fbpx

Apa Itu Subdomain? Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Ada tiga jenis , salah satunya adalah subdomain. Apa itu subdomain? 

Pada dasarnya, subdomain merupakan ekstensi dari bentuk domain yang Anda gunakan. Jika Anda belum memahami subdomain, maka ini akan membantu Anda. 

Di artikel ini akan membahas apa itu subdomain pada , jenis-jenis subdomain, dan fungsi subdomain.

Pengertian Subdomain

apa itu subdomain

Subdomain adalah salah satu bagian dari domain yang letaknya sebelum domain utama dan juga ekstensi domain. Agar lebih mudah memahami, perhatikan struktur dari URL berikut.

Subdomain tidak harus ditandai dengan “” atau “www”. Anda bisa menggantinya dengan contoh subdomain lain, misalnya:

  • ;
  • forum;
  • info, dan lain-lain.

Saat proses pembuatan website, sebaiknya tentukan domain dan subdomain yang unik tetapi tetap simple. Tujuannya agar user lebih mudah mengakses website milik Anda.

Jenis-jenis Subdomain

jenis-jenis subdomain

Ada beberapa jenis subdomain yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Seperti misalnya, untuk blog, informasi terkini, toko, , dan lain sebagainya. Semuanya menggunakan jenis subdomain yang berbeda-beda.

Berikut adalah beberapa beberapa jenis subdomain yang biasa digunakan.

1. Blog

Jenis subdomain ini biasanya untuk halaman blog dengan pembahasan trivia, soft selling produk/jasa yang Anda jual, serta tips dan trik.

2. Info Terkini

Anda bisa mencantumkan info terkini di subdomain jenis ini. Beberapa informasi yang bisa Anda munculkan, seperti nomor telepon, alamat, surel, dan kontak lainnya.

3. Store

Subdomain ini bisa kamu gunakan untuk toko online jika website utamanya tidak Anda gunakan untuk berdagang secara eksplisit.

Baca Juga :  Membuat Server untuk Ujian Online Dengan VPS

4. FAQ

Banyak yang bertanya atau mengajukan pertanyaan? Lebih baik Anda buat subdomain khusus untuk FAQ. Tempatkan subdomain ini di website utama bagian bawah.

5. News

Anda bisa menggunakan subdomain jenis ini untuk amal atau memberikan informasi terbaru. Namun, gunakan website ini sesuai dengan keperluan.

6. Events

Events adalah salah satu jenis subdomain yang berguna untuk memberi informasi terkait suatu acara yang hendak atau sedang berlangsung. Biasanya, ini dimiliki oleh sebuah brand atau komunitas.

7. Contact

Sedikit berbeda dengan subdomain info terkini, subdomain ini berisi informasi tentang brand milik Anda. Anda juga bisa mencantumkan informasi tentang Anda dan menambahkan berbagai akun media sosial.

8. Promo

Jenis subdomain ini dapat Anda manfaatkan untuk memajang di website Anda. Selain terlihat lebih eksklusif, ini juga akan membuat pengunjung lebih mudah dalam mencari informasi terkait promo yang tersedia.

9. Katalog

Punya halaman katalog produk dan hendak meningkatkan skor dari halaman tersebut? Anda bisa menggunakan subdomain jenis ini. Namun, sebaiknya isi informasi dengan kata kunci yang relevan dan tepat selengkap mungkin.

10. id./en.

Website Anda punya dua bahasa? Anda bisa menggunakan jenis subdomain yang ini. Subdomain ini bisa untuk bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Fungsi Subdomain

fungsi sub domain

Secara garis besar, subdomain berfungsi untuk membagi website menjadi lebih dari satu bagian. Dengan begitu, dalam satu domain yang sama, Anda tetap bisa membuat halaman baru dengan tujuan tertentu.

Nah, satu alamat domain ini bisa dibagi menjadi beberapa subdomain. Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli domain baru hanya femi mengembangkan satu website saja.

Beberapa perusahaan juga banyak yang memanfaatkan subdomain untuk menambahkan halaman lain dengan tujuan tertentu, seperti:

  1. Membuat halaman karier;
  2. Menjadikan  website dalam versi mobile;
  3. Membuat halaman blog;
  4. Membagi website dalam dua bahasa atau lebih;
  5. Membuat halaman website untuk cabang perusahaan.
Baca Juga :  Cara Mencari Ide Domain dan Rekomendasi Tool yang Bisa Anda Coba

Sekali lagi, apa arti subdomain? Subdomain adalah bagian dari domain yang letaknya berada paling depan atau sebelum domain utama. Subdomain ini memiliki beberapa jenis dan fungsi. 

Pastinya, dengan adanya subdomain, Anda bisa membuat halaman website baru tanpa harus membeli domain baru. Cukup gunakan domain yang lama.

Jadi, sudah paham ya apa itu subdomain? Jika Anda sedang mencari jasa hosting dan domain, Anda bisa menggunakan DewaBiz, hosting dengan performa tinggi dan komputasi khusus.