fbpx

2 Cara Membuat Barcode Sendiri Mudah Tanpa Alat Khusus

Memiliki barcode sendiri sangatlah penting untuk kepentingan . Inilah 2 cara membuat barcode dengan mudah tanpa ribet.

Cara membuat barcode penting untuk Anda ketahui terutama siapa pun yang hendak membuat barcode itu sendiri. Adapun barcode merupakan salah satu jenis kode yang cukup banyak digunakan untuk berbagai hal. Misalnya saja keperluan akan pendataan produk maupun membagikan lokasi lewat fitur maps.

Bukan hanya dua hal itu masih ada sejumlah keuntungan yang dapat Anda peroleh dari kode batang atau barcode tersebut. Bagi Anda yang tertarik, cara membuat barcode sendiri cukup bervariasi serta tentunya mudah dicoba siapa pun. Kali ini terdapat cara untuk Anda agar dapat membuat barcode sendiri. Bahkan Anda bisa membuat barcode dari ponsel saja dan bisa dipraktikkan secara langsung.

Bagaimana Cara Membuat Barcode Sendiri?

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat barcode, ada baiknya Anda mengetahui arti dari barcode itu sendiri. Barcode merupakan kode batang yang umumnya berbentuk garis dan dapat dibaca oleh sebuah mesin. Hal tersebut pastinya sudah tak asing lagi Anda temukan ketika berbelanja kemudian membayarnya di meja kasir. Lain halnya dengan barcode, sering kali kita juga menjumpai QR code.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, barcode merupakan data optik yakni garis yang dapat terbaca oleh sebuah mesin. Adanya kode batang tersebut berfungsi guna membedakan antara satu produk dengan jenis produk lainnya. Dengan demikian keberadaan barcode memudahkan pekerjaan petugas kasir. 

Baca Juga :  Beberapa Cara Mengatasi Troubleshooting Jaringan

Fungsi Adanya Barcode

Sebagai informasi, barcode juga mempunyai bermacam kegunaan dalam kegiatan manusia sehari-hari. Sehingga Anda mempunyai alasan kuat mengetahui cara membuat barcode sendiri. Berdasarkan kegunaannya ada sejumlah kategori yang menjadi fungsi dari barcode itu sendiri yaitu:

Untuk kebutuhan bidang retail

Biasanya teknologi berupa barcode merupakan teknologi yang dipakai guna kebutuhan produk yang dipasarkan oleh sebuah swalayan maupun sejenisnya.

Kebutuhan non retail

Adapun contoh fungsi dari barcode dalam poin satu ini yaitu guna kepentingan upaya pelabelan pada buku perpustakaan yang kita ketahui jumlahnya mulai dari ratusan sampai ribuan sekalipun. 

Keperluan untuk packaging

Keberadaan barcode berfungsi pula dalam pengiriman barang. Adapun salah satu jenis barcode yang dipakai untuk kebutuhan packaging yaitu tipe ITF.

Kebutuhan bidang penerbitan

Cara membuat barcode juga cukup penting untuk kebutuhan penerbitan sebuah produk. Misalnya saja yakni guna memperlihatkan ISSN pada sebuah buku.

Kebutuhan farmasi

Jenis barcode HIBC yaitu tipe barcode dan kerap dipakai guna mengidentifikasi sebuah produk maupun obat-obatan dengan jenis beragam. Berkat keberadaan teknologi tersebut diharapkan nantinya begitu menolong orang-orang yang bekerja dalam industry farmasi.

2 Cara untuk Membuat Barcode

Dahulu yang kita tahu dalam cara membuat barcode memerlukan pemakaian alat bersifat khusus. Namun sekarang Anda sudah dapat melakukannya melalui Android, PC serta perangkat mana saja. Berikut ini beberapa cara mudah membuat barcode yang bisa Anda terapkan langsung. 

Membuat barcode maps atau lokasi

Tak sedikit pula barcode mengarahkan pengguna menuju ke platform Maps agar dapat mengetahui lokasi sebuah tempat maupun membuatnya untuk undangan. Itulah mengapa Google Maps mempunyai peran penting pada pembuatan undangan berupa barcode. Sementara itu cara membuat barcode lokasi yakni :

Baca Juga Berikut : Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Mu Dapat Berkembang

  • Pertama buka layanan Google Maps lewat .
  • Tuliskan lokasi tujuan dalam kolom pencarian
  • Tentukan pilihan terhadap menu Share lalu pilihlah Copy
  • Kemudian buka laman baru serta menuju bernama pageloot.com
  • Gulir layar dan temukan menu berupa URL.
  • Setelah itu pilihlah Go To serta masukkan link dalam kolom tersedia.
  • Aturlah warna untuk barcode serta tambahkan logo berdasarkan selera.
  • Sesudah itu atur ukuran serta pilih menu
  • Nantinya barcode tersimpan dalam file bernama Download dengan tipe penyimpanan PNG.
Baca Juga :  Macam-Macam Business Digital

Membuat barcode melalui aplikasi di android

Kemudian ada cara membuat barcode yang bisa Anda lakukan dari sebuah Android yaitu Barcode Generator. Anda dapat memakai aplikasi hasil kembangan Aeiou lalu menentukan pilihan terhadap 11 macam barcode berdasarkan pilihan barcodenya. Pilihan itu bisa mulai dari QR Code hingga jenis barcode yang sering dipakai untuk suatu produk dalam supermarket. 

Anda tak perlu berusah payah membuat barcode dan dapat mengikuti langkah-langkah berdasarkan apa yang ada dalam aplikasi tersebut. Sebagai informasi, aplikasi bernama Barcode Generator ini mempunyai ulasan positif yang berasal dari pengguna. 

Inilah 2 Jenis Barcode

Ada dua jenis barcode yang kerap dijumpai yakni :

Satu dimensi

Barcode pertama ada satu dimensi yakni serangkaian garis yang berguna menyimpan sejumlah informasi yakni warna, teks, jenis produk dan ukuran. 

Dua dimensi

Perbedaan barcode dua dimensi dengan satu dimensi yakni lebih kompleks yang mencakup kelengkapan informasi yakni harga, gambar, teks sampai kuantitas sekalipun.

Itulah informasi tentang cara membuat barcode yang jelas dan dapat Anda coba secara langsung. 

Baca Juga Artikel Berikut : Manfaat Cloud Hosting Bagi Website Bisnis