fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

SEOWebsiteWordpress

Menggunakan Infografis untuk Membangun Backlink dan Meningkatkan Keterlibatan Pengunjung

Yanti puspita

Membangun Backlink – Infografis merupakan gabungan dari kata “informasi” dan “grafis”. Yang sebenarnya merupakan salah satu bentuk komunikasi visual yang bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan menarik perhatian khalayak yang lebih banyak.

Infografis biasanya menampilkan data, teks, atau bisa juga keduanya. Infografis ini dapat Anda temukan di banyak tempat, mulai dari majalah, internet, bahkan di dinding klinik atau tempat umum lain.

Pada era ini infografis terus berkembang karena potensinya yang digunakan sebagai konten editorial dan pemasaran.

Cara Menggunakan Infografis untuk Membangun Backlink

Media komunikasi visual berupa infografis ini ternyata juga bisa di gunakan untuk mendapatkan backlink.

Dengan banyak backlink, peringkat situs Anda bisa naik dan menarik lebih banyak pengunjung. Lantas, bagaimana cara menggunakan infografis untuk membangun backlink? Jangan lewatkan tips di bawah ini!

Buat Konten Berkualitas

Konten berkualitas adalah suatu keharusan agar bisa mendapatkan backlink yang berkualitas juga. Berikut adalah cara menggunakan infografis untuk membangun backlink situs Anda.

Mendefinisikan Ide dan Melakukan Riset

Jika ingin menggunakan infografis untuk membangun backlink, maka membuat konten yang berkualitas harus Anda lakukan.

Pastikan Anda memberikan data yang andal dan berguna untuk audiens Anda. Salah satu cara untuk mendapatkan referensi terpercaya adalah melalui internet. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  • Tanda kutip ganda untuk mencari frasa tetap. Misalnya, “proses pembuatan infografis yang menarik”.
  • Tanda minus untuk mengecualikan istilah dari pencarian Anda. Misalnya, desain infografis -layanan.
  • Tambahkan kata “data” bersama dengan frasa yang Anda cari. Misalnya, data desain infografis.
  • Masukkan format file yang ditentukan ke dalam frase pencarian. Misalnya, desain infografis png.

Salah satu jenis infografis yang disukai pembaca adalah konten yang berisi statistik. Pencarian Google biasanya memberikan hasil yang buruk dan Anda harus meluangkan waktu untuk menyaring sendiri data yang Anda butuhkan.

Setelah melakukan riset menggunakan infografis untuk membangun backlink, saatnya membuat visualisasi data yang mudah dicerna oleh audiens Anda. Menurut situs web VENNGAGE, ada metode ICCORE yang akan membantu Anda menghasilkan data statistik. Berikut adalah metode lengkapnya,

  • Inform, metode yang digunakan untuk menyampaikan informasi tanpa memerlukan banyak konteks untuk dipahami.
  • Compare, adalah metode yang menunjukkan perbandingan atau kesamaan antara nilai atau antara bagian dari semua data.
  • Change, yaitu metode yang menunjukkan perubahan trend dari waktu ke waktu.
  • Organize, sebagai cara untuk menunjukkan kelompok, pola, peringkat, dan urutan.
  • Relationship, adalah cara untuk mengungkapkan hubungan kompleks antara berbagai hal.
  • Explore, yaitu metode yang memungkinkan pembaca untuk mengeksplorasi data dan menemukan wawasan mereka sendiri.

Membuat Tata Letak dan Desain yang Menarik

Desain dan tata letak konten yang Anda buat tidak hanya harus bagus dan indah, tetapi juga harus menarik perhatian audiens untuk menggunakan infografis untuk membangun backlink. Hal itu akan menciptakan aliran informasi yang alami.

Gunakan tata letak yang menambah keseimbangan dan struktur pada infografis Anda. Jika Anda tidak bisa mendesainnya sendiri, gunakan template infografis yang sudah jadi dan masukkan data yang di perlukan.

Buat Infografis di tempat yang tepat

Banyak jasa desain yang sangat membantu dalam membuat infografis yang menarik. Tapi, bagaimana jika budget Anda terbatas? Tennag saja Anda cukup menggunakan Canva, software desain yang bisa Anda akses dari PC atau perangkat seluler.

Aplikasi Canva menyediakan puluhan ribu template desain berbayar dan gratis yang siap digunakan kapan saja. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci “Infografis” di kolom pencarian, berbagai template menarik akan langsung muncul dan Anda tinggal memodifikasinya sesuai keinginan Anda.

Publikasikan Konten di Tempat yang Tepat

Di mana tempat yang tepat untuk menggunakan infografis untuk membangun backlink? Tentu jawabannya adalah website itu sendiri.

Namun, itu saja tidak cukup untuk menjangkau audiens di situs tersebut. Anda harus membuat infografis di berbagai platform untuk mendapatkan banyak backlink.

Contoh umumnya adalah jejaring media sosial. Saat ini, ada banyak media sosial yang dapat meningkatkan engagement.

Aplikasi berupa Facebook, Instagram, dan Twitter. Layanan pesan seperti WhatsApp dan Line bisa menjadi tempat mengunggah infografis agar Anda bisa membangun backlink yang berkualitas.

Temukan situs web yang tepat

Jangan hanya mempublikasikan konten pada direktori infografis, seperti yang sudah di bahas pada poin sebelumnya.

Cobalah menggunakan infografis untuk membangun backlink di website lain yang relevan atau memiliki niche yang sama dengan milik Anda. Bagaimana caranya? Pertama, temukan situs dengan kata kunci yang sesuai dengan niche Anda.

Sebaiknya gunakan alat, seperti Ahrefs, untuk menemukan situs web dengan cepat. Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mendaftar di situs web, lalu pilih bidang “penjelajah konten”. Masukkan kata kunci dan alat tersebut akan menunjukkan kepada Anda setiap situs web yang berisi frasa terkait.

Misalnya, jika infografis Anda tentang makanan cepat saji, puluhan ribu halaman web akan muncul.

Setelah itu, Anda hanya perlu menyimpan hasil pencarian dalam file dengan format “.xlsx” atau sejenisnya. Jika Anda menemukan situs web yang cocok, hubungi mereka dan diskusikan kolaborasi melalui guest post.

Manfaatkan Email Blast

Tahukah Anda bahwa Email Blast adalah salah satu cara paling andal untuk mendapatkan backlink? Email Blast, atau mengirim email ke banyak penerima sekaligus, tidak hanya efisien, tetapi juga cara yang efektif untuk menggunakan infografis untuk membangun backlink.

Dengan infografis ini, membagikan konten Anda dengan Email Blast akan membuat Anda mendapatkan banyak backlink dengan cepat.

Lalu apa target yang tepat untuk mengirim email? Anda bisa mendapatkan alamat email dari situs yang telah di kumpulkan melalui pencarian Ahrefs. Tentu saja, tidak mungkin mengetik banyak email dengan cepat.

Jadi, gunakan FindThatLead yang dapat membantu Anda mengumpulkan alamat email berdasarkan nama domain dan tautan media sosial.

Distribusikan pesan ke alamat email yang telah Anda kumpulkan. Anda dapat mengirimkannya secara manual satu per satu atau menggunakan alat pengiriman email otomatis.

Gunakan Iklan Facebook

Mengapa memilih Iklan Facebook untuk menggunakan infografis untuk membangun backlink ini? Ini karena Facebook memiliki kemampuan untuk menjangkau lebih banyak orang daripada media sosial lainnya.

Selain itu, Facebook merupakan platform jejaring sosial terbesar di dunia dengan 2,85 miliar pengguna. Iklan Facebook dapat menjangkau audiens target, bahkan yang baru, tanpa merusak infoggrafis Anda.

Kemudian, berbagi infografis melalui kampanye Facebook Ads dapat meningkatkan interaksi atau sinyal sosial.

Itulah dia cara menggunakan infografis untuk membangun backlink menarik. Selanjutnya, pilih jenis infografis yang paling sesuai dengan website Anda.

Sematkan setiap elemen dengan rapi agar komposisi infografis terasa lebih lengkap. Kemudian, jangan lupa rencanakan semua tahapan dengan matang untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga