fbpx

Mengenal Domain .GO.ID : Domain Untuk Pemerintahan

merupakan alamat yang akan mengantarkan seseorang ke website yang dicarinya. Pada dasarnya, domain ini berfungsi sebagai pengganti atau alternatif dari penggunaan alamat ip yang merupakan kombinasi angka. Semakin bertambahnya jumlah website membuat alamat ip semakin sulit diingat pengguna.

Itulah mengapa, penggunaan nama domain dirasa lebih efektif  dan efisien. Dalam sistem domain sendiri terdiri dari dua elemen utama, yaitu nama domain dan ekstensi domain. Keduanya bisa Anda dapatkan saat melakukan pendaftaran di penyedia layanan tersebut.

 Setiap lembaga bahkan memiliki ekstensi domainnya masing-masing, sebut saja salah satunya lembaga pemerintahan. Ekstensi domain yang digunakan oleh pemerintahan adalah  ..  setiap ekstensi memiliki kegunaan dan keunggulannya masing-masing. Untuk itu, pada ulasan kali ini secara khusus akan dibahas mengenai domain untuk pemerintahan.

Apa Fungsi Domain .GO.ID?

Domain secara umum berfungsi sebagai alat untuk mengidentifikasi sebuah website yang disimpan pada sebuah . Ketika pengguna melakukan pengetikan nama domain, maka akan terjadi proses pencarian website di webs server tujuan yang disesuaikan dengan identitas alamat IP yang digunakan.

Seperti contohnya saat mengetikkan website pemerintahan daerah tertentu, maka website akan mudah muncul tanpa perlu mengetahui alamat IP-nya. Anda tak perlu khawatir salah dalam alamat, sebab ketika semua informasi yang dimasukkan dua benar, maka data yang muncul akan sesuai. Mengapa? Karena setiap orang tidak bisa menggunakan lebih dari satu nama domain yang sama.

Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan adanya organisasi khusus yang diberi nama ICANN ( Corporation for Assigned Names and Numbers) yang bertugas menyimpan seluruh nama domain yang ada di dunia. Saat Anda ingin mendaftarkan nama domain, maka system ICANN inilah yang akan melakukan pengecekan terhadap ketersediaan nama domain yang akan Anda gunakan.

Baca Juga :  4 Cara Membuat Link WA Secara Mudah dan Cepat

Manfaat Website .GO.ID untuk Pemerintahan

Zaman serba digital seperti sekarang tentu mendorong aktivitas manusia agar lebih maju, termasuk dalam memberi dan mendapatkan informasi. Instansi pemerintahan merupakan salah satu yang harus memiliki website agar informasi bisa disebarluaskan dengan mudah dan lebih murah.

Manfaat website bagi pemerintahan sangatlah besar, baik itu untuk kepentingan instansi secara khusus dan untuk kepentingan masyarakat secara umum. Pemerintah bisa menginformasikan kepada masyarakat terkait visi misi pemerintahan, tugas-tugas yang dijalankan, dan lain sebagainya. Transparansi ini dilakukan demi kemajuan pemerintahan dan masyarakat yang dinaunginya.

Adapun secara garis besar manfaat dari pengembangan website pemerintahan aalah sebagai berikut:

1. Memberikan Informasi Lebih Detail

Berbeda dengan media penyalur informasi visual dan audio lainnya, melalui website dinilai lebih efektif dan detail. Informasi yang diberikan juga lebih interaktif terkait jurnal informasi serta pembangunan daerah yang sedang dilakukan di daerah tertentu.

2. Lebih Transparan

Pemberian informasi mengenai website juga lebih transparan karena data yang diberikan lebih detail waktu dan rencana-rencananya. Segala informasi bisa dipaparkan, baik itu mengenai potensi daerah dan segala aspek kehidupan pemerintahan yang bersangkutan langsung dengan transparan terhadap masyarakat.

Baca Juga Berikut : Pengertian Parked Domain dan Keuntungan Membuatnya

3. Sebagai Media Sosialisasi

Pengadaan website dan pengelolaan yang baik serta selalu update bisa menjadi media untuk sosialisasi kebijakan ataupun program pemerintahan kepada masyarakat, terkhusus untuk mereka yang sudah terjangkau dengan jaringan internet. Media ini dinilai efektif karena rakyat pun bisa turut berpendapat dan memberikan saran yang membangun terkait kebijakan tersebut.

4. Sebagai Media Alternatif

Fungsi website berikutnya dalam pemerintahan yakni mampu menjadi media alternatif dalam rangka peningkatan pembangunan daerah. Dilakukan dalam berbagai forum interaktif seperti: forum perdagangan, umkm, forum peningkatan agribisnis, kerjasama bisnis/internship, ataupun dalam forum lapangan pekerjaan dan usaha.

Baca Juga :  Sejarah Komputer Generasi Kedua, Ini Penjelasannya

5. Sebagai Media Feedback

Kemudahan yang didapatkan oleh masyarakat dalam memberikan pendapat serta saran menjadi feedback yang baik bagi pemerintahan. Website inilah yang nantinya menjadi satu-satunya portal  yang memberikan informasi, jurnal, serta potensi daerah secara lebih terpadu dan menyeluruh kepada masyarakat.

6. Implementasi Government Pemerintah Daerah

Adanya pengelolaan website di pemerintahan menjadi salah satu langkah awal terwujudnya implementasi tersebut. Lebih transparan, interaktif, dan mampu menjadi media yang menyajikan perkembangan suatu daerah beserta potensi-potensinya. Masyarakat juga tahu siapa pemimpin dan keaktifan pemerintahan dalam berbagai kegiatan.

7. Lebih Terpercaya

Dibandingkan informasi yang dikutip dari media lain, website pernikahan dinilai lebih terpercaya sebab dikelola oleh pihak pemerintah itu sendiri. Sehingga informasi yang ada lebih valid dan real time tanpa adanya pihak ketiga yang mengemas ulang informasi tersebut. Para perantau pun tetap bisa memantau daerah mereka meklau jejaring sosial jka website pemerintahan daerahnya selalu update.

8. Wadah Untuk Menyampaikan Aspirasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika penggunaan website ini sangat memegang prinsip transparansi. Jadi, masyarakat bisa secara langsung menyalurkan aspirasi mereka disini tanpa takut dikecam dan sebagainya.

Keberadaan website tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat saja, namun semua pihak pun akan diuntungkan khan. Sebab organisasi yang berbasis informasi akan semakin berkembang bersamaan dengan semakin tersedianya perangkat pendukung seperti . Website dengan domain .GO.ID sudah menjadi ciri khas pemerintahan yang ada di Indonesia.

Terwujudnya website yang dinamis, diharapkan mampu menjadi sumber informasi yang optimal antara pemerintah dan-masyarakat, begitupun sebaliknya.  Tentu rasa memiliki akan terbentuk dan rasa kebutuhan masyarakat terhadap webs pemerintahan ini akan semakin meningkat.

Untuk itu, penting sekali untuk membuat tampilan website dan konten di dalamnya menarik. Hal ini dimaksudkan agar membaca juga bisa nyaman saat membaca dan yang terpenting menggunakan nama domain yang relevan dengan daerahnya.

Baca Juga Artikel Berikut : Apa Itu Domain XYZ, Kelebihan, dan Kekurangannya untuk Bisnis