fbpx

Mudah! Cara Mengatasi Website yang Sering Down

Performa website harus tetap bagus agar tidak mengalami kendala apapun. Inilah cara mengatasi website yang harus diketahui.

Ada berbagai macam kendala yang bisa terjadi dan menimpa Anda, ketika tidak bisa melakukan akses pada sebuah website. Hal ini akan sangat merugikan bagi seorang pemilik website, karena akan berdampak kepada orang lain yang akan mengakses website. Maka ini yang disebut website sedang down, sehingga perlu ada upaya-upaya yang baik untuk mengatasinya. Cara mengatasi website server down bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Tetapi, jika orang tidak mengetahui sebab-sebab kenapa hal itu bisa terjadi, maka masalah itu tidak akan terselesaikan.

Tentang cara mengatasi website server down tidak bisa diselesaikan tanpa adanya yang maksimal. Sementara, peranan website ini sangat banyak dan bermanfaat bagi dunia apapun, baik pendidikan, , pemerintahan dan lain sebagainya. Berbagai macam persoalan yang utuh bisa Anda himpun, agar kendala yang dihadapi bisa terselesaikan dengan baik. Akan tetapi, apa sebetulnya penyebab website mengalami kendala server down dan langkah-langkah yang perlu disikapinya? Ini menjadi pertanyaan yang harus dijawab.

Penyebab Website Mengalami Down

1. Kualitas Web Hosting yang Kurang Baik

Dalam pelayanannya, tidak semua website itu bagus. Ada beberapa hal yang perlu Anda cermati, karena terkait dengan waktu akses ini tidak lah bisa secara maksimal bekerja. Ada yang waktu akses sebuah tidak bisa maksimal selama 24 jam, tetapi ada juga yang bisa maksimal sampaik 24 jam.

Baca Juga :  Cara Mengganti Username WordPress [Lengkap]

Ada berbagai macam alasan yang mendasarinya, mulai dari adanya  kualitas yang sudah using, praktik maintenan yang kurang bagus. Maka solusinya adalah, Anda bisa kritis saat memilih website yang ada, khususnya yang menawarkan akses waktu maksimal hingga 99%, artinya ketika orang lain melakukan akses 24 jam, hal ini bisa dilakukan dengan maksimal.

2. Lonjakan Trafik yang Maksimal

Anda pasti pernah mengalami sebuah website yang sulit untuk diakses di waktu yang sama orang mengaksesnya. Hal tersebut, dikarenakan karena jumlah pengunjung pada web tersebut melebihi kapasitas. Adapun cara mengatasi website server down adalah dengan mengatur jam kunjungan atau memilih web yang baik. Kriteria web yang bagus adalah ketika ada kunjungan dari orang-orang, tetapi tidak berpengaruh pada kelemotan website. Ini menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan dengan seksama.

3. Masalah pada DNS

Rusaknya DNS atau domain name sistem, ini menjadi salah satu faktor yang kurang baik untuk dilakukan. Hal ini akan menyulitkan orang lain untuk melakukan akses pada domain. Maka Anda perlu menyiapkan nama domain yang tepat dan mudah untuk diketik oleh para penggunanya. Terkadang persoalan ini menjadi hal kecil yang sangat mengganggu.

4. Masalah pada Coding

Masalah yang terletak pada bisa membuat sebuah server down. Kesalahannya terletak pada struktur kode yang ada. Meskipun ini sangat jarang sekali terjadi, akan tetapi ini akan sangat menghambat proses , jika ini sedang terjadi.

Baca Juga Berikut : 6 Tips Merawat Website Untuk Pemula 

5. Diserang Hacker

Jika sedang diserang hacker, maka bisa menyebabkan website menjadi down. Maka cara mengatasi website server down adalah dengan memberikan fasilitas keamanan saat sedang terjadi pembajakan. Ini akan sangat sedikit membantu dari proses pembajakan yang sedang dilakukan.

Baca Juga :  Inilah 7 Fungsi SSL untuk Website yang Wajib Diketahui

Cara Mengatasi Website yang Down agar Kembali Normal

Tentunya, cara mengatasi website server down bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah terbaik. Anda bisa mengupayakan beberapa hal berikut:

  1. Memilih sebuah jasa penyedia web hosting yang terbaik
  2. Dalam menggunakan server bisa memilih dengan kualitas yang tinggi
  3. Mengoptimalkan sertifikat SSL agar bisa bekerja lebih bagus
  4. Banyak melakukan back-up pada website
  5. Lebih teliti dalam melihat jadwal maintenance

Ada beberapa langkah yang baik seperti penjelasan di atas yang bisa Anda lakukan. Adapun cara mengatasi website server down akan terselesaikan jika langkah-langkah di atas bisa dilakukan dengan maksimal. Persoalan yang utama ini tentang server down harus Anda cari penyebabnya, jika tiba-tiba tanpa direncanakan server sedang down. Maka Anda bisa segera mengatasi jika sedang terjadi masalah pada website yang sedang di akses.

Ada banyak sekali persoalan dalam website yang mungkin saja menyebabkan proses kerja menjadi terhambat. Berbagai macam pengalaman yang terjadi, misalnya dalam dunia kampus. Bahwa pada saat pengisian KRS , mahasiswa yang mengakses website secara berbarengan. Maka yang terjadi adalah kecepatan akses menjadi lebih lama. Kasus ini sering terjadi dan menyebabkan pengisian jadwal menjadi terhambat.

Tidak hanya itu saja, masih banyak sekali kasus lainnya. Misalkan seperti, kasus penghitungan daftar pemilih pada website KPU. Pada waktu 2019, terjadi down server akses. Dalam melakukan akses sangat lah sulit untuk dilakukan oleh pihak luar. Ditambah munculnya hacker yang mulai meretas isi website. Tentunya solusi atau cara mengatasi website server down harus dipahami dengan baik oleh para pemiliknya.

Baca Juga Artikel Berikut : 10+ Tips Memilih Cloud VPS untuk Website Anda