fbpx

Mengenal Domain .PONPES.ID : Domain Untuk Pondok Pesantren

Pemerintah melalui KOMINFO teru mendorong pemanfaatan dalam Pondok Pesantren guna menunjang segala aktivitas santri dan pengurus pesantren secara khusus. Hadirnya .PONPES.ID sebagai wujud cinta semua pihak pada ponpes. Untuknya, pengelola pesantren tak perlu lagi kebingungan untuk memikirkan nama domain yang cocok digunakan untuk website.

Ekstensi baru ini disediakan oleh sehingga menjadi pembeda dari lembaga pendidikan lain yang juga memiliki nama domainnya sendiri. Tak perlu khawatir mengenai harga, karena pemasangan domain satu ini terbilang terjangkau.

Persyaratan untuk Mendaftar Domain .PONPES.ID

Sama halnya dengan domain pada umumnya, untuk mendaftarkan dengan nama domain .ponpes.id, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Adapun dokumen yang harus disediakan adalah sebagai berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) penanggung jawab yang masih berlaku
  • Surat keterangan pimpinan pondok perihal pendaftaran nama domain pondok
  • Dokumen pendukung lainnya

Saat ini, Anda tak perlu bingung terkait provider yang menyediakan layanan ini. Sebab, ada banyak sekali yang bisa membantu Anda dalam mengembangakn website ponpes menjadi lebih baik dan update tentunya.

Alasan Mengapa Ponpes Harus Emmilii Domain .PONPES.ID

Meskipun perkembangan saat inI sudah semakin canggih, namun ada beberapa pondok pesantren yang masih awam akan hal tersebut. Sehingga, banyak pesantren yang menjadi silent majority di dunia maya karena tidak adanya website yang dikelola oleh penanggung jawab.

Sebagai bahan pertimbangan agar tak berpikir dua kali untuk memakai ekstensi domain saat ini, berikut alasan mengapa pondok pesantren harus memakai domain .Ponpes.id dalam websitenya:

1. Bisa Menambah Calon Santri

Menggunakan ekstensi domain yang menjadi ciri khas Indonesia (ID) tentu akan membuat atau konten yang disajikan lebih tepat sasaran. Hampir semua orang tentu mencari informasi terlebih dulu sebelum akhirnya memutuskan akan mondok dimana. Ini bisa menjadi salah satu senjata untuk menggaet lebih banyak peserta didik guna mengembangakan pesantren.

Baca Juga :  4 Cara Mengurangi TTFB di Situs WordPress Anda

Terlebih lagi, jika website yang dikelola ini selalu update setiap kali ada kegiatan, pasti semangat santri akan semakin terpupuk. Bagi mereka yang ingin mendapatkan informasi secara langsung dan real time, tentu akan lebih percaya pada website yang dikelola langsung oleh pihak pesantren.

2. Mudahnya Melakukan Optimasi Website

Tidak hanya sebagai profil pesantren, nyatanya website yang ada sekarang mampu memberikan benefit jika dikelola secara serius. Seperti salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dari pemasangan iklan oleh pihak Google. Ada banyak persyaratan senanrnya untuk bisa mengoptimasi suatu website, salah satunya harus menggunakan domain yang diakui oleh Google.

.ponpes.id sudah diakui sebagai bagian dari ekstensi sehingga lebih mudah dilakukan optimasi. Penggunaan kata kunci lokal yang sesuai dengan daerah tempat website itu berasal juga dipercaya bisa membuat website akan naik di pencarian Google.

Baca Juga Artikel Berikut : Macam-Macam Daftar Harga Domain Baru Murah

3. Kecepatan Akses Lebih Cepat

Alasan lain mengapa Anda harus menggunkana domain .ponpes.id adalah kecepatan akses yang lebih stabil dan cepat. Domain ID menggunakan yang berlokasi di Indonesia sehingga kecepatan akses nya menjadi lebih cepat. Bukan hanya itu, .ponpes.id akan membuat website oesbtren meningkat. Meskipun target pengunjung hanay Indonesia, namun grafik akan jauh lebih stabil.

Tidak hanya akses yang lebih cepat, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan nama domain yang menarik. Berbeda dengan ekstensi lain yang sudah banyak digunakan, seperti contohnya .COM. pengguna banyak yang merasa kesulitan mendapatkan nama yangs sesuai ketika menggunakan domain yang sudah banyak dipakai oleh orang-orang.

4. Syarat Pembelian Mudah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, peryaratan dokumen untuk domain .ponpes.id cukup mudah, hanya memerlukan KTP penanggung jawab dan surat utusan pimpinan.  Sebagai salah satu produk Indonesia, tentu ada rasa bangga saat menggunakannya dan mampu menambah rasa nasionalisme terhadap negara.

Baca Juga :  post Menggunakan VPS (Virtual Private Server) Bagian 1

Selain itu, performa juga tergolong baik bahkan lebih unggul dibandingkan domain lain yang sudah popular namun lambat dalam hal akses dan optimasinya. Jadi, rasanya domain .ponpes.id adalah yang paling baik digunakan saat ini.

5. Masa Berlaku Status Domain

Alasan lain mengapa Anda harus menggunakan domain ini adalah masa berlakunya  yang tak mempengaruhi status website. Maksudnya adalah ketika masa berlaku domain telah habis, maka website tidak akan dinonaktifkan secara langsung.

Ada beberapa tahapan atau proses yang harus dilakukan sebelum akhirnya website dibekukan (jika tak memperpanjang masa berlaku) . adapun beberapa tahapan yang harus dilewati yakni: auto renewal period selama 35 hari, lalu redemption periode selama 30 hari, dan pending delete selama 7 hari.

6. Optimasi SEO Lebih Gampang

Mesin Google memiliki algoritma untuk menentukan mana yang akan ditampilkan dan semua itu didasarkan pada kata kunci yang diketikkan dan relevan dengan lokasi pengguna. Jika konten website Anda berbahasa Indonesia, tentu target audiensnya yang ingin dicapai adalah orang Indonesia bukan? itulah mengapa, dengan menggunakan domain ini akan membuat website akan sering muncul.

Domain .pnpes.id tentu menjadi pilihan menarik untuk penegolal pesantren karena sudah jelas menunjukkan identitas bahkan sebelum websitenya dibuka oleh pengunjung. Ekstensi domain ini tentu bukan abal-abal dan terdapat perlindungan hukumnya sendiri sehingga lebih terpercaya.

Mudahnya estimasi, harga yang terjangkau, dan mudahnya menghubungkan target audiens menjadi alasan kuat mengapa Anda harus menggunakan domain untuk profil website pesantren Anda.   Untuk mendapatkan domain ini, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu agar sesuai dengan apa yang diinginkan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Berikut : Mengenal Domain NET.ID : Domain Untuk Jasa Telekomunikasi