fbpx

6 Tips Merawat Website Untuk Pemula 

Merawat suatu kegiatan yang harus di lakukan oleh para pemilik website. Merawat website ini sering disebut dengan maintenance website. Maintenance website merupakan suatu tindakan untuk memastikan semua komponen yang ada di dalam tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak. 

Pada saat merawat website sama seperti bizzie sedang merawat hunian rumah. Proses perawatan website dibagi menjadi tiga jenis yaitu mingguan, bulanan dan tiap kuartal. 

Tips Merawat Website Untuk Pemula 

Kebutuhan di dalam website tentunya berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Akan tetapi semua website yang ada di halaman membutuhkan pemeliharaan yang sama. 

Apalagi untuk para pemula pemilik website tentunya akan merasa kesusahan untuk merawanya. Akan tetapi bizzie tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini akan membahas secara rinci mengenai beberapa tips merawat website untuk pemula. 

1. Memastikan Seluruh Halaman atau Tautan Masih Berjalan Dengan Baik.

Untuk bizzie yang memiliki website tentunya harus memastikan bahwa halaman maupun tautan yang masih bisa berjalan secara baik. Tips merawat website untuk pemula kali ini tentunya masih banyak yang mengabaikan. Kebanyakan dari para pemilik website akan melakukan perbaikan ketika ada salah satu pengunjung mengalami ketika akan membuka website tersebut. 

Pada saat bizzie terlalu mengabaikan permasalahan tersebut tentunya akan membuat pegunjung merasa kecewa. Untuk proses pemeriksaan bizzie bisa menggunakan cara sebagai berikut:

  • Lakukan install plugin atau Broken Checker. Pada proses install berhasil maka akan membantu bizzie untuk menemukan beberapa tautan yang rusak. 
  • Lakukan setting yang ada di Broken Link Checker 
  • Tunggu beberapa saat dan bizzie bisa langsung melakukan perbaikan atau menghapus yang rusak. 
Baca Juga :  Cara Mendapatkan Bonus Plugin dan Theme di DewaBiz

2. Melakukan Pemeriksaan Pada Seluruh Komponen Website 

Tips merawat website untuk pemula yang satu ini sangat penting meski masih banyak yang melupakan. Para pemilik website disarankan untuk selalu melakukan pembaharuan pada seluruh komponen website. 

Pada saat bizzie mengabaikan tips merawat website untuk pemula kali ini akan memberikan dampak buruk terhadap website bizzie. Salah satu dampak buruknya adalah website milik bizzie akan hilang secara tiba-tiba karena terserang malware. 

Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut bizzie sangat disarankan untuk melakukan pembaharuan meski sifat nya kecil. Hal penting lainnya bizzie harus selalu mengecek secara rutin untuk notifikasi update yang ada di kotak masuk website. 

Baca Juga Berikut : 5 Cara Agar Website Muncul di Pencarian Google 

3. Lakukan Penghapusan Segala Komentar Spam

Tidak heran lagi ketika ada seseorang pengunjung yang memberikan komentar secara spam di website milik bizzie. Banyak dari para pemilik website yang selalu menghapus komentar tersebut dan beranggapan sepele. 

Pada kenyataannya beberapa komentar yang diberikan pada kolom website bizzie sangat berarti dan bahkan menjadi salah satu tips merawat website untuk pemula. Bahkan, banyak dari para pengunjung wesbsite yang memberikan komentar dengan pancingan link. Sehingga memberikan kesan yang sangat mengganggu. 

Ketika bizzie terlalu lama membiarkan komentar tersebut akan memberikan dampak buruk terhadap para pengunjung lainnya. Salah satu dampak buruknya adalah bizzie akan dianggap cuek terhadap para pengunjung. Untuk permasalahan yang satu ini ada solusi terbaik nya yaitu menghapus di beberapa bagian komentar tersebut. 

4. Melakukan Tinjauan Terhadap Performa SEO

merupakan salah satu kunci penting ketika webiste bizzie ingin mudah di temukan pada mesin pencarian . Pada saat bizzie menggunakan tips merawat website untuk pemula secara maksimal maka para pengguna akan lebih percaya dengan hasil pencarian google. 

Mempunyai performa SEO terbaik di dalam website akan memberikan beberapa dampak positif. Salah satu dampak terbaik nya adalah akan membantu  bizzie dalam menaikkan rangking pada website. 

Baca Juga :  Apa itu Conversion Rate Optimization? Apa yang Perlu Disiapkan?

Pada saat websiite milik bizzie berada di posisi atau peringkat paling atas maka akan memberikan kemungkinan akan diberikan klik pertama oleh pengguna. Hal penting yang harus bizzie perhatikan pada saat menggunakan tips merawat website untuk pemula satu ini akan jangan gampang puas. 

5. Sering Melakukan Review Konten Dalam Website 

Satu hal yang harus bizzie pertimbangkan secara serius dan perhatikan adalah di saat pemilihan konten. Ketika proses pemilihan konten akan lebih baik ketika disesuaikan dengan trend yang saat ini sedang naik daun. 

Hal penting yang harus bizzie perhatikan pada saat menggunakan tips merawat website untuk pemula adalah selalu lalukan review konten. Tentunya pada saat bizzie sering melakukan review konten akan berdampak baik terhadap website tersebut. 

Selain itu, pada saat bizzie sudah berhasil menggunakan tips merawat website untuk pemula jangan langsung merasa berada di zona nyaman. Bizzie harus terus melakukan review, karena konten tidak dapat berlangsung secara abadi dan terus mengalami perubahan. 

6. Melakukan Tes Kecepatan Loading Halaman Website 

Kegiatan menunggu merupakan hal yang membuang-buang waktu dan sia-sia. Semua orang yang akan mengakses sebuah website tentunya menginginkan proses dapat berjalan secara cepat. 

Pada saat bizzie mengabaikan tips merawat website untuk pemula ini akan memberikan dampak buruk terhadap website. Bahkan website bizzie akan mengalami penurunan jumlah pengunjung. 

Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan di atas ada satu tips merawat website untuk pemula yang bisa bizzie gunakan. Untuk tips tersebut adalah bizzie bisa menggunakan beberapa bantuan plugin yang mendukung. 

Lakukan semua tips merawat website untuk pemula yang sudah disebutkan di atas secara rutin. Semakin sering bizzie melakukan perawatan maka website bizzie akan dijauhi dengan proses error. 

Baca Juga Artikel Berikut : 10 Rekomendasi Website untuk Mencari Inspirasi Web Desain