemungkinan, akan lebih banyak teknologi yang semakin canggih kedepannya. Jadi bersiaplah untuk segala perubahan ke arah yang lebih baik, ya!

Baca Juga