fbpx

Mengenal Domain .ID Yang Banyak Digunakan

Dalam sebuah tentunya memiliki banyak yang dapat digunakan pengguna untuk berbagai kebutuhan. Karena pada dasarnya setiap domain yang dijadikan pilihan  didasarkan pada kebutuhan website setiap pengguna. Salah satunya menggunakan domain yang banyak digunakan untuk maupun beragam lainnya.

Bahkan penggunaan dari domain ini sudah banyak digunakan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Berbagai alasan yang dimiliki oleh pemilik website sehingga menggunakan domain .ID untuk kebutuhan web. Lalu, apa alasan pemilik web menggunakan domain .ID? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Memberikan Identitas Jelas Untuk Pemilik Web

Alasan yang dimiliki seseorang karena dapat memberikan identitas yang jelas bagi pemilik web. Dengan kata lain bahwa pengunjung bisa lebih mudah mengetahui siapa pemilik dari website yang telah dikunjungi tersebut. Hal ini disebabkan karena proses pembuatan web menggunakan domain ini memang sangat diwajibkan untuk memenuhi segala syarat dan ketentuan.

Adapun syarat yang ditawarkan jika ingin menggunakan domain .ID adalah mempunyai KTP, memiliki nama perusahaan, dan berbagai dokumen pendukung lainnya. Jika semua dokumen yang dibutuhkan tidak terpenuhi tentu cukup sulit jika ingin menggunakan domain .ID. Karena memang syarat yang diberikan cukup memberatkan namun memberikan dampak positif.

2. Membuat Situs Menjadi Lebih Kredibel

Dengan menggunakan identitas yang bersifat resmi dalam pembuatan domain tentunya memberikan nilai yang lebih kredibel. Apalagi jika pemilik web yang menggunakan domain ini untuk kebutuhan branding baik dilihat dari segi perusahaan maupun personal. Bahkan, pengguna bisa lebih berhati-hati jika melakukan berbagai aktivitas di dalam web.

Jangan sampai pengguna memberikan informasi yang bersifat hoax atau berita tidak benar dalam sebuah web yang dimiliki. Jika sampai melakukan, tentu memberikan dampak yang tidak baik apalagi jika menggunakan domain .ID untuk web. Akibatnya, kredibilitas dari website pengguna tentunya dapat diragukan oleh pengunjung yang membuka website.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Referring Domain Web Kompetitor

3. Mempunyai Akses yang Lebih Cepat

Menggunakan domain .ID jika dilihat dari segi akses tentunya tidak dapat diragukan lagi. Mengapa demikian? Karena pemilik website bisa mengakses dengan lebih cepat dan tentunya selalu stabil. Maksudnya, atau web yang dimiliki bisa dibuka oleh pengunjung dengan cepat sehingga tidak perlu menunggu lama untuk mendapat informasi dari web.

Itulah mengapa domain ini banyak digunakan oleh pemilik web karena dapat menargetkan pengunjung yang berasal dari dalam negeri. Bahkan sangat memudahkan pengunjung menemukan website tersebut apalagi saat memasukkan kata kunci berbahasa Indonesia. Memang sangat menguntungkan jika menggunakan domain yang satu ini untuk berbagai keperluan.

Baca Juga Berikut : Domain .go.id Berarti Apa di Situs Pemerintah?

4. Mempunyai Harga yang Kompeten

Dari segi harga juga kerap kali menjadi permasalahan jika ingin menggunakan domain untuk sebuah website. Namun, jangan khawatir jika menggunakan domain .ID karena harga yang ditawarkan tentunya bersifat sangat kompeten. Dari segi fasilitas yang ditawarkan tentunya sangat baik dan tidak bisa diragukan lagi oleh pemilik web.

Adapun harga yang ditawarkan dari domain ini hanya puluhan ribu hingga ratusan ribu saja dan sudah bisa digunakan oleh pemilik web. Jika dibandingkan dengan domain yang berasal dari luar negeri tentu harganya sedikit mahal dan membuat beberapa pengguna merasa rugi. Untuk melakukan pembayaran pada pembelian domain ini biasanya menggunakan mata uang rupiah.

5. Aman dan Nyaman Saat Digunakan

Keamanan yang ditawarkan oleh .ID menjadi alasan mengapa pemilik website ingin menggunakan domain tersebut. Hal ini disebabkan karena identitas yang digunakan memang  identitas yang resmi sehingga keamanannya sangat terjamin. dari pemilik website tentunya sangat diperhatikan oleh PANDI sehingga sangat valid.

Baca Juga :  Cara Melacak Hp Dengan Mudah

Selain aman, penggunaanya juga sangat nyaman  karena dapat memberikan pemahaman yang tinggi kepada masyarakat. Pemahaman yang diberikan ini mengenai kode etik yang harus dilakukan dalam kegiatan berselancar di dunia . Dengan begitu, pengguna tidak menyalahgunakan domain tersebut untuk kebutuhan website yang dimiliki.

6. Memperoleh Ranking Tinggi di Hasil Pencarian

Mendapatkan ranking tinggi pada hasil pencarian di internet  memang merupakan incaran bagi para pemilik web atau blog. Karena dengan menjadikan website berada di pencarian teratas tentu membuat pengunjung bisa langsung membukanya. Trafficnya juga bisa bagus dan benefit bisa dicepatkan. Pengguna juga lebih percaya pada hasil pencarian teratas karena dianggap web yang terpercaya dan resmi.

Apalagi menjadikan traffic sebagai incaran tentu dapat memilih domain .ID ini menjadi elemen pendukung. Karena memberikan peran yang sangat penting untuk mendeteksi website yang bersifat relevan. Selain itu, target yang ditentukan oleh pengguna bisa tercapai jika menggunakan domain .ID untuk kepentingan web yang dimiliki.

7. Menyediakan Banyak Nama Domain

Penggunaan domain .ID juga menyediakan banyak nama domain lain yang dijadikan sebagai ekstensi. Memang banyak yang menggunakan domain .ID jika ingin membuat nama domain yang bersifat sangat unik. Nantinya pengguna bisa menggunakan ekstensi .COM dari domain ini. Namun sebelum menggunakan domain ini sebaiknya menentukan nama dan manfaatnya.

Penentuan tersebut memang sangat penting untuk dilakukan sehingga pengguna bisa langsung menggunakan domain .COM. Selain itu, ada juga ekstensi ccTLD.ID yang bisa digunakan namun penggunaannya masih sedikit jika dibanding dengan .COM. Pengguna tidak lupa juga mengandalkan kata kunci yang bersifat potensial dijadikan alamat domain.

Itulah penjelasan terkait dengan alasan yang dimiliki seseorang sehingga menggunakan domain .ID untuk kepentingan website. Keunggulan yang dimiliki dari domain ini menjadi alasan sehingga pengguna lebih memilih menggunakannya. Tidak heran jika banyak pengguna memanfaatkan domain .ID karena melihat alasan di atas.

Baca Juga Artikel Berikut : Apa Itu Subdomain? Pengertian, Jenis, dan Fungsinya