fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Penyebab Kuota Aplikasi Indosat Tidak Bisa Dipakai dan Cara Mengatasi

Rianda

Beberapa pengguna pasti pernah mengalami kendala kuota aplikasi Indosat tidak bisa dipakai tanpa mengurangi jumlahnya. Penyebabnya di masing-masing pengguna tidak sama. Karena itu, perlu segera diatasi dengan beberapa cara agar kuota dapat digunakan kembali untuk mengakses aplikasi.

Pembelian paket internet secara khusus untuk kuota sering dipilih karena lebih hemat. Jadi ketika membuka aplikasi tertentu tidak akan mengurangi jumlah kuota utama. Tapi terkadang ada masalah pada sistem atau provider Indosat yang mengakibatkan paket tidak berkurang. Simak penjelasannya berikut:

Penyebab Kuota Aplikasi Tidak Bisa Digunakan

Apa yang menyebabkan kuota aplikasi yang sudah didaftarkan pengguna Indosat tidak bisa digunakan? Ada dua kendala yang paling umum menjadi penyebab kegagalan tersebut. Berikut ini masalahnya:

1. Jenis Kuota Salah

Mungkin pengguna sudah merasa tepat saat mengaktifkan paket internet aplikasi. Tapi tanpa disadari, jenis yang dipilih salah. Karena masing-masing paket biasanya khusus bagi platform tertentu, seperti Instagram, GoJek, LINE, Youtube, dan Grab.

Selain kesalahan dalam menggunakan paket aplikasi, bisa saja pengguna kurang teliti membaca kebijakan. Terkadang Indosat menerapkan urutan penggunaan kuota. Misalkan paket aplikasi terpakai setelah kuota utama habis.

2. Permasalahan Sistem

Penyebab kuota aplikasi tidak dapat digunakan kedua yaitu sistem Indosat mengalami permasalahan. Layanan jasa telekomunikasi seluler memang kerap terganggu. Terlebih saat jaringan buruk. Bahkan paket bisa gagal aktif jika ada gangguan pada provider.

Cara Mengatasi Kuota Aplikasi Tidak Bisa Digunakan

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan yang muncul saat kuota aplikasi Indosat tidak bisa dipakai? Ada beberapa panduan yang patut dicoba. Berdasarkan penyebab di atas, segera atasi dengan cara di bawah ini:

1. Mengecek Status Keaktifan Kuota Aplikasi

Panduan pertama yaitu mengecek apakah kuota aplikasi yang baru saja didaftarkan sudah aktif. Karena biasanya setelah mendaftarkan paket tidak langsung aktif. Sistem Indosat yang belum merespon ataupun kendala jaringan.

Keaktifan paket dapat dilihat melalui dial up kode *123# dengan Cek Status. Atau bisa juga melalui aplikasi MyIM3. Biasanya kuota yang sudah aktif akan diinformasikan melalui pesan notifikasi.

2. Mencari Jaringan yang Bagus

Kuota aplikasi Indosat tidak berkurang karena permasalahan jaringan. Jika mengalaminya, solusi tepat yaitu mencari lokasi dengan kualitas jaringan bagus. Coba pula mengaktifkan mode pesawat supaya jaringan baru yang masuk lebih baik.

Lalu bagaimana jika jaringan yang bermasalah itu disebabkan provider Indosat mengalami gangguan? Maka kuncinya hanya menunggu. Pihak Indosat pasti memperbaiki kendala tersebut, sehingga kuota bisa terpakai lagi.

3. Menggunakan Kuota Untuk Aplikasi Lain

Kuota aplikasi Indosat itu umumnya berbeda di masing-masing platform. Jika tidak dapat digunakan di satu aplikasi, gunakan pada selainnya. Contohnya ketika tidak terpakai di Instagram, coba pakai kuota untuk membuka LINE.

4. Me-restart Ponsel

Cara keempat untuk mengatasi kuota aplikasi yang tidak dapat terpakai yaitu dengan me-restart ponsel. Memulainya ulang bisa memperbaiki semua bug yang mungkin terjadi, termasuk permasalahan pada provider. Smartphone akan ter-refresh dan error diperbaiki. Langkah me-restart berbagai ponsel umumnya sama, yaitu:

  • Menekan tombol power hingga muncul menu baru.
  • Kemudian memilih Mulai Ulang.
  • Smartphone akan dinonaktifkan, tunggu sampai nyala sendiri.

5. Menghubungi Customer Service Indosat

Terakhir pengguna bisa menghubungi customer service Indosat. Ini dilakukan jika semua cara tidak berhasil dan kuota aplikasi masih tidak dapat dipakai. Ada beberapa kontak Indosat untuk dihubungi, yaitu:

  • Twitter: @IndosatCare.
  • Official WA: 0855-1000-185.
  • Telepon: (021)30003000 atau 185.
  • Email: [email protected].

Itulah penyebab kuota aplikasi Indosat tidak bisa dipakai berikut cara mengatasinya. Pengguna dapat mencari kendalanya dulu. Setelah itu mengikuti panduan yang sudah dibahas, termasuk menghubungi CS agar kuota terpakai kembali.

Baca Juga