fbpx

3 Penyebab Artikel Sulit Diindex yang Sering Terjadi

Seorang blogger atau pembuat tentunya sudah tidak asing lagi ketika mengalami susah . Index pada artikel adalah tidak muncul ketika pada mesin pencarian google atau sebelumnya pernah muncul dan hilang di kemudian hari. 

Untuk hal yang satu ini dirasa sangat merugikan para penulis artikel atau blogger karena akan kehilangan . Ketika artikel tidak bisa di index maka bizzie akan membuang waktu secara sia-sia. 

Sebelum bizzie harus mengetahui terlebih dahulu bahwa mesin pencarian pada Google sering digunakan oleh kalangan masyarakat sebesar 98%. Sedangkan untuk 2% masyarakat sering menggunakan alat pencarian pada Bing. 

Ketika artikel yang dibuat tidak muncul pada SERP Google maka bizzie akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan traffic besar. Untuk melakukan pengecekan artikel muncul di mesin pencarian atau tidak bisa menambahkan kata-kata “site: di depan tersebut. 

Macam-Macam Penyebab Artikel Susah Diindex

Pada artikel yang susah diindex ini diakibatkan karena beberapa faktor. Maka dari itu, untuk lebih jelas mengenai penyebab artikel susah diindex bisa simak penjelasan di bawah ini. 

1. Salah Dalam Melakukan Konfigurasi Visibilitas 

Untuk bizzie yang menggunakan WordPress harus mengetahui terlebih dahulu bahwa konfigurasi merupakan hal sangat penting. Mengatur konfigurasi mempunyai fungsi untuk mengetahui muncul atau tidaknya website di mesin pencarian. 

Bizzie bisa mengatur pada website milik bizzie supaya tetap bisa crawling pada mesin pencarian Google dan Bing. Pada penyebab artikel susah diindex satu ini banyak di lupakan begitu saja oleh para penulis maupun artikel. 

Baca Juga Artikel Berikut : Inilah Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Cara Mengatasinya : 

Saat ini banyak penyedia website yang bisa bizzie gunakan untuk menulis blog maupun artikel. Untuk bizzie yang menggunakan website wordpress maka bisa mengatasi hal tersebut dengan menggunakan cara sebagai berikut. 

  • Pertama bizzie bisa membuka website wordpress. 
  • Setelah bizzie sudah di halaman utama bisa langsung mencari menu “settings” dan “reading”. 
  • Pada saat bizzie berada di halaman tersebut maka bizzie akan diberikan banyak pilihan. Bizzie bisa langsung mencari menu “search engine visibility”. 
  • Ketika bizzie sudah memilih menu tersebut bisa langsung memberikan tanda “centang” pada kolom kotak tersebut dan pilih “simpan perubahan”. 
Baca Juga :  Ketahui Jenis-jenis Domain dan Fungsinya

2. Konten Copy Paste 

Penyebab artikel susah diindex satu ini sering sekali terjadi oleh para penulis blog maupun artikel. Bizzie harus mengetahui bahwa pada copy paste terdiri pada dua jenis. Untuk kedua jenis copy paste tersebut adalah : 

  • Melakukan copy paste konten pada website milik bizzie sendiri. 
  • Melakukan copy paste konten pada website milik orang lain. 

Pada penyebab pertama bizzie biasanya membuat konten artikel yang sudah pernah dibuat. Untuk mengetahui kondisi tersebut biasanya akan di ketahui ketika bizzie sudah menggunakan URL yang baru. Ketika bizzie akan melakukan submit dengan URL baru maka pihak Google akan otomatis menolak karena isi konten sebelumnya sudah pernah diterbitkan. 

Sedangkan untuk jenis copy paste yang kedua sangat tidak diperbolehkan dan pihak Google pun melarang kegiatan tersebut. Sebelum melakukan proses penerbitan artikel pihak Google akan secara otomatis mengetahui bahwa artikel yang bizzie buat merupakan copy paste di website orang lain. 

Cara Mengatasinya : 

Pada penyebab artikel susah di index konten copy paste bisa diatasi dengan satu cara. Untuk satu cara tersebut adalah :

  • Melakukan Redirect 

Redirect merupakan kegiatan pengalihan akses dari lama ke domain yang baru. Pada saat melakukan redirect terdapat dua jenis yaitu Redirect 301 dan Redirect 302. 

Untuk Redirect 301 adalah pengalihan URL lama ke dalam URL baru secara permanen. Sedangkan Redirect 302 adalah pengalihan URL lama ke URL baru secara sementara. 

Dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bizzie sangat disarankan untuk menggunakan Redirect 301. Sedangkan untuk bizzie yang tidak mengerti dalam melakukan Redirect tidak perlu khawatir karena dapat dibantu dengan melakukan install rankmath. 

Baca Juga :  5+ Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Skill Coding

3. Melakukan Keyword Stuffing 

Penyebab artikel susah diindex yang satu ini belum banyak diketahui oleh kalangan penulis blog maupun artikel. Stuffing adalah salah satu teknik yang saat ini sudah tidak bisa dipergunakan lagi karena sudah melanggar ketentuan dari pihak Google. 

Pada saat melakukan penulisan pada website bizzie akan diberikan kesempatan untuk menulis kurang lebih 400 sampai dengan 500 kata. Di dalam beberapa paragraf bizzie juga bisa memasukkan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan isi artikel tersebut. 

Ketika bizzie memberikan kata kunci secara berlebihan maka akan berdampak terhadap merosotnya ranking pada mesin pencarian Google. Bahkan bisa saja terjadi artikel yang bizzie buat akan menduduki peringkat paling bawah. 

Cara Mengatasinya :

Untuk bizzie yang sedang mengalami kejadian tersebut bisa melakukan melakukan satu cara sebagai berikut : 

  • Menggunakan Beberapa Variasi Dalam Kata-Kata

Saat bizzie menuliskan sebuah artikel atau blog tentunya harus menggunakan kata-kata yang bervariasi agar tidak terdeteksi copy paste. Selain itu, bizzie juga bisa memberikan beberapa kata kunci yang cocok dan bervariasi dengan jumlah wajar. 

Penyebab artikel susah diindex yang sudah disebutkan di atas sangat sering terjadi dan dialami oleh kalangan para penulis blog maupun artikel. Akan tetapi bizzie tidak perlu khawatir karena semua penyebab artikel susah diindex ada solusi mudahnya. 

Demikian penjelasan mengenai penyebab artikel susah diindex. Semoga dapat membantu bizzie yang sedang membutuhkan informasi mengenai hal tersebut. 

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Mudah Menaikkan Rating Blog