fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

WordpressPromoServiceWebsite

Biaya Pembuatan Website Perusahaan Tahun 2023

Yanti puspita

Pada tahun 2023, biaya pembuatan website untuk perusahaan tetap menjadi faktor penting dalam strategi digital mereka. Dalam lingkungan bisnis yang semakin terhubung secara online, memiliki website yang profesional dan fungsional adalah suatu kebutuhan.

Dalam artikel ini, akan di bahas estimasi biaya pembuatan website perusahaan pada tahun 2023, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Mari jelajahi lebih lanjut mengenai pentingnya alokasi anggaran yang tepat untuk membangun kehadiran online yang kuat bagi perusahaan Anda.

Biaya Pembuatan Website Yang Perlu Di Perhatikan

Biaya pembuatan website itu tergantung dari budget dan tujuan Anda membuat website itu sendiri. Artinya, bisa berbeda-beda bagi setiap individunya.

Nah, pada pembahasan kali ini di harapkan agar Anda bisa mendapatkan jawaban lebih lengkap mengenai biaya pembuatan website. Penasaran bagaimana penjelasan lengkapnya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

Domain

Biaya pembuatan website yang harus di perhatikan pertama adalah biaya domain. Dalam membuat sebuah website, domain merupakan sesuatu yang sangat wajib dan mutlak untuk di miliki.

Hal ini karena domain yang beruna untuk memudahkan pengunjung mengakses website yang Anda buat.

Tanpanya, mustahil untuk membuat website. Perihal harga domain ini tidaklah memiliki harga yang mahal.Mulai dari Rp12.000 hingga Rp250.000 per tahunnya, Anda bisa memilih domain yang sesuai kebutuhan.

Hosting

Biaya pembuatan website yang harus di perhatikan selanjutnya adalah biaya hosting Komponen website nan wajib yang kedua yaitu hosting.

Jika Anda belum tahu maka hosting ini bisa di sebut sebagai penyimpanan untuk semua file website. Adapun file website yang dimaksud yakni teks , gambar, dokumen, tema, dan sebagainya.

Untuk biaya pembelian hosting sendiri terbagi menjadi beberapa kategori dan harganya pun juga umumnya berbeda-beda antara satu hosting dan yang lainnya.

Harga hosting sendiri mulai dari Rp14.500 hingga ada yang sampai 6 jutaan per bulannya. Selisihnya sangat jauh ‘bukan? Berikut jenis-jenis hosting yang sebaiknya Anda ketahui sebelum Anda membeli hosting.

  • Hosting Murah (Rp14.500-Rp109.000)
  • WordPress Hosting (Rp69.000-Rp499.000)
  • Unlimited Hosting (Rp89.00-Rp109.900)
  • Cloud Hosting untuk Bisnis (Rp79.000-Rp3.250.000)
  • VPS Hosting (Rp75.000-Rp6.250.000)

SSL

Biaya pembuatan website yang harus di perhatikan selanjutnya adala biaya SSL. SSL merupakan protokol keamanan yang berfungsi mengenkripsi data dan informasi.

Website yang memiliki SSL akan di anggap aman oleh Google dan kebanyakan browser lainnya. Apabila website Anda tidak memiliki SSL ini maka ketika pengunjung membuka website Anda.

Akan muncul peringatan bahwa website Anda tidak aman untuk di kunjungi. Supaya bisa mengetahui keberadaan SSL pada website Anda, Anda bisa melihat ikon gembok yang terkunci pada kolom URL.

Jika Anda ingin versi gratis dari SSL maka pilihlah hosting yang menyediakan SSl gratis. Tapi jika Anda ingin memenuhi kebutuhan website yang lebih besar, SSL berbayar sangat di sarankan untuk Anda beli. SSL sendiri pun memiliki harga yang beragam, mulai dari 120.000 hingga 500.000 per tahun.

Template

Jika sudah berhasil membuat website, Anda perlu mempercantik tampilan website menggunakan template. Ini juga termasuk biaya pembuatan website yang harus di perhatikan karena tema website memiliki berbagai jenis dan karakter yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk template ini ada yang gratis namun ada juga yang berbayar. Dengan begitu Anda bisa memilih template sesuai dengan yang website Anda butuhkan.

Plugin

Apabila website Anda sudah jadi, maka Anda perlu mengaktifkan fitur-fitur di dalamnya untuk meningkatkan performa website tersebut menggunakan plugin ini.

Maka dari itu biaya pembuatan website yang lainnya adalah biaya plugin. Fitur tambahan berupa plugin ini berfungsi sebagai ekstensi website yang harus di pasang terpisah ketika ingin mengaktifkan nya.

Terdapat ribuan plugin yang bisa Anda coba, dan banyak plugin yang bisa digunakan secara gratis. Maka dari itu dalam biaya pembuatan website, Anda bisa menganggap biaya plugin ini mulai dari Rp0 hingga Rp500.000. Plugin yang bisa Anda pilih untuk website Anda adalah SEO, caching, dan keamanan.

Tips Menentukan Biaya Pembuatan Website

Jika Anda sudah mengetahui rincian biaya pembuatan website yan di jelaskan di atas, maka kini Anda sudah bisa memilih dan menyesuaikan biaya pembuatan website dengan kebutuhan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menentukan harga pembuatan website berdasarkan beberapa kondisi:

Untuk Blog Pribadi

Jika Anda ingin membuat blog pribadi, sumber daya yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Untuk mengurangi biaya pembuatan website, Anda dapat memilih domain murah seperti .my.id atau .biz.id dengan biaya klaim sekitar Rp12.000 per tahun.

Untuk hosting, spesifikasi yang paling murah (Rp14.500) sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan blog pribadi.

Anda hanya perlu menghitung harga hosting dikalikan dengan 12 bulan. Menggunakan SSL, tema, dan plugin versi gratis juga dapat menghemat biaya. Secara kasar, pembuatan blog pribadi dengan paket terendah dapat berkisar antara 200-500 ribu rupiah.

Jika Anda memilih spesifikasi hosting dan domain yang lebih tinggi, biayanya juga akan meningkat. Dengan demikian, harga pembuatan website untuk blog pribadi sangat terjangkau.

Website yang Membutuhkan Resource Besar

Beberapa jenis website seperti website bisnis, sekolah, perusahaan, atau toko online membutuhkan sumber daya server yang lebih besar. Karena website ini sering di akses oleh banyak pengguna secara bersamaan, Anda perlu hosting dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Anda dapat memilih unlimited hosting atau cloud hosting karena memiliki kestabilan saat diakses oleh banyak pengguna. Untuk pembuatan website kategori ini, biayanya berkisar antara 1-5 juta rupiah, termasuk domain, SSL, dan template.

Website dengan Kontrol Penuh

Website dengan kontrol penuh berarti Anda dapat mengelola website dengan skala yang sangat besar. Namun, Anda perlu mengurus server secara mandiri karena jenis website ini membutuhkan VPS atau dedicated server.

VPS dan dedicated server memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi panel, CMS, dan lainnya. Untuk pembuatan website kategori ini, Anda perlu menyiapkan dana minimal 1 juta hingga lebih dari 10 juta rupiah.

Menggunakan Jasa Pembuatan Website

Jika Anda mencari solusi yang praktis dan efisien dalam pembuatan website, mempertimbangkan penggunaan jasa pembuatan website bisa menjadi pilihan yang bijaksana. Dengan menggunakan jasa ini, seluruh proses pengerjaan akan di tangani oleh tim yang profesional dan berpengalaman.

Penyedia jasa yang dapat Anda pertimbangkan umumnya adalah yang menawarkan paket-paket biaya pembuatan website dengan harga yang variatif.

Mulai dari Rp525.000, Rp999.000, hingga Rp1,799.000. Dari berbagai pilihan paket yang disediakan, Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda.

Dengan menggunakan jasa pembuatan website, Anda dapat menghasilkan website yang responsif dengan desain yang menarik. Hal ini akan meningkatkan pengalaman pengguna saat mengakses website Anda.

Dengan mengetahui komponen-komponen mengenai biaya pembuatan website di atas, Anda dapat mengestimasi biaya pembuatan website sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Dengan demikian, Anda dapat membuat website yang sesuai dengan tujuan Anda tanpa melebihi anggaran yang telah ditentukan.

Baca Juga