fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Rekomendasi 5 Software Recovery Data Terbaik Full Version Gratis

Rianda

Salah dalam menghapus file penting tentunya sangat menakutkan bagi semua orang, apalagi jika tidak memiliki cadangannya. Jika hal ini terjadi, maka solusinya adalah menggunakan software. Adapun software recovery data terbaik full version gratis yang bisa dicoba adalah sebagai berikut:

1. Software Recuva

Diketahui, rekomendasi software recovery data terbaik full version gratis adalah Recuva. Pengguna dapat menginstal software ini di laptop maupun komputer masing-masing. Untuk mendownloadnya, bisa melalui browser di website yang menyediakan APK dari Recuva.

Recuva dapat mengembalikan data-data di perangkat yang sudah terhapus baik disengaja maupun tidak. Keunggulan dari Recuva yaitu mudah untuk digunakan. Pengguna dapat mencari sendiri data-data yang terhapus dalam berbagai bentuk. Selanjutnya, dapat menyimpan data yang sudah diperbaiki seperti semula.

Lalu, software Recuva juga bisa digunakan untuk menghapus informasi pribadi yang penting dan juga sensitif. Caranya yaitu dengan menggunakan teknik menimpa data yang cukup aman. Dengan demikian, data-data tersebut tidak dapat dilihat dan dimanfaatkan kembali oleh orang lain.

2. Software Undelete 360

Berikutnya, pengguna juga dapat menggunakan software Undelete 360 untuk mengembalikan data penting yang terhapus di perangkat. Adapun data yang dapat dikembalikan oleh software ini adalah yang tersimpan di kartu memori, USB, hard drive dan lainnya.

Keunggulan dari Undelete 360 yaitu mampu menelusuri file berdasarkan kategori di menu Group By. Misalnya saja file dengan kategori PDF, word, JPG dan masih banyak lagi.

Selain itu, pengguna pun dapat menggunakan fitur file preview, software log kode HEX dan juga property filenya. Kemudian, file yang sudah terhapus tersebut dapat dikembalikan lagi sesuai dengan formatnya.

3. Software TestDisk

Lebih lanjut, software recovery data terbaik full version gratis berikutnya adalah TestDisk. Diketahui, software ini berbentuk open source dan juga multi platform. Dengan demikian, pengguna dapat menggunakan software ini melalui berbagai OS dengan mudah.

Lalu, TestDisk dapat dipakai jika terjadi kerusakan pada partisi hard disk. Contohnya adalah partisi menghilang tiba-tiba, raw partition dan unallocated partition karena tidak sengaja terhapus atau bahkan terformat semuanya.

4. Software Pandora Recovery

Rekomendasi software untuk mengembalikan data yang telah dihapus selanjutnya adalah Pandora Recovery. Software ini bisa menjadi pilihan apabila data yang ada di perangkat sudah dihapus secara permanen dan tanpa meninggalkan jejak di folder Recycle Bin. Untuk jenis datanya sendiri cukup beragam.

Mulai dari gambar, dokumen, arsip dan lain-lain. Adapun data-data yang bisa dikembalikan lagi menggunakan software ini adalah data yang dihapus sebulan sebelumnya sebelum menginstal Pandora. Artinya, software ini tidak mampu mengembalikan data yang terhapus dalam waktu lebih lama dari itu.

5. Software PhotoRec

Diketahui, software ini dapat dipakai untuk memulihkan kembali berbagai foto yang sudah terhapus di PC dan juga ponsel. PhotoRec sangat efektif untuk mengembalikan sekaligus menyimpan kembali foto-foto tersebut seperti sedia kala.

Meski fungsi utamanya adalah mengembalikan foto, namun software ini juga dapat memulihkan berkas-berkas lainnya. Adapun jenis berkas tersebut antara lain dokumen, arsip dan sebagainya. Lalu, PhotoRec mampu memulihkan file yang tersimpan di kartu memori, flashdisk, CD dan juga hard disk.

Demikianlah rekomendasi dari beberapa software recovery data terbaik full version gratis  yang dapat digunakan. Pengguna dapat menginstal software tersebut terlebih dahulu sebelum menjalankan programnya. Software pun dapat digunakan untuk memulihkan kembali data penting yang sempat terhapus baik yang disengaja maupun tidak.

Baca Juga