fbpx

5 Kelebihan Domain .ID untuk Website yang Perlu Anda Tahu

Sebagian orang beranggapan bahwa domain kurang populer dan kredibel dibandingkan domain .com. Pernyataan ini tentu salah, karena ternyata ada banyak kelebihan domain id.

Saat ini pemilik di Indonesia yang menggunakan domain .id semakin meningkat. Agar Anda semakin yakin bahwa domain ini bisa menjadi opsi terbaik untuk website, simak kelebihan domain .id yang akan kami paparkan di ini.

Pengertian Domain ID

pengertian domain id

Domain .id adalah bagian dari ccTLD atau Country Code Top . Di mana, setiap negara memiliki domainnya masing-masing dan domain untuk Indonesia adalah ID. Artinya, jenis domain ini dikhususkan untuk pengguna website yang berasal dari Indonesia.

Pengelola Nama atau PANDI bertugas untuk mengelola domain .id ini sejak 1 Mei 2007. PANDI mempunyai wewenang penuh untuk mengatur penggunaan domain .ID di Indonesia. Izin pengelolaan ini telah disetujui oleh ICANN ( of Assigned Name and Number). 

Keberadaan domain .id tak bisa disepelekan. Bahkan pada tahun 2021 domain ini mencetak sejarah baru sebagai domain dengan jumlah pengguna tertinggi se-Asia Tenggara. Per 31 Juli 2021, pengguna domain .id telah meraih jumlah di angka 534.876.

Angka ini sekaligus melampaui domain negara Vietnam (.vn), yang meraih jumlah 531.672 pengguna per 31 Juli 2021. Padahal, sebelumnya domain ini memiliki jumlah pengguna terbanyak di ASEAN.

Nah, setelah mengetahui dan sejarah domain .id, apakah Anda mulai tertarik menggunakan domain ini untuk website Anda? Jika belum, Anda bisa menyimak kelebihan-kelebihan domain .id untuk semakin meyakinkan Anda berikut ini:

Baca Juga :  Rekomendasi OS Server Terbaik Mulai Linux Hingga Windows

5 Kelebihan Domain ID

kelebihan domain id

Berikut beberapa kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakan  domain .id.

1. Identitas Negara Asal

Dengan menggunakan domain .id, para pengunjung website akan mengetahui dari negara mana Anda berasal. Karena, domain .id merupakan ccTLD atau Country Code Top Level Domain yang menandakan bahwa suatu situs berasal dari Indonesia.

2. Perlindungan Hukum

Anda perlu tahu bahwa domain .id telah mendapatkan payung hukum, di mana undang-undang menjamin perlindungan pada semua situs yang menggunakan domain ini. 

Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila website Anda menjadi korban kejahatan siber, seperti hack dan sejenisnya. Karena, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam peradilan sesuai undang-undang.

3. Kredibel

Domain .id tidak dapat digunakan secara sembarangan. Pendaftarnya harus membayar sejumlah uang untuk bisa mendapatkannya. Ini menunjukkan bahwa setiap website yang menggunakan domain .id terbukti kredibel dan dapat dipercaya. Ini tentu berpengaruh dalam meningkatkan traffic website Anda.

4. Target Audiens Tepat Sasaran

Dengan menggunakan ekstensi domain .id, maka proses menargetkan audiens berdasarkan informasi demografi dan geografi akan tepat sasaran. 

Karena, pengunjung yang berasal dari Indonesia pasti akan mengutamakan website yang menggunakan Bahasa Indonesia untuk mendapatkan informasi yang mereka. Secara psikologis, pengunjung juga akan merasa dekat dan terhubung dengan website Anda.

5. Kemudahan Optimasi SEO

Algoritma salah satunya didasarkan pada lokasi pengguna. Sehingga, saat seseorang memasukkan tertentu, konten-konten yang akan muncul dalam halaman pencarian akan relevan dengan tempat tinggal pengguna.

Ini tentu saja menguntungkan bagi situs yang menggunakan Bahasa Indonesia. Sehingga, dengan domain ID bisa meraih ranking teratas dalam halaman pencarian.

6. Akses yang Cepat dan Stabil

Karena domain .id memakai dari Indonesia juga, maka akses untuk ke website yang menggunakan ekstensi ini akan lebih cepat dan mudah juga. Selain itu, domain .id juga akan mengutamakan pengunjung website dari Indonesia saja. Sehingga, beban atau load website tidak seberat jika banyak pengunjung dari luar negeri juga.

Baca Juga :  Perbedaan Hosting Berbayar dan Gratis, yang Wajib Diketahui

Itulah 5 kelebihan domain id yang bisa Anda pertimbangkan. Apakah Anda tertarik untuk membeli domain .id?