fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

SEOWebsiteWordpress

Menggunakan Metode Link Reclamation untuk Mendapatkan Kembali Backlink yang Hilang

Yanti puspita

Metode link reclamation adalah istilah yang relatif baru yang mendapatkan lebih banyak perhatian dari orang-orang yang ingin memulihkan backlink yang hilang setelah melalui pembuatan backlink yang sulit.

Dalam Metode Link Reclamation ini Anda dapat memperbaiki halaman website yang sebelumnya rusak (broken link) atau menghapus halaman website tersebut, dan mengganti nya dengan yang baru.

Pada prakteknya, penerapan link reclamation umumnya digunakan oleh website yang melakukan rebranding atau mengubah url halaman.

Selain mendapatkan backlink berkualitas untuk website Anda, menggunakan metode Link Reclamation juga dapat meningkatkan nilai SEO (Search Engine Optimization) Anda dalam istilah pencarian Google.

Cara Menemukan Backlink Hilang Menggunakan Metode Link Reclamation

Mendapatkan backlink yang hilang melibatkan beberapa langkah seperti identifikasi tautan lama ke situs Anda yang sudah tidak ada.

Menentukan kualitas backlink dari backlink yang hilang, atau meminta situs web tempat Anda mendapatk backlink tersebut untuk memperbaiki tautan dan mengembalikannya kepada Anda.

Intinya, saat mencari backlink yang hilang, Anda hanya ingin menargetkan jenis backlink tertentu saja.

Dalam banyak kasus, situs web spam atau situs web dari bahasa asing akan menggunakan konten duplikat atau sindikasi konten untuk membuat konten sendiri, dan tautan dari situs tersebut tidak akan berfungsi lagi.

Selain itu, backlink nofollow tidak memiliki bobot SEO yang sama dengan tautan dofollow, sehingga kemungkinan besar tidak berfungsi. Jadi, menganalisis backlink yang hilang ini bisa menjadi tugas yang sulit.

Untuk itu artikel ini hadir untuk memberikan Anda cara mudah menggunakan metode link reclamation untuk mendapatkan kembali backlink yang hilang.

Ahrefs dan Majestic

Dalam menggunakan metode Link Reclamation sebaiknya gunakan Ahrefs atau Majestic untuk membuat file EXCEL yang dapat di ekspor dari semua tautan situs web Anda.

Lalu gunakan tools seperti Screaming Frog atau DeepCrawl untuk menemukan tautan dengan laman yang menghasilkan status 301, 401, atau 404. Untuk melakukannya, berikut langkah yang harus Anda lakukan di Ahrefs.

  • Buka alat penjelajah situs
  • Masukkan domain Anda
  • Pilih backlink
  • Kemudian pilih backlink yang hilang
  • Tetapkan jangka waktunya menjadi beberapa bulan, sehingga Anda dapat melihat daftar semua backlink yang hilang.

Anda dapat membatasi pencarian ini, karena Anda hanya ingin mencari tautan “dofollow” di situs web Anda untuk menghindari indikator spam dari Google. Lakukan ini dengan menyiapkan filter di penjelajah situs Ahrefs.

Setelah selesai, Anda perlu mengekspor hasilnya dan menjalankannya melalui tools seperti ScreamingFrog. Anda kemudian akan menemukan hasil dengan berbagai alasan mengapa backlink di situs web Anda hilang, dan Anda dapat menghubungi web tempat backlink di dapatkan secara langsung.

Google Analytics

Melacak backlink yang hilang dengan Google Analytics adalah taktik yang sering di abaikan namun bukan berarti metode ini adalah metode yang buruk.

Anda bisa menggunakan metode link reclamation untuk mendapatkan kembali backlink yang hilang dengan membuat laporan kustom dasar di Google Analytics. Berikut ini adalah caranya.

  • Buka Google Analytics Anda
  • Buat Laporan Pelanggan, dan tetapkan parameter untuk Halaman, Perujuk Lengkap, dan Judul Halaman
  • Pilih Tampilan Halaman Unik
  • Setel filter Jalur Halaman Sebelumnya agar cocok dengan frasa yang tepat sebagai “(login)”, dan Judul Halaman sebagai “Ada yang salah”

Anda bisa menyimpan laporan ini, kemudian saat di buka Anda akan menerima lembar keluaran yang memiliki:

  • URL laman dengan backlink ke situs Anda yang mengarah ke laman yang error
  • Alamat url dari situs
  • Berapa banyak orang yang datang melalui tautan yang rusak tersebut.

Anda kemudian dapat memprioritaskan upaya reklamasi backlink berdasarkan jumlah orang yang mencoba mengakses situs Anda melalui setiap tautan yang rusak tersebut.

Cara Menggunakan Metode Link Reclamation

Setelah mengetahui cara menggunakan metode link reclamation untuk mendapatkan kembali backlink yang hilang di atas. Anda juga perlu tahu cara menggunakan metode link reclamation ini. Beberapa langkah ini meliputi.

Temukan Tautan Rusak di Situs Web Anda

Langkah pertama untuk menggunakan metode link reclamation adalah menemukan tautan yang rusak di halaman situs web Anda. Kemudian temukan halaman di situs web Anda yang memiliki kesalahan alias tidak dapat di akses.

Dalam hal ini, ada banyak alat pengecekan backlink online yang dapat membantu Anda menemukan tautan yang rusak di situs web Anda.

Jika Anda menemukan banyak broken link di website Anda, maka Anda perlu mengekspor data broken link tersebut dalam bentuk file CSV. Untuk memudahkan Anda dalam proses pengecekan nanti.

Perbaiki Halaman Tautan Rusak

Setelah mendapatkan data broken link pada website Anda, langkah kedua yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan metode link reclamation ini adalah memperbaiki halaman broken link tersebut.

Dalam hal ini, Anda dapat mencoba menyegarkan halaman atau mengubah url tautan yang rusak tersebut.

Namun, jika halaman tautan yang rusak tidak dapat di perbaiki, Anda harus menghapus halaman tersebut dan membuat halaman yang lain.

Satu poin penting di bagian ini adalah Anda harus menghapus tautan yang rusak di situs web Anda yang tidak dapat diperbaiki. Ini harus di lakukan karena dapat menurunkan nilai SEO website dan mempengaruhi ranking website di mesin pencari.

Temukan Situs Web Yang Di Tautkan Ke Broken Link

Setelah Anda selesai memperbaiki semua broken link di website Anda, mencari website yang berhubungan dengan link website Anda yang rusak adalah langkah ketiga yang harus Anda lakukan saat menggunakan metode link reclamation.

Untuk menemukan website atau link menuju halaman broken link pada website sebelumnya. Anda bisa menggunakan beberapa tools atau menggunakan tools pemeriksa backlink gratis yang bisa ditemukan di pencarian internet saat ini.

Masukkan data tautan rusak yang dikumpulkan sebelumnya ke salah satu tools tersebut yang disebutkan sebelumnya.

Tools tersebut akan langsung mencari beberapa website yang menyediakan outbound link ke halaman broken link. Selanjutnya, Anda dapat menyimpan atau mengekspor daftar situs web Anda. Jadi Anda bisa mendapatkannya nanti.

Jangkau Webmaster Dari Situs Web

Menjangkau webmaster situs web yang tertaut ke tautan rusak di situs web Anda adalah langkah terakhir dalam menggunakan metode link reclamation.

Pada tahap sebelumnya, Anda sudah mendapatkan daftar website yang sebelumnya menyediakan link menuju halaman broken link. Sekarang saatnya menghubungi webmaster yang memelihara situs web.

Anda perlu mengetahui informasi kontak untuk menghubungi situs tersebut. Sebagian besar website profesional umumnya mencantumkan halaman contact untuk memudahkan pengunjung memberikan masukan di website mereka.

Anda dapat memperoleh informasi kontak untuk webmaster situs web yang ditautkan ke halaman tautan rusak melalui halaman ini.

Kesimpulan

Link Reclamation adalah salah satu strategi pembuatan backlink dan SEO yang dapat membantu pemilik situs web menumbuhkan dan mengembangkan profil backlink, dan membantu para pemilik situs web untuk mendapatkan backlink yang hilang.

Dengan penjelasan di atas maka menggunakan metode Link Reclamation untuk mendapatkan kembali backlink yang hilang bukanlah hal sulit untuk di lakukan. Selamat mencoba!

Baca Juga