fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

AffiliateDigital MarketingService

Peran Copywriting Dalam Periklanan Sebuah Brand

Yanti puspita

Copywriting adalah kegiatan dan proses menulis skrip periklanan atau mempromosikan suatu produk (barang atau jasa) yang menghadirkan nilai dan manfaat merek dalam karya yang semenarik mungkin.

Seorang Copywriting adalah copywriter yang punya job/tanggung jawab atas pembuatan, persiapan, dan penulisan semua teks periklanan.

Dalam sebuah biro iklan, seorang copywriter biasanya bekerja sebagai orang yang membuat naskah, lirik atau segala bentuk tulisan maupun secara lisan.

Baik dalam sebuah iklan, dalam sebuah biro iklan, copywriter bekerja berdampingan dengan art director dan juga ilustrator untuk membuat iklan yang menarik. 

Elemen Copywriting Dalam Periklanan

Tulisan yang baik tidak hanya harus menarik, tetapi juga harus memotivasi pembaca untuk lebih mengenal produk atau jasa yang akan di tawarkan. Sehingga benar-benar yakin bahwa yang di pilih tersebut tak salah.

Agar menghasilkan iklan yang baik, bentuk iklan copywriting harus menarik perhatian, membangkitkan minat, membangkitkan keinginan, persuasi, dan tindakan untuk membuat konsumen potensial membeli apa yang di tawarkan pengiklan.

Unsur-unsur tersebut tertuang dalam suatu formula yang di kenal dengan AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction and Action). Unsur-unsur yang menurut Agustrijanto harus ada saat menulis teks iklan antara lain: 

1.      Attention (Perhatian)

Iklan harus di rancang untuk menarik perhatian audiens. Salinan yang kita hasilkan harus menarik perhatian pembaca.

Tiga elemen yang paling harus Anda cari untuk menarik perhatian mereka adalah gambar, kalimat pengantar, dan judul yang menggunakan huruf tebal atau tebal untuk menunjukkan kata-kata yang akan menjual atau menarik perhatian konsumen, seperti “OBRAL”. “GRATIS” dan lainnya.

2.      Interest (Minat)

Setelah Anda mendapatkan perhatian konsumen, libatkan konsumen tentang produk yang di iklankan. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan kalimat pembuka yang menarik perhatian konsumen agar konsumen semakin tertarik dengan produk tersebut.

3.      Desire (Keinginan)

Pada titik ini kami membuat kandidat benar-benar menginginkan produk yang kami promosikan. Kebutuhan atau keinginan calon konsumen untuk menggunakan produk juga harus di tekankan. 

4.      Conviction (Rasa Percaya)

Dapat memberikan kepercayaan kepada calon konsumen sehingga tercipta kepercayaan konsumen. Iklan di tagih untuk berbagai aktivitas seperti rujukan dan berbagi penguji produk gratis.

5. Action (Tindakan)

Langkah terakhir dapat mendorong konsumen potensial untuk bertindak dengan cara yang di harapkan dan di inginkan oleh iklan.

Yaitu mendorong atau membujuk calon konsumen untuk melakukan pembelian dengan memilih atau menggunakan kata-kata yang tepat seperti “datang”, “beli”, “ayo” dan lain-lain. 

Jenis dan Gaya Copywriting Dalam Iklan

Copywriter perlu mengetahui cara membuat susunan kata yang menarik, mencampur dan mencocokkan gaya dan jenis kata yang berbeda, atau menggunakan satu saja. Copywriting juga harus bisa menangkap arti setiap kata dengan benar.

Menurut Agustrijanto, saat mempersiapkan copywriting, copywriter perlu memahami kata dan gaya bahasa apa yang ingin di sampaikan oleh iklan tersebut. Gaya dan jenis kata penulisan teks adalah sebagai berikut:  

·         Naratif

Mendeskripsikan produk yang di iklankan dalam bentuk cerita (story) dalam suasana naratif. Pilihan kata membutuhkan imajinasi dan membuat konsumen tetap terhubung. 

·         Argumentatif

Opini yang isinya jelas dan tulus memengaruhi konsumen. Bentuk tulisan argumentatif menekankan pada pemikiran atau gagasan tulisan yang bertumpu pada pendapat atau argumentasi yang logis dan objektif berdasarkan bukti-bukti.

Gaya dan sifat kata-kata yang di gunakan menekankan kegunaan dari produk itu sendiri, memungkinkan pelanggan potensial di pengaruhi oleh informasi yang di sampaikan.

·         Eksploratif

Untuk memeriksa atau mempelajari sifat produk dan layanan dalam istilah tertentu. Kata-kata yang di gunakan mengosongkan semua karakteristik fisik dan psikologis dari produk yang di iklankan.

Tujuan pemeriksaan kata-kata tersebut adalah untuk memperkuat citra dan mengungkapkan fakta yang sebenarnya.

·         Retoris

Ungkapkan kebenaran yang jujur dengan gaya dan sifat kata-katanya sederhana. Tetapi kesan yang di timbulkannya harus dapat di terima oleh siapa saja yang melihatnya.

Informatif Beritahu kami secara detail tentang produk yang di tawarkan. Banyak informasi pendukung di komunikasikan secara komunikatif dan gaya baru di hilangkan, meskipun ini pada dasarnya adalah informasi. 

Peran Copywriter Dalam Iklan

Peran copywriter dalam membuat iklan menggunakan teknik periklanan menurut “Lane dkk” dalam Kleppner’s Advertising Procedure yaitu seperti: 

1.      Menyusun strategi dengan kalimat yang baik

Strategi dalam hal ini adalah bagaimana pesan iklan di perlakukan sebagai rangkaian kata (copywriting), copywriter harus mampu membentuk kalimat menarik yang mengandung pesan iklan tersebut.

2. Jangkau emosi penonton

Seorang copywriter harus membuat slogan iklan yang tidak hanya bisa berbicara, teks harus bisa menyentuh hati audiens lebih dari sekedar membaca atau mendengarkan, teks harus memiliki dampak yang lebih besar pada audiens.

3. Visualisasi slogan iklan

Aspek visual dari slogan yang relevan adalah imajinasi dari art director, yang mengubah teks menjadi aransemen. Slogan yang dibuat oleh copywriter harus mampu menciptakan imajinasi yang luar biasa dengan unsur visual untuk penataan pengumumannya. 

Siapa Yang Menggunakan Copywriting?

Copywriting ialah inti dari hampir setiap bisnis. Tanpa copywriter, bisnis atau perusahaan tidak dapat membagikan pesan mereka dengan pelanggan potensial untuk memperluas pasar mereka.

Untuk semua perusahaan, pemerintah, produsen, pengecer, organisasi nirlaba. Pastinya para digital marketer membutuhkan dan menggunakan produk copywriter dan copywriting.

Ambil Apple Inc. Misalnya. Jika Anda menelusuri situs web mereka, Anda akan menemukan deskripsi produk mereka, seperti seri iPhone terbaru Apple.

Penjelasan produk yang di posting pada situs resmi Apple di tulis oleh copywriter, sebagai cara untuk menarik minat beli pelanggan potensial.

Copywriting yang kita kenal sekarang yakni adalah di pelajari selama beberapa tahun lalu dan di akui sebagai bagian penting dalam trik penjualan. 

Penutup

Copywriting pemasaran sendiri merupakan cara copywriting yang melibatkan lebih dari sekadar menulis kata-kata saja.

Tentu saja Copywriting pemasaran adalah cara midah untuk kampanye dan pemasaran digital yang mencakup panduan identitas merek, deskripsi produk, posting media sosial, dll.

Copywriting pemasaran sendiri punya tugasnya sendiri yaitu untuk melibatkan, menginformasikan, mencerahkan, dan menginspirasi audiens.

Singkatnya, copywriting pemasaran adalah penulisan copywriter bisnis untuk membuat kata-kata strategis yang menggerakkan audiens untuk bertindak. 

Baca Juga