fbpx

Mengenal Domain NET.ID : Domain Untuk Jasa Telekomunikasi

Banyak pemilik yang beranggapan jika tidak mampu menjual secara komersial jika dibandingkan domain COM. Padahal, kredibilitas website Anda bisa tetap tinggi hanya dengan memakai domain ID. Ini. User luar negeri pun bahkan banyak yang menggunakan alamat domain lokal ini. Ulasan kali ini secara khusus akan mebahas domain  . yang biasanya digunakan dalam perusahaan telekomunikasi.

Apa itu Domain .Net.ID?

Sebelum membahas lebih jauh tentang domain Net.ID, perlu Anda ketahui dulu tentang seperti apa sebenarnya domain ID satu ini. Net.Id sendiri merupakan ekstensi domain khusus perusahaan yang bergelut dalam bidang internet dan telekomunikasi. Biasanya, untuk menggunakan nama domain ini, setiap perusahaan harus menyerahkan dokumen tertentu seperti KTP dan Surat Izin Usaha Telekomunikasi.

Domain Net.Id merupakan salah satu bagian dari Country Code Top Level (ccTLD) yang dikhususkan untuk digunakan di Indonesia.  Website yang menggunakan ektensi TLD ini bisa mempermudah pengguna dalam mengenali asal negara website tersebut.

Apa Saja Kelebihan Domain Net.Id di Indonesia?

Terlepas dari kecintaan pengguna website akan produk lokal, sebenarnya domain. ID memiliki banyak kelebihan yang perlu Anda ketahui. Apa saja kelebihan dari dari domain satu ini? Berikut ini informasinya:

1.       Berkredibilitas dan Lebih Terpercaya

Dalam mengambil keputusan besar, entah itu untuk keperluan bisnis dan lainnya tentu Anda tidak ingin salah pilih. Sama halnya ketika memilih sumber informasi yang ada di internet. Sebisa mungkin, Anda pasti memilih website yang memiliki kredibilitas tinggi dan bisa dipercaya.

Website dengan ekstensi domain ID membutuhkan identitas resmi seperti KTP dan dokumen lain sehingga lebih terpercaya. Oleh karena itu, pemilik website wajib berhati-hati dalam menampilkan konten (dalam hal ini tidak boleh mengandung sara, informasi negatif, hoax, dan sejenisnya). Jika tidak, maka kontes dianggap sebagai penipuan yang bisa merugikan Anda sebagai pemilik.

Baca Juga :  Panduan Mudah Setting Paypal Woocommerce

Pengguna internet tentu akan lebih nyaman mencari informasi atau membaca website yang berasal dari negaranya. Selain karena kesamaan bahasa, penyampaian informasi juga lebih dapat. Jadi, sangat banyak nilai positif ketika website menggunakan nama domain ID, termasuk perusahaan internet dan telekomunikasi.

2.       Mendapatkan Peringkat di Mesin Pencari

Siapa sih yang tidak mau jika website yang dikelolanya bisa mendapatkan rangking tinggi di ? Rasanya hampir semua orang menginginkan hal tersebut. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin situs tampil di halaman google. Terkhusus untuk Anda yang mengincar traffic di Indonesia, menggunakan domain ID adalah solusi tepat.

Dikutip dari MOZ, website yang memakai ccTLD memiliki ranking yang terus meningkat karena secara otomatis Google akan mendeteksi hubungan suatu website dengan daerah tertentu. Jadi, ketika target pembaca Anda memang ada di Indonesia, Google akan mengarahkan pencari informasi untuk mengunjungi website Anda karena dianggap paling relevan.

3.       Aksesnya Lebih Cepat

Kelebihan lain ketika Anda menggunakan domain ID adalah kemudahan dan kecepatan akses pada website. Sebab, (Domain Name ) berasa dari Indonesia, sehingga akses website lebih cepat. Secara tidak langsung, hal ini turut berpengaruh terhadap pengalaman pengunjung website dan performa SEO pada website.

Bukan hanya mengandalkan domain, Anda juga harus memperhatikan konten yang disajikan, dan berusaha untuk membangun website yang SEO friendly. Ada banyak komponen yang harus diperbaiki, mulai dari kecepatan website, tema konten, dan lain sebagainya.

Baca Juga Berikut : Apa Itu Level Domain? Kenali Fungsi di Setiap Tingkatannya

4.       Peluang Mendapat Nama Domain Unik Lebih Besar

Dibandingkan domain COM, pengguna ID. Masih tergolong sedikit sehingga Anda berpeluang untuk membuat nama domain unik dan menarik.  Masih sedikitnya pengguna membuat Anda bisa menemukan potensial untuk dijadikan alamat situs.

Baca Juga :  Rekomendasi Plugin Comment Wordpress Gratis yang Berkualitas

Jika tetap ingin menggunakan ekstensi COM, maka Anda harus bersiap untuk menentukan nama domain dan bersaing dengan banyak banyak pengguna di seluruh dunia. Namun, untuk saat ini, perusahaan telekomunikasi  yang ada di Indonesia lebih banyak menggunakan ekstensi Net.Id sebagai alamat situs mereka.

5.       Lebih Aman dan Nyaman digunakan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika pemilik website yang menggunakan domain ID., harus menyertakan beberapa dokumen pendukung agar bisa disetujui. Dengan begitu, ekstensi domain ini lebih aman dan terpercaya.

Terlebih lagi, setiap nama domain ini tersedia dan terdaftar jelas oleh PANDI. Jadi, jika suatu hari terjadi tindakan yang dinilai melanggar hukum, maka PANDI ini pun tak akan segan untuk memblokir website yang sudah terdaftar tadi.

6.       Cocok untuk Pekerjaan yang Berhubungan dengan Networking

Sama seperti namaya, domain Net.ID memang sangat cocok untuk Anda yang bergelut dalam pekerjaan networking atau jejaring sosial. Keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan domain ini adalah jika pengguna melakukan upgrade dan membuat URL yang lebih singkat, maka lama blog akan lebih mudah diingat.

Ditambahan dengan ektensi yang juga mudah untuk diketikkan seperti Net.ID . Domain ini juga dapat membuat situs Anda  terlihat profesional dan biasanya penggunaan net memiliki alam emailnya sendiri sehingga situs lebih mudah terindex oleh google dan berdampak pada traffic Anda.

Apa Saja Syarat Pendafatarn Domain Net.ID?

Banyak digunakan oleh Webs Penyedia Jasa Telekomunikasi Berlisensi, adapun syarat untuk pendafataran domain ini adalah sebagai berikut:

  • Kartu identitas penanggung jawab (KTP/Paspor)
  • Surat Izin Prinsip/Penyelenggaraan Usaha di Bidang Telekomunikasi yang berasal dari kementrian yang menaungi Komunikasi dan Informatika
  • Kepemilikan Merek (jika ada)

Perlu anda ingat jika nama domain harus sesuai dengan kriteria penamaan dan harus menghormati serta tidak bertentangan dengan HaKI, IPR, Hak Paten/Merk.  Ada banyak penyedia layanan domain ID. yang ada saat ini. Untuk mendapatkan yang sesuai, Anda harus berkonsultasi agar tidak salah pilih.

Baca Juga Artikel Berikut : Third Level Domain Adalah: Pengertian dan Fungsinya