Belajar marketing saat memulai bisnis

Apakah Perlu Belajar Marketing Saat Memulai Bisnis?

Mulai Berbisnis Perlukah Belajar Marketing? – Anda yang berkecimpung di dunia bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan marketing. Dalam bahasa awam marketing sering disebut sebagai promosi. Kegiatan ini tidak hanya ditujukan untuk mendongkrak penjualan. Selain itu, pemasaran juga memiliki peran yang sangat penting dalam membangun nama bisnis atau perusahaan di masyarakat. Marketing adalah suatu kegiatan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan kepuasan pelanggan dengan melakukan berbagai cara.

belajar-marketing

Mulai dari membuat produk, nilai jual, menentukan harga, dan mempromosikan produk. Pemasaran merupakan suatu gabungan aktivitas yang saling berhubungan dalam upaya mengetahui kebutuhan konsumen. Jadi Pentingnya Belajar Marketing dalam Bisnis agar perusahaan dapat mengembangkan harga, produk, layanan, dan promosi untuk memenuhi kebutuhan dan memperoleh keuntungan.

Tujuan utama dari sebuah bisnis adalah mencari keuntungan dengan memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai target pasar, oleh karena itu fungsi pemasaran tidak lepas dari bisnis itu sendiri karena sangat erat kaitannya dengan strategi yang dapat menarik pelanggan sehingga ada peningkatan penjualan. 

Untuk dapat mencapai tujuan bisnis tersebut, marketing memiliki fungsi-fungsi penting dalam perusahaan yang terbagi menjadi tiga jenis. Fungsi-fungsi tersebut yaitu fungsi pertukaran, fungsi distribusi fisik dan fungsi perantara. Setiap fungsi tentunya memiliki aktivitas dan implementasi yang berbeda dalam berbisnis.

Fungsi Pertukaran

Fungsi pertama dari marketing adalah fungsi pertukaran, fungsi ini didefinisikan agar konsumen dapat membeli produk atau jasa dengan cara tukar menukar. Pertukaran yang dimaksud bisa berupa penukaran uang dengan barang atau barang dengan barang dalam proses jual beli, produk  yang ditukar bisa digunakan sendiri atau dijual kembali.

Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi yang kedua adalah fungsi distribusi fisik, distribusi fisik produk dilakukan dengan cara menyimpan produk dari produsen untuk diberikan atau dijual kepada konsumen. Transportasi dilakukan dengan berbagai cara dan moda transportasi seperti darat, laut dan udara. Sedangkan penyimpanan dilakukan dengan cara menyetorkan dan menjaga jumlah persediaan agar tidak ada kekurangan pada saat produk dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Fungsi Perantara

Fungsi ketiga dari marketing adalah fungsi perantara yang digunakan sebagai pembiayaan, pencarian informasi, pengelompokan produk untuk dapat menyampaikan produk kepada konsumen. Fungsi ini menghubungkan dua fungsi lainnya yaitu fungsi pertukaran dan distribusi fisik.

Apa pentingnya Belajar marketing dalam bisnis?

Pentingnya Peran Marketing dalam Bisnis

Setelah mengetahui fungsi pemasaran yaitu fungsi pertukaran, distribusi fisik dan perantara, Anda akan lebih mudah memahami peran penting pemasaran dalam sebuah bisnis. Namun, selain mengetahui dan memahami fungsi pemasaran dalam bisnis, ada baiknya Anda memahami peran penting pemasaran dalam sebuah bisnis.

Sebagai Penjualan

Salah satu peran utama pemasaran dalam bisnis adalah sebagai sales atau sales, karena sepertinya kita tahu bahwa salah satu elemen penting dari sebuah bisnis adalah keuntungan yang diperoleh dari proses penjualan produk atau jasa yang dihasilkan dari bisnis tersebut.

Sebagai Promosi

Pemasaran juga berperan dalam mempromosikan bisnis dan produk yang dihasilkan bisnis tersebut, baik berupa barang maupun jasa. Tujuannya agar masyarakat sebagai konsumen sasaran usaha dapat mengenal produk tersebut dan meningkatkan keuntungan usaha dengan cara meningkatkan potensi penjualan.

Penelitian dan Pengembangan

Marketing berperan dalam riset dan pengembangan produk agar produk yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan. Pemasaran harus meneliti kebutuhan konsumen dan melakukan inovasi tertentu pada produk yang dimiliki perusahaan, serta memastikan apakah produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen atau perlu dikembangkan kembali.

Kesimpulan

Tentunya, belajar marketing untuk kebutuhan memulai bisnis sangatlah diperlukan, karena marketing juga merupakan ujung tombak dari kegiatan bisnis!, Selamat Belajar!

Demikian artikel yang berjudul Pentingnya Belajar Marketing dalam Bisnis ini dibuat. Semoga bermanfaat kepada para pembaca. Sekian dan terimakasih. Untuk membuat website bisnis untuk kegiatan bisnis anda, silahkan klik Jasa Website Dewabiz

Scroll to Top