fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

Mengenal Plugin Contact Form WordPress, Manfaat dan Rekomendasinya  

Yodik Prastya

Anda ingin memiliki situs dengan engagement yang benar-benar efektif dengan para pengunjung? Salah satu cara terbaik adalah dengan menyediakan formulir kontak yang selalu bisa diakses pengunjung kapan saja. Nah, dalam tulisan kali ini, kita akan bahas tentang apa itu plugin contact form WordPress dan apa saja yang jadi rekomendasinya.

Sekilas Tentang Plugin Contact Form WordPress dan Manfaatnya

Sederhananya, formulir ini menjadi penghubung antara Anda sebagai pengelola situs dengan para pengunjung situs.

Plugin contact form WordPress adalah formulir yang memungkinkan pengunjung situs untuk mengontak atau mengirim pertanyaan, kritik dan saran langsung ke pengelola website. Jadi, pengunjung dapat langsung menyampaikan apapun yang ia rasa ada kaitannya dengan situs.

Meskipun formulir ini terkesan sederhana, nyatanya memiliki peran yang penting demi menjalin relasi yang lebih baik dengan pengunjung situs.

Artinya, formulir ini penting diperhatikan baik pada website bisnis maupun blog pribadi sekalipun. Tentu saja karena adanya formulir ini, pengunjung lebih cepat, mudah dan yakin untuk menghubungi pengelola website.

Manfaat yang bisa dirasakan oleh website yang menerapkan formulir kontak antara lain:

Ketersediaan yang Lebih Baik

Pengunjung situs yang datang dari berbagai belahan dunia bisa saja memiliki jam berbeda saat mengakses situs.

Dan adanya formulir kontak, memungkinkan mereka untuk meninggalkan pesan kapanpun, tanpa terbatas oleh jam kerja atau jam operasional.

Pengumpulan Informasi

Formulir sederhana ini juga bisa menjadi alat untuk mengumpulkan informasi tentang pelanggan. Ini karena mereka bisa mengisi formulir tanggapan yang selanjutnya dapat Anda analisa untuk mengoptimalkan situs dan konten.

Menekan Spam

Formulir kontak juga bisa memberikan lapisan keamanan tambahan terhadap situs dan inbox email Anda.

Ini karena Anda tidak harus membagikan alamat email Anda di situs untuk menghubungi. Selain itu, beberapa tool formulir kontak juga dilengkapi dengan filter spam.

Rekomendasi Plugin Contact Form WordPress

Untuk membuat contact form di situs berbasis WordPress, Anda dapat memilih beberapa pilihan cara. Mulai dari menggunakan tema yang disertai formulir kontak, menerapkan coding khusus, atau menggunakan plugin contact form WordPress.

Nah, apabila Anda memiliki keterbatasan dengan kedua pilihan pertama, berikut ini opsi rekomendasi plugin contact form WordPress yang bisa Anda pertimbangkan:

WPForms

Plugin ini mungkin lebih ideal bagi pemula yang cenderung menyukai drag-and-drop. WPForms dibekali dengan beberapa fitur unggulan seperti notifikasi saat ada pengguna yang mengirim formulir,  dukungan upload file, dan pilihan template yang bisa diatur. Tersedia pilihan WPForms Lite dan Premium yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Caldera Forms

Plugin ini juga bisa jadi pertimbangan bagus bagi para pemula karena dilengkapi dengan editor visual. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan berbagai fitur berguna yang layak dipertimbangkan.

Jika dirasa masih kurang, Anda bisa memilih opsi premium yang menawarkan opsi pengiriman email lanjutan, dukungan lebih serta deretan fitur dan fungsi tambahan dari versi gratis.

Form Maker by WD

Plugin ini bisa dikatakan lebih cocok bagi developer maupun pemilik bisnis yang ingin mengumpulkan lebih banyak informasi dari pelanggan.

Form Maker by WD bisa digunakan untuk membuat survei registrasi, pilihan ganda, kuesioner dengan kolom bersyarat dan sebagainya. Ia juga dilengkapi dengan add-on yang bisa dikerahkan agar formulir Anda jadi lebih powerful.

Formidable Forms

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak fungsi, maka Formidable Forms bisa jadi pilihan lainnya. Meski lebih lengkap, ia tetap ramah bagi pemula dengan adanya visual builder dan opsi kolom dinamis.

Ia juga hadir dalam pilihan premium dan elite yang menawarkan lebih banyak fitur, dukungan lebih dan sebagainya.

Contact Form 7

Plugin yang satu ini bisa dibilang cukup populer di antara sejenisnya, meskipun kurang ideal bagi pemula karena harus menempelkan shortcode ke editor. Plugin ini memungkinkan Anda untuk membuat formulir kustom.

Untuk menekan peluang spam dan meningkatkan keamanan, plugin ini juga support fitur captcha dan AJAX untuk interaksi lebih responsif.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan tentang apa itu plugin contact form WordPress dan apa saja plugin yang bisa Anda pertimbangkan sesuai kebutuhan. Dengan fungsi sederhananya yang bisa begitu krusial, plugin ini menjadi wajib bagi sebagian besar situs.

Terlebih dengan kemudahan dalam pembuatannya dibantu berbagai plugin WordPress andalan, tak ada salahnya untuk menyediakkannya di situs Anda.

Baca Juga