fbpx

Panduan Mudah Setting Paypal Woocommerce

Jika Bizzie adalah salah satu orang yang sering menggunakan e-commerce atau toko online untuk berbelanja beberapa kebutuhan, maka hal ini tidak akan lepas dari perhatian Bizzie. Dalam tampilan e-commerce ada pilihan mengenai layanan payment . Layanan ini memiliki tujuan untuk mempermudah sistem pembayaran yang ada pada toko online. 

Pada e-commerce luar negeri biasanya seringkali menyantumkan sebagai payment gateway. Tentu saja penggunaan PayPal memiliki beberapa keuntungan salah satunya adalah metode keamanan yang mumpuni sekaligus penyelesaian transaksi dapat dilakukan secara praktis tanpa perlu terlalu banyak cara dan prosedur yang ada.

Pada ini, Bizzie akan mengetahui bagaimana woocommerce. Sehingga Bizzie bisa menyertakan PayPal sebagai salah satu alat pembayaran pada website e-commerce yang Bizzie miliki. Tidak perlu khawatir, pada artikel ini semua langkah akan dijelaskan satu demi satu sehingga jelas. Namun sebelum membahas mengenai panduan setting paypal woocommerce maka terlebih dahulu membahas mengenai pengertian Paypal dan  beberapa keuntungan secara spesifik jika menggunakan PayPal sebagai payment gateway. 

Apa arti dari PayPal?

PayPal adalah salah satu dari sistem pembayaran guna mempermudah transaksi seperti contonya mengirimkan dan menerima dana secara online. Paypal bisa Bizzie gunakan kapanpun dan dimanapun tidak terbatas pada waktu dan tempat. Dalam menggunakan akun Paypal, silahkan daftarkan kartu kredit ataupun kartu debit Bizzie sehingga bisa melakukan banyak sekali transaksi melalui online dengan cara yang praktis. 

Karena PayPal sangat sering digunakan sebagai payment gateway bagi para e-commerce yang ada, oleh karena itu jika Bizzie memiliki website yang berkaitan dengan e-commerce maka penggunaan PayPal sangat direkomendasikan untuk website milik Bizzie. Melalui artikel ini maka Bizzie akan dibimbing dengan panduan setting paypal woocommerce.

Baca Juga :  Cara Editing Title dan Deskripsi WordPress

Bagaimana Panduan Setting Paypal Woocommerce?

Untuk masuk ke dalam bagian panduan setting paypal woocommerce maka pastikan tidak ada langkah yang terlewat dan lakukanlah secara teliti. Simak beberapa langkah berikut ini sebagai panduan setting paypal woocommerce. 

Langkah pertama: Membuat Akun Sandbox Paypal

Langkah pertama dalam panduan setting paypal woocommerce adalah membuat akun sandbox PayPal. Bizzie harus melakukan ini agar bisa memastikan bahwa tidak ada kesalahan sama sekali jika nantinya PayPal digunakan sebagai payment gateway oleh pelanggan. Berikut ini adalah cara sederhana untuk membuat akun sandbox Paypal, yaitu:

  • Mengunjungi halaman Developer Section PayPal
  • Pilih tulisan ‘log into dashboard’ yang terletak pada atas halaman sebelah pojok kanan
  • Tunggu beberapa saat sehingga tersedia proses untuk sign up dan pilih untuk Bizzie sebagai pemilik dari toko online yang ingin didaftarkan pada PayPal
  • Silahkan masukkan angka pada kolom Tax ID berupa nomor pajak bisnis milik Bizzie atau jika masih belum mempunyainya Bizzie bisa memasukkan nomor identitas KTP
  • Silahkan masukkan yang biasa Bizzie gunakan dan pilih tulisan ‘next’
  • Tunggu hingga semua proses selesai dibuat

Baca Juga Artikel Berikut : Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Mu Dapat Berkembang

Langkah kedua: Integrasi PayPal dengan WooCommerce

Langkah selanjutnya dalam rangkaian panduan setting paypal woocommerce yaitu menyinkronkan akun Paypal ke Woocommerce. 

  • Silahkan masukkan data untuk login ke WordPress
  • Pilih WooCommerce yang terletak pada samping kiri dan pilih ‘Settings’
  • Klik tulisan Checkout dan silahkan gulirkan kebawah layar Bizzie hingga menemukan tulisan tertera Payment Gateways
  • Pilih PayPal dan centang kolom bertuliskan Enable PayPal Stbizzierd

Langkah ketiga: Konfigurasi Semua Setting PayPal

Ada beberapa hal yang perlu dikonfigurasi yaitu Paypal Configuration, Advanced Options, dan Credentials.

  • Pilih menu Paypal Configuration
  • Memilih judul dan menuliskannya pada kolom berisi Title, masukkan deskripsi, sekaligus email yang terintegrasi dengan akun PayPal 
  • Pilih menu Advanced Options
  • Aktifkan Paypal Sandbox, masukkan alamat email yang Bizzie gunakan untuk mendaftarkan diri ke Paypal
  • Silahkan masuk ke dalam menu Sandbox API Username dan mengisi kolom password sekaligus signature
  • Apabila sudah selesai, Bizzie bisa memilih Save Changes dan terhubung dengan WooCommerce secara otomatis. 
Baca Juga :  Mengenal Domain .OR.ID : Domain Untuk Organisasi

Beberapa langkah diatas adalah upaya panduan setting paypal woocommerce yang sangat mudah jika Bizzie mengikuti langkah demi langkahnya. Langkah ini cukup sederhana namun perlu banyak ketelitian dalam melakukannya agar tidak ada satupun urutan langkah yang terlewat. 

Keuntungan Menggunakan PayPal Bagi E-Commerce

Sebelum memutuskan apakah website e-commerce Bizzie ingin menjadikan PayPal sebagai salah satu atau bahkan satu-satunya gateway yang tersedia, maka Bizzie harus mengetahui terlebih dahulu keuntungan secara spesifik penggunaan PayPal bagi e-commerce yang ada. Berikut ini adalah penjabaran keuntungan secara spesifik mengenai penggunaan PayPal. 

1. Transaksi memiliki keamanan yang ketat

Bizzie tidak akan pernah menyangka jumlah orang yang menggunakan PayPal. Ada sekitar lebih dari 237 juta orang telah menggunakan PayPal. Hal ini tentu saja berdampak pada kepercayaan yang telah dibangun sejak lama. Bahkan pihak Paypal memberikan pernyataan akan memberikan jaminan uang untuk kembali jika ada penipuan terkait transaksi yang dilakukan. Tentunya harus disertai dengan bukti yang sangat konkret. 

2. Sudah terintegrasi dengan website wordpress yaitu woocommerce

Jika Bizzie menggunakan sebagai pilihan website Bizzie, maka PayPal sudah terintegrasi dengan sistem woocommerce yang dimiliki oleh wordpress. Sehingga proses atau langkah yang harus dilakukan juga tidak terlalu rumit.

3. Melalui sistem recurring payment yang menguntungkan

Apabila Bizzie punya bisnis yang berkaitan dengan sistem berlangganan maka metode pembayaran otomatis terbaik bagi pelanggan setiap bulannya adalah PayPal. Hal ini karena PayPal akan mengirimkan invoice secara otomatis pada setiap pelanggan untuk membayar biaya pelanggan. 

Nah itu dia beberapa hal mengenai Paypal sekaligus langkah demi langkah panduan setting paypal woocommerce. Jika Bizzie yakin bahwa PayPal mampu mengakomodir kebutuhan Bizzie, maka silahkan gunakan Paypal sebagai salah satu payment gateway bagi e-commerce Bizzie. 

Baca Juga Artikel Berikut : 2 Cara Membuat Barcode Sendiri Mudah Tanpa Alat Khusus