fbpx

Mengenal Domain .MIL.ID : Domain Untuk Militer

Hampir semua lembaga membutuhkan website sebagai profil companynya, tak terkecuali dunia militer. Berkembangnya teknologi turut mempengaruhi aktivitas kemiliteran dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan dari . Seperti salah satunya pemanfaatan website sebagai sarana komunikasi dan juga promosi.

Dikarenakan hampir semua lembaga memiliki website masing-masing, maka nama domainnya pun dibedakan agar lebih mudah dalam mengidentifikasinya. kali ini akan secara khusus membah domain .MIL.ID sebagai sumber informasi yang bermanfaat.

Mengenal Domain .MIL.ID

.Mil.Id merupaka ekstensi yang digunkan oleh Tentara Nasional Indonesia dalam pengolahan informasi dan komunikasi antar anggota dan juga masyarakat luas.  Setiap website memang pada dasarnya membutuhkan domain karena disanalah semua file tersimpan. Ibarat tempat tinggal, domain merupakan rumah untuk setiap website.

Domain ID merupakan identitas dari Negara Indonesia dan sudah digunakan secara luas oleh seluruh lembaga baik itu pendidikan, pemerintahan, hingga . Ekstensi domain ID dikelola oleh dan memiliki perlindungan hukum yang resmi sehingga banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan.

Manfaat Domain .MIL.ID untuk Dunia Kemiliteran

Bukan hanya top seperti .COM yang memiliki banyak kelebihan saat digunakan, .ID pun akan memberikan Anda berbagai manfaat dan kelebihan. Apa saja kelebihannya? Berikut ini informasinya:

1. Sebagai Wujud Rasa Cinta Kepada Indonesia

Sebagai abdi negara, TNI tentu ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Bahkan rela bertaruh nyawa demi kesatuan Republik Indonesia. Bukan hal yang baru lagi jika penggunaan domain ID untuk kepentingan website menjadi salah satu wujud rasa cinta kepada negara.  Sebab, domain satu ini hanya dimiliki dan digunakan oleh warga negara Indonesia saja.

Baca Juga :  Scan Virus Di Cpanel, Virus bye!

Secara tidak langsung, Indonesia bisa membuktikan kepada dunia bahwa kita punya domain sendiri yang bisa dimanfaatkan dan memiliki banyak kelebihan. Jika kita menghargai produk negeri sendiri, tentu masyarakat luar akan memandang negara Indonesia sebagai negara yang punya potensi dan memiliki kesan yang baik.

2. Keamanan dan Kecepatan

 Tak perlu khawatir jika menyangkut keamanan dan kecepatan dari domain. MIL.ID sebab dari namanya saja Anda pasti sudah tahu bahwa domain id berada dibawah pengawasan otoritas Indonesia. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan nantinya, negara bisa ikut berperan aktif dalam menanganinya.

Seperti yang kita tahu jika lokasi domain id berada di Indonesia sehingga halaman website akan lebih cepat terbuka.  Baik diakses melalui desktop maupun via mobile.

3. Bisa Menghemat Bandwith Internasional

Kelebihan menggunakan id berikutnya adalah bisa menghemat bandwith internasional dikarenakan tidak selamanya yang mengakses website itu tinggal di Indonesia. Jika Anda mengakses website dengan domain id, penghematan bandwidth bisa dilakukan meskipun saat mengaksesnya Anda sedang tidak ada dalam negeri.

Penghematan ini bisa terjadi saat resolving domain name server (DNS). Proses ini terjadi saat sistem melakukan pencarian lokasi yang sesungguhnya dari website yang diakses tersebut.

Baca Juga Artikel Berikut : 5 Kelebihan Domain .ID untuk Website yang Perlu Anda Tahu

4. Website Menjadi Lebih Ramah SEO

Keberadaan website yang muncul di tidak lepas dari peran SEO. Meskipun bukan website bisnis, dunia militer tentu juga ingin muncul di pencarian bukan? ada berbagai informasi penting yang perlu disampaikan kepada masyarakat. Entah itu penerimaan taruna, dokumentasi kegiatan, dan berita terkini lainnya.

Penggunaan domain ID ini mampu menaikkan rating website Indonesia di Google karena sudah diuji oleh tim PANDI (Pengelola Domain Internet di Indonesia) . sudah terbukti website dengan domain ID ini berada di peringkat tets Google untuk pencarian dengan berbagai keyword. Namun, perlu diingat jika peringkat ini juga tergantung pada Anda dalam memaksimalkan SEO.

Baca Juga :  Syarat Domain ID untuk Berbagai Keperluan

5. Terhindar Dari Konten Negatif

Selanjutnya yang juga menjadi kelebihan dari penggunaan domain ID adalah konten akan terhindari dari hal-hal yang berbau negatif karena setiap penggunanya akan tercatat. Jika ditemukan hal-hal semacam itu (menyimpang), maka pihak berwajib akan sesegera mungkin menghubungi pengelola website.

Sebagai catatan, konten negatif yang dimaksud disini adalah postingan yang tidak memuat pornografi serta perjudian. Pengelola domain memberikan kebijakan dengan waktu selama 5 hari kepada pengelola website untuk menghapus konten jika dianggap suatu hal yang menyimpang.

6. Bisa Meningkatkan Kepercayaan dan Keamanan

Bisa dibilang pendaftaran domain id tidaklah mudah. Terlebih lagi untuk website kemiliteran. Ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi dan tidak boleh dihilangkan. Itulah mengapa, kepercayaan bisnis dan kepentingan lainnya akan sangat terjaga saat menggunakan domain ini. Anda juga bisa meminimalisir kasus penipuan yang bisa mencemarkan pihak tertentu.

Jika Anda memilih top level domain dalam hal ini ekstensi .id, maka beragam pilihan tea menanti. Ada banyak jenis domain yang tersedia dan bisa digunakan secara bebas. Mulai dari .id, hingga penggunaan .mil.id untuk keperluan website militer.

Saat ini sudah banyak provider yang memberikan layanan pemasangan domain .id. sebelum memutuskan akan memakai layanan siapa, pastikan Anda sudah melakukan riset terlebih dulu terkait testimoni, harga, fitur dan pelayanan, serta pertimbangan lain yang sekiranya dibutuhkan.biasanya setiap nama domain itu selalu relevan dengan lembaga yang akan menggunakannya.

Seperti contohnya .mil.id ini. Anda pasti sekilas sudah bisa menebak bukan lembaga apa yang memakai nama domain satu ini jika mendengar namanya. Nah, umtuknya konsultasikanlah terlibih dahulu nama domain apa yang diinginkan dan diperuntukkan untuk apa nantinya.

Sekian infromasi mengenai pengertian, manfaat, serta kelebihan domain .mil.id ini. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi insight untuk Anda dalam menentukan domain dan provider yang akan digunakan nantinya.

Baca Juga Artikel Berikut : Mengenal Domain .PONPES.ID : Domain Untuk Pondok Pesantren