fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

cPanel

Cara Reinstall WordPress CPanel Dengan Mudah

Rianda

Tidak sedikit orang yang melakukan reinstall WordPress cPanel dengan beberapa faktor penyebab. CPanel sendiri dipilih untuk melakukan pemasangan WordPress lantaran menjadi satu diantara cara termudah yang dapat dicoba pengguna. Pasalnya dengan memakai cPanel pengguna bisa memilih diantara dua metode.

Dimana metode pertama yaitu menggunakan softaculous untuk melakukan penginstalan dengan cara otomatis. Sedangkan metode kedua menggunakan file manager guna melakukan penginstalan dengan cara manual. Berikut beberapa cara melakukan reinstall WordPress melalui cPanel dengan cara manual:

1. Mengunduh File Instalasi WordPress

Sebagai cara reinstall WordPress cPanel peetama yakni dengan melakukan pengunduhan file instalasi dari WordPress itu sendiri. Langkah awal yang perlu dikerjakan adalah masuk di bagian website resmi yang dimiliki oleh WordPress.

Setelah itu lanjutkan dengan mengklik tulisan “Download WordPress” untuk melakukan pengunduhan file WordPress. Yang mana file inilah yang akan diupload ke cPanel. Untuk itu jangan sampai lupa lokasi penyimpanan file nya.

2. Mengupload File WordPress ke cPanel

Tahap ini dapat dilakukan dengan langkah awal masuk di bagian file manager dari cPanel. Setelah itu masuk pada bagian folder yang menjadi tempat file instalasi dari WordPress disimpan. Umumnya folder tersebut mempunyai nama Public_html.

Untuk melakukan proses pengunggahan, bisa klik tulisan upload. Lanjutkan dengan memilih menu “Select File” dan lakukan pemilihan file WordPress yang akan diunggah. Terakhir tinggal menunggu saja hingga proses pengunggahan file WordPress selesai berjalan.

3. Mengekstrak File WordPress

Untuk melakukan proses ini pengguna perlu klik kanan pada bagian file instalasi dari WordPress lalu klik tulisan “extract”. Nantinya pengguna akan menjumpai folder baru dengan nama WordPress. Berikutnya tinggal masuk di folder tersebut da klik “Select All”.

Setelah itu klik kanan kemudian pilih “Move ” untuk melakukan pemindahan menuju folder utama yaitu public_html. Tahapan berikutnya tinggal masukkan saja public_html tersebut pada bagian kolom yang sudah dipersiapkan. Lanjutkan dengan klik menu bertuliskan “Move Files”.

Jika file sudah dilakukan pemindaian lokasi file dari yang tadinya WordPress sekarang menuju ke bagian public_html. Dalam hal ini pengguna dapat melakukan penghapus terhadap folder WordPress maupun file instalasi dari WordPress tersebut.

4. Membuat Database MySQL

Proses pembuatan database MySQL bagian cPanel ini dapat dilakukan melalui beberapa menu yang ada. Bisa menggunakan menu MySQL Databases maupun bisa juga menggunakan menu MySQL Databases Wizard.

Langkah awal untuk melakukan pembuatan database ini yaitu dengan memasukkan nama dari database tadi pada bagian yang telah dipersiapkan. Untuk memudahkan pencarian database tersebut dapat diberi nama db_baru, lalu klik “Next Step”. Setelah itu tinggal lanjutkan saja proses berikutnya.

5. Menjalankan Instalasi WordPress

Jika sudah berhasil dalam melakukan pembuatan database, langkah berikutnya yaitu menjalankan Instalasi WordPress. Oleh sebab itu pengguna perlu mengakses nama domain yang dimiliki melalui web browser. Dalam hal ini pengguna perlu melakukan pemilihan bahasa untuk WordPress.

Selain itu juga perlu melakukan pengisian terhadap informasi database MySQL yang terdiri dari beberapa hal. Misalnya seperti nama database yang terdiri dari password dan username. Supaya tak terjadi peristiwa error, maka dianjurkan agar melakukan pengisian database dengan cara yang benar.

Jika sudah dipastikan seluruhnya benar tinggal klik saja tulisan “submit”. Untuk menjalankan proses instalasi WordPress bisa klik menu “Run The Installation”. Setelah itu lanjutkan proses hingga selesai.

Demikian beberapa cara untuk reinstall WordPress cPanel dengan mudah. Ulasan di atas dapat menjadi rekomendasi bagi orang yang ingin memasang WordPress ulang di cPanel. Pengguna bisa memilih metode otomatis maupun manual, pembahasan di atas adalah beberapa langkah metode manual nya.

Baca Juga