fbpx

Cara Agar Website Tampil di Halaman Teratas Google

Rata-rata, pengguna yang sedang mencari informasi melalui website pasti akan mengklik artikel yang ada dihalaman pertama . Pastinya, artikel yang muncul di halaman google ini telah memenuhi syarat SEO dan memang sesuai dengan kebutuhan pembaca. Lalu bagaimana sih cara agar bisa tampil di halaman google? Semoga informasi di bawah ini membantu ya.

Sebelum membahas lebih jauh, Bizzie sudah pernah mendengar istilah SEO? Pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah tersebut? Konten yang memenuhi syarat SEO lah yang berkesempatan untuk masuk ke halaman pertama google dan bisa mendatangkan traffic untuk pemiliknya.

Search Engine Optimization sendiri merupakan serangkaian proses yang dilakukan sistem untuk meningkatkan volume dan trafik kunjungan melalui search engine menuju tertentu. Jika mengetikan pencarian, lalu artikel bisa muncul di halaman pertama google, maka akan semakin menguntungkan Bizzie sebagai pemilik website.

Lantas bagaimana sebenarnya cara agar bisa tampil di halaman google? Berikut ini informasinya:

1. Optimalisasi Kecepatan Website

Kecepatan website merupakan waktu yang dibutuhkan untuk halaman agar selesai dimuat di web . Ada banyak penyebab kenapa loading sebuah website bisa begitu lama. Beberapa diantara penyebab itu antara lain:

  • Penggunaan yang kurang tepat
  • Penggunaan tema yang berat
  • menginstall terlalu banyak
  • Memasang banyak iklan
  • Ukuran database terlalu besar

Kecepatan website menjadi salah satu penentu kepuasan pengunjung. Pasti Bizzie juga tidak akan betah berlama-lama di yang loadingnya lama. Kecepatan website juga dipengaruhi oleh gambar yang digunakan terlalu besar, script yang berlebihan, mengabaikan , dan beberapa faktor lainnya. Mungkin faktor inilah yang menjadikan website Anda tidak muncul di halaman google.

Selanjutnya yang harus Bizzie lakukan adalah memperhatikan performa website. Usahakan untuk memasukkan gambar dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Ini dilakukan agar proses loading tidak lambat dikarenakan membuka website melalui mobile lebih lama dibandingkan memaki desktop.

Baca Juga :  6 Cara Optimalkan YouTube untuk Website Bisnis Anda

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Menambah Kapasitas Upload WordPress di Website

2. Optimalisasi Script Website

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa jadi website Bizzie tidak muncul di laman google karena kecepatan websitenya loading. Salah satu penyebabnya adalah script yang digunakan kurang optimal sehingga menghambat akses cepat website. Gunakanlah script seperlunya dan jangan berlebihan agar optimalisasi akses website juga lebih lancar.

Adapun cara mengoptimasi script website adalah sebagai berikut:

  • Hapus double script
  • Minimalkan jumlah iframe
  • Flush buffer lebih awal
  • Pastikan komponen di bawah 25 kb
  • Kemas komponen dalam multipart dokumen

3. Pastikan Konten Mobile Friendly

Salah satu cara untuk memunculkan konten di halaman google adalah mobile friendly. Penggunaan smartphone saat ini sudah sangat luas dan kebanyakan masyarakat mengakses informasi melalui handphone. Jika tampilan konten tidak mobile friendly, bagaimana pembaca bisa betah berlama-lama? Kalau sudah begitu, traffic website pasti akan menurun atau bahkan tidak ada peningkatan sama sekali.

4. Konten Berkualitas

Konten menjadi faktor terpenting yang tidak boleh dilupakan. Jika dirasa semua aspek penunjang sudah baik, maka pastikan konten yang di publish berkualitas. Pastikan konten yang Bizzie buat singkat, padat, dan jelas apa poin yang akan disampaikan kepada pembaca. Artikel dengan pembahasan yang bertele-tele akan membuat pengunjung merasa malas untuk scroll sampai habis.

Gunakan kata-kata yang lugas dan to the point. Hindari kosakata yang berulang agar konten yang dibuat lebih enak dibaca. Pemilihan kata juga sangat berpengaruh terhadap artikel yang ditulis. Jika Bizzie tidak memiliki waktu untuk menulis konten artikel, cobalah cari jasa yang bisa membantu untuk memajukan website.

5. Buat Konten yang Dibutuhkan Pembaca

Selain padat, jelas, dan singkat, Bizzie juga harus memperhatikan tema konten. Riset harus dilakukan terlebih dahulu untuk mengetahui potensi konten artikel yang dibuat nantinya. Ada berbagai macam tools riset keyword yang bisa digunakan secara gratis. Jangan sampai mengedepankan aspek SEO lainnya, malah mengabaikan jenis konten yang dibuat.

Baca Juga :  Cara Membuat Kategori Produk di WooCommerce yang Menarik Bagi Pelanggan

Setelah riset dilakukan, dan beberapa keyword sudah dikumpulkan, Bizzie bisa melihat peta persaingan konten terhadap keyword tersebut. Disini, Anda bisa mengetahui pembahasan apa saja yang akan dimasukkan dalam artikel dan seberapa banyak pembaca yang membutuhkan informasi tersebut.

6. Pahami Pengunjung untuk Tampil di Halaman Pertama Google

Sesuatu yang berkualitas tidak bisa dibuat dalam satu dua hari. Diperlukan latihan dan pengetahuan agar konten yang dibuat bisa maksimal dan sesuai standar agar bisa tampil di halaman google. Bizzie bisa melakukan riset kecil-kecilan tentang bagaimana website Anda di mata pengunjung dan pembaca. Seperti apa pengalaman kunjungan mereka dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui pendapat pembaca, Bizzie bisa tahu apa-apa saja yang harus diperbaiki dan dipertahankan. Sebab, pengalaman pengguna yang berkunjung itu sangatlah penting. Karena hal tersebut berpengaruh terhadap trafik yang bisa memunculkan website di halaman pertama google.

7. Pilih Nama Domain Unik

Penggunaan domain yang unik juga dapat membuat website menjadi lebih menarik. Peluang sama dengan website lain pun bisa dihindari. Sebisa mungkin untuk membuat domain yang belum dipakai oleh siapapun agar google mudah mengidentifikasi dan memunculkannya di halaman pertama. 

Coba bayangkan jika nama domain sama, konten, ataupun kata kunci serupa, pasti akan kesulitan mengidentifikasinya bukan? Untuk itu, selain optimasi SEO, website, dan membuat konten artikel berkualitas, penggunaan domain yang unik juga harus diperhatikan.

Nah, itulah tadi beberapa informasi yang bisa Bizzie coba terkait cara agar tampil di halaman google. Perhatikan semua aspek di atas agar konten bisa masuk halaman pertama mesin pencari google ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Membuat Live Chat di Website dengan Mudah